Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Jenis Makanan Yang Baik dan Pantangannya Bagi Penderita Bronkitis

Jenis Makanan Yang Baik dan Pantangannya Bagi Penderita Bronkitis

Jenis Makanan Yang Baik dan Pantangannya Bagi Penderita Bronkitis

Jenis Makanan Yang Baik dan Pantangannya Bagi Penderita Bronkitis

Jenis Makanan Yang Baik dan Pantangannya Bagi Penderita Bronkitis

Jenis Makanan Yang Baik dan Pantangannya Bagi Penderita Bronkitis – Bronkitis adalah sebuah kondisi dimana pada cabang tenggorokan ataup bronkus terjadi inflamasi. Radang tersebut kemudian akan menimbulkan penyumbatan pada saluran udara kecil yang terhubung dengan paru-paru. Terdapat dua jenis bronkitis yang harus diketahui yaitu:1. Jenis Bronkitis Akut
Merupakan  bronkitis yang akan dialami kurang lebihnya antara 1 hingga 3 minggu. Gejalanya batuk berdahak serta mengakibatkan saluran pernapasan mengalami terinfeksi.

2. Jenis Bronkitis Kronis
Jenis bronkitis ini lebih lama dari level akut dimana berlangsungnya hingga 3 bulan. Terjadinya pun bisa setiap tahun dengan dua tahun sebagai jangka waktunya.

Untuk kepulihan bronkitis secara cepat dan alami, berikut makanan-makanan yang dapat dikonsumsi setiap hari, diantaranya:

1. Konsumsi Apel
Buah Apel bisa membuat potensi serangan asma menjadi berkurang sebab sifat antioksidannya yang tinggi. Bahkan kondisi alergi pun bisa diatasi oleh antihistamin dan anti inflamasi alaminya.

2. Konsumsi Bawang Putih
Bawang putih berkhasiat sebagai antibiotik yang mampu menghancurkan sel-sel viral serta bakteri yang menginvasi tubuh pada penderita bronkitis.

3. Konsumsi Peppermint
Peppermit merupakan sebuah permen dengan kandungan mentol. Konsumsi makanan ini baik untuk pengidap bronkitis karena mempunyai sifat dekongestan.

4. Konsumsi Jamur
Terdapat banyak jenis-jenis jamur misalnya maitake, reishi, dan bahkan shiitake sangat bermanfaat untuk penderita bronkitis. Adanaya kandungan lentian dalam jamur dengan demikian satu cara dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Konsumsi Jahe
Jahe sangat bagus sebagai makanan penolong pada saat menderita bronkitis. Sebagai obat batuk yang tradisional, dengan menambahkan jahe pada masakan bisa membantu melegakan paru-paru serta memulihkan bronkitis secara bertahap dan juga alami.

6. Konsumsi Madu
Madu yang ditambahkan ke dalam makanan ataupun minuman dapat memulihkan bronkitis. Antibakteri serta antiviralnya yang dapat diandalkan dengan demikin tenggorokan dan juga paru-paru menjadi lebih lega.7. Konsumsi Ikan
Seorang dengan penderita bronkitis membutuhkan asupan makanan yang mengandung omega-3. Misalnya saja ikan dan minyak ikan. Masalah bronkitis bisa diatasi dan dikendalikan dengan mengkonsumsi ikan yang kaya omega-3.

8. Konsumsi Makanan Pedas Berkandungan Vitamin C
Pada penderita bronkitis hanya makanan pedas dengan kandungan vitamin C tinggi saja yang dapat dikosumsi. dianjurkan. Seperti yang terapat dalam cabai pedas.

9. Konsumsi makanan mengandung Vitamin D
Jenis makanan yang mengandung vitamin D serta aman jika dikonsumsi oleh penderita bronkitis misalnya telur dan susu.

Jenis Makanan Pantangan untuk Penderita Bronkitis, diantaranya:

1. Hindari Konsumsi Makanan Asin
Makanan tinggi dengan kandungan sodium atau garam akan merusak kesehatan pernapasan serta mengacaukan peredaran darah. Cairan pada jaringan bronkial dapat meningkat dengan mengkonsumsi makanan-makanan asin dengan demikian akan memperparah inflamasi. Bahkan timbulnya lendir akan semakin mengental. Seperti halnya makanan beku, daging olahan, makanan sup kalengan, makan keripik kentang, kerupuk, serta pretzel harus dihindari.

2. Hindari Konsumsi Gula Halus
Gula halus baik untuk menambah kalori serta rasa manis, akan tetapi minuman dan makanan bergula halus hampir tidak mengandung nutrisi. Bila mengkonsumsinya, gejala bronkitis akan lebih buruk.

3. Hindari Produk Susu Berkandungan Lemak Tinggi
Sumber kalsium dan juga protein tinggi terdapat dalam susu. Pada penjelasan sebelumnya, susu baik untuk penderita bronkitis, akan tetapi sangat baik untuk kesehatan pernapasan dan paru-paru jika bukan yang berlemak tinggi.

4. Hindari konsumsi Gorengan
Gejala bronkitis dan radang pada paru-paru bisa diperparah dengan mengkonsumsi gorengan. Lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan cara dipanggang, dibakar, ataupun dikukus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates