Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Bunga Dahlia

Khasiat Bunga Dahlia

Khasiat Bunga Dahlia

Khasiat Bunga Dahlia

Khasiat Bunga Dahlia – Bunga dahlia merupakan jenis bunga yang mempunyai umbi dan banyak digunakan sebagai tanaman hias sebab bentuk bunganya yang sangat cantik. Akan tetapi, tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, bunga dahlia juga mempunyai manfaat untuk kesehatan. Bunga dahlia mempunyai khasiat karena terdapat kandungan di dalamnya, baik dalam bunganya ataupun umbi bunga dahlia. Beberapa kandungan ada dalam bunga dahlia yaitu inulin dan serat. Bunga dahlia juga mempunyai kandungan kalori yang rendah, dengan demikian tidak masalah jika dikonsumsi serta tidak akan menimbulkan berat badan berlebih. Berikut beberapa manfaat atau khasiat yang bunga dahlia sebagai berikut:

1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan terbesar yang ada dalam bunga dahlia yaitu inulin yang terdapat dalam umbi bunga dahlia. Inulin yang ada dalam umbi bunga dahlia bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan demikian tekanan darah akan menjadi normal. Kondisi tekanan darah yang normal bisa menjadikan aliran darah lancar serta terhindar dari timbulnya penyakit stroke.

2. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol yang ada dalam tubuh akan dampak yang buruk terhadap aliran darah serta bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit misalnya stroke dan jantung sebab aliran darah tersumbat oleh kolesterol. Agar dapat melancarkan kembali aliran darah bisa dilakukan dengan banyak minum air putih serta diusahakan menghindari makanan yang berminyak.

3. Dapat Melancarkan Pencernaan
Umbi bunga dahlia mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi dengan demikian baik untuk sistem pencernaan. Kandungan dalam umbi bunga dahlia mempunyai sifat yang larut dalam air serta tidak mudah untuk dicerna oleh suatu enzim pencernaan. Inulin pada umbi bunga dahlia bisa menjadi probiotik.

4. Dapat Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi
Umbi bunga dahlia bisa dijadikan sebagai susu yang mudah jika dikonsumsi. Susu yang dihasilkan oleh sebuah umbi bunga dahlia ini bisa dikonsumsi untuk berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Susu ini mempunyai kandungan inulin yang berguna untuk membantu dalam meningkatkan daya serap tubuh terhadap kalsium pada usus. Meningkatnya daya serap terhadap kalsium bisa membantu pertumbuhan tulang dan juga gigi pada anak-anak. Sedangkan untuk orang dewasa, dengan mengkonsumsi susu dari umbi bunga dahlia bisa mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau disebut osteoporosis.

5. Dapat Mencegah Obesitas
Meskipun umbi bunga dahlia mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, akan tetapi kandungan kalori dalam umbi bunga dahlia bisa dikatakan rendah. Serat yang tinggi serta kandungan kalori yang rendah bisa membantu dalam menurunkan berat badan serta mencegah terjadinya obesitas.

6. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kandungan inulin yang ada dalam bunga dahlia bisa difermentasi menjadi asam lemak rantai pendek serta beberapa mikroflora asam laktat. Asam lemak serta mikroflora asam laktat akan bisa menurunkan pH kolon serta dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen dengan cara alami. Dengan demikian dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.Bunga dahlia merupakan bunga yang tidak mudah untuk di tanam dengan demikian dapat digolongkan pula ke dalam bunga langka.  Di negara Indonesia sendiri, tanaman ini hanya cocok di tanam di daerah Jawa Barat. Meskipun bunga dahhlia tergolong langka, bunga dahlia mempnyai warna yang sangat indah. Tidak hanya warna yang indah, bunga dahlia juga terlebih pada bagian umbinya bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami yang dapat menyehatkan tubuh dan dapat mencegah terjadinya beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates