Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Kanker Pankreas

Ketahui Penyebab Kanker Pankreas

Ketahui Penyebab Kanker Pankreas

Ketahui Penyebab Kanker Pankreas

Ketahui Penyebab Kanker Pankreas

 

Ketahui Penyebab Kanker Pankreas – Di dalam tubuh kita pankreas memiliki peran untuk membuat kadar gula darah untuk tetap normal dan juga stabil dengan menghasilkan hormon, hormone insulin salah satunya. Kanker pankreas sama seperti jenis kanker lainnya dimana terjadi pertumbuhan tumor ataupun jaringan yang abnormal. Khusus pada kanker pankreas, dengan demikian tentu tumbuhnya tumor yaitu pada pankreas, dimana pancreas merupakan kelenjar besar yang menjadi bagian dari sistem pencernaan. Perlu dikeathui bahwa panjang pankreas sekitar 15 cm serta berfungsi menghasilkan enzim pencernaan dalam penguraian makanan agar tubuh dapat menyerapnya. Untuk mengetahui apa saja factor-faktor terjadinya kanker pankreas, berikut penjelasannya:

1.    Akibat Faktor Usia
Usia lanjut mempunyai potensi yang cukup tinggi dalam menderita penyakit serius, tidak terkecuali kanker pankreas. Hasil peneliti menyimpulkan penyakit kanker pancreas banyak dialami antara 60 serta 80 tahun.

2.    Akibat Kebiasaan Merokok
Kebiasaan merokok selain berdampak besar terhadap paru-paru, akan tetapi akan berdampak juga terhadap organ tubuh kita yang lainnya, salah satunya bagian pankreas. Kanker pankreas akan lebih besar potensinya pada seseorang yang mempunyai kebiasaan merokok berlebihan.

3.    Factor Jenis Kelamin
Percaya ataupun tidak, faktor jenis kelamin menjadi turut berperan untuk peningkatan risiko penyakit kanker pankreas. Penyakit kanker pancreas lebih sering terkena pada pria ketimbang wanita.

4.    Akibat Faktor Genetik
Banyak kasus kanker yang diakibatkan oleh faktor genetik atau disebut keturunan. Riwayat kesehatan dari anggota keluarga rupanya sangat penting untuk menentukan kesehatan kita. Dan hal ini berlaku untuk risiko penyakit kanker pankreas, yakni oleh sindrome kanker turunan.

5.    Factor penyakit Diabetes
Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit diabetes berpotensi besar untuk terserang penyakit kanker pankreas. Oleh sebab itu, alangkah baiknya penderita diabetes untuk memeriksakan diri tentang adanya potensi terkena penyakit lain seperti kanker pancreas.

6.    Akibat Infeksi Pankreas
Pankreas yang mengalami radang atau infeksi akan menjadi penyebab terjadinya kanker pankreas. Infeksi yang tidak segera diobati ataupun segera ditangani apabila dibiarkan dalam waktu yang lama akan meningkatkan risiko kanker pankreas.

7.    Akibat Bakteri Helicobacter Pylori
Kanker pankreas akan muncul diakibatkan adanya bakteri helicobacter pylori dimana bakteri ini sebenarnya tidak secara langsung akan menyerang pankreas. Bakteri tersebut akan memberikan serangan terhadap lambung dengan demikian terjadilah infeksi pada bagian lambung. Dari adanya infeksi lambung inilah, sehingga potensi untuk terkena kanker pankreas akan tinggi.

8.    Akibat Kurang Bergerak atau Olahraga
Saat ini kebanyakan orang merasa malas untuk melakukan olahraga. Padahal apabila kurang olahraga bukan hanya akan menaikkan risiko obesitas, penyakit jantung, meningkatkan kolesterol, maupun stroke. Kurang olahraga juga akan meningkatkan risiko kanker pankreas.

9.    Factor Obesitas
Faktor kegemukan tidak hanya berkaitan dengan penyakit hipertensi, penyakit jantung, stroke, maupun kolesterol tinggi. Kegemukan terjadi diakibatkan jarangnya tubuh bergerak tambah pola makan yang tidak dapat dijaga dengan baik. Makan dengan sembarangan tanpa memperhatikan gizinya dapat membuat berat badan akan menjadi berlebih, terutama apabila pola makan tidak terkontrol.

10.    Akibat Kebiasaan Minum Minuman Keras
Sama halnya dengan kebiasaan merokok, dengan minuman keras dapat meningkatkan resiko terjadi penyakit kanker pancreas.

11.    Factor Hepatitis Kronis
Pada Penderita hepatitis, khususnya yang sudah pada level kronis alangkah baiknya berhati-hati serta melakukan pencegahan untuk menghindari kanker pancreas.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates