Friday , 24 March 2017
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Ketahui Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Ketahui Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Ketahui Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Ketahui Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Ketahui Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Penderita Kolesterol Tinggi – Penderita kolesterol mempunyai pantangan untuk tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Penderita kolesterol harus sangat berhati – hati dalam memilih makanannya supaya kolesterol yang ada dalam tubuhnya tidak semakin baik kadarnya. Makanan untuk yang menderita kolesterol tentu jauh berbeda dengan orang normal. Penderita kolesterol dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dengan baik. Pada saat muda, kita mungkin tidak pernah membayangkan dampak dari makanan tertentu yang biasanya sering kita makan. Padahal dampak makanan yang kurang baik, akan berdampak panjang setelah berusia tua. Kadar kolesterol yang tinggi meningkatkan risiko terkena penyakit serius, misalnya hipertensi dan jantung. Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol, diantaranya:

1. Konsumsi Hati
Hati merupakan makanan yang mengandung zat besi yang sangat tinggi dan untuk beberapa orang yang mengalami anemia, makanan ini merupakan makanan yang paling disarankan. Namun untuk para penderita kolesterol, bahwa hati bisa menambah kadar kolesterol dan akan membuatnya semakin tinggi.

2. Konsumsi Mentega
Mentega merupakan salah satu makanan yang harus dijauhi oleh penderita kolesterol meskipun mentega akan menyempurnakan hidangan yang akan di konsumsi. Akan tetapi sangat disayangkan kolesterol tinggi terkandung dalam mentega sebagai penggantinya bisa mengkonsumsi minyak nabati.

3. Konsumsi Ikan Bawal
Ikan bawal per 100 gram-nya terdapat kandungan kolesterol hingga 120 miligram dengan demikian patut dijadikan salah satu makanan yang harus dihindari untuk penderita kolesterol.

4. Konsumsi Hamburger
Hamburger ini menjadi pilihan banyak orang pada saat membutuhkan makan siang yang tidak ribet, akan tetapi kandungan kolesterol dalam burger akan sampai 85-175 miligram yang tentunya bisa langsung menaikkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

5. Konsumsi Kentang Goreng
Kentang goreng dipastikan mengandung kolesterol tinggi karena terdapat minyak nabati terhidrogenasi.

6. Konsumsi Muffin
Muffin yang dipanggang dengan menggunakan bahan telur dan susu ditambah dengan coklat chip tentu dapat menambah kadar lemak yang bisa berbahaya bagi penderita kolesterol.

7. Konsumsi Sosis Daging Ayam atau Sapi
Penderita kolesterol harus menghindari makanan ini sebab kadar kolesterol per 100 gram-nya dapat mencapai 150 miligram.

8. Konsumsi Kerang
Untuk pecinta seafood yang mengalami kolesterol harus menahan diri sebab kerang adalah makanan yang berbahaya untuk penderita kolesterol.

9. Konsumsi Otak Sapi
Makanan jeroan, tentu saja para penderita kolesterol harus menjauhi makanan otak sapi yang didalamnya mengandung 2.300 mg kolesterol.

10. Konsumsi Belut
Bagi para penderita kolesterol, makanan belut ini harus diwaspadai sebab kandungan kolesterol didalam belut yaitu sekitar 185 miligram per 100 gram-nya.

11. Konsumsi Telur Puyuh
Telur puyuh mempunyai kandungan kolesterol yang sangat tinggi, serta mungkin paling tinggi diantara makanan yang mengandung kolesterol lainnya.

12. Konsumsi Makaroni dan Keju
Alasan makaroni dan keju termasuk ke dalam pantangan makanan untuk penderita kolesterol tinggi sebab kadar kolesterolnya yang tinggi. Dalam hidangan makaroni dan keju, mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi.

13. Konsumsi Krim Keju
Krim keju diketahui memiliki kolesterol dengan kadarnya yang sangat tinggi, yaitu sekitar 27 miligram kolesterol yang terkandung dalam krim keju.

14. Konsumsi Ayam Goreng
Jika dibandingkan dengan ati, daging ayam memang yang lebih baik, akan tetapi pengolahan yang tepat bagi penderita kolesterol bukan dengan cara menggorengnya. Dengan cara rebus akan jauh lebih dianjurkan.

15. Konsumsi Es Krim
Kandungan lemak jenuh yang ada dalam satu cup es krim nampaknya jauh lebih banyak ketimbang yang ada dalam hamburger serta mempunyai kandungan kolesterol lebih tinggi dibanding pada 10 donat.

16. Konsumsi Biskuit
Kadar kolesterol yang ada dalam biskuit cukup tinggi sebab didalam biskuit terdapat lemak trans yang merupakan hasil dari penggunaan minyak nabati terhidrogenasi.

17. Konsumsi Kuning Telur
Telur ayam rupanya aman-aman saja, memang benar jika Anda memakan bagian putihnya serta bukan bagian kuningnya. Perlu diketahui terdapat kandungan kolesterol tinggi dalam telur ayam denga demikian para penderita kolesterol jelas harus menghindari makanan kuning telur ini.

18. Konsumsi Daging Sapi
Perlu diketahui daging sapi mengandung sekitar 105 miligram kadar kolesterol. Dengan demikian menjadikannya lebih berisiko jika dikonsumsi oleh para penderita kolesterol.

19. Konsumsi Udang
Mengkonsumsi udang harus segera dibatasi untuk para penderita kolesterol tinggi sebab seafood ini juga menjadi pemicu meningkatnya kolesterol didalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates