Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat dan Kontraindikasi Jengkol

Khasiat dan Kontraindikasi Jengkol

Khasiat dan Kontraindikasi Jengkol

Khasiat dan Kontraindikasi Jengkol

Khasiat dan Kontraindikasi Jengkol

Khasiat dan Kontraindikasi Jengkol – Jengkol merupakan jenis sayurang yang mempunyai bau yang khas. Manfaat jengkol belum dapat diketahui oleh masyarakat umum, padahal jenis sayuran ini cukup ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh. Jengkol sering kali dihidangkan sebagai lauk ataupun menu utama. Sekarang jengkol sudah bisa diolah sebagai cemilan. Pada saat ini semakin kreatifnya masyarakat kita, jengkol pun sudah dapat diolah sebagai makanan camilan yang berupa keripik jengkol dengan aroma jengkol yag khas. Manfaat jengkol untuk kesehatan sudah tidak dapat diragukan lagi, akan tetapi tidak banyak orang yang mengetahui manfaat jengkol ini. Berikut ini beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Dapat Pembentukan Jaringan Tubuh
Kandungan protein yang tinggi dalam sayur jengkol dapat membantu pembentukan jaringan di dalam tubuh.

2. Dapat Mencegah Anemia
Jengkol kaya zat besi dimana zat besi ini sangat berguna untuk mencegah serta mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh.

3. Dapat Mencegah Tulang Keropos atau Memperkuat tulang dan gigi
Selain zat besi serta protein, kandungan zat lain yang terdapat dalam yaitu kalsium dan fosfor. Dimana ke dua zat ini merupakan zat yang sangat diperlukan oleh tulang.

4. Dapat Membasmi Radikal Bebas
Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, serta vitamin C merupakan vitamin yang ada dalam jengkol yang berperan sebagai zat antioksidan.

5. Dapat Mengatasi penyakit jantung coroner
Jengkol adalah bahan makanan yang bersifat diuretic atau pembuangan urine menjadi lancar.  Pembuangan urine yang menjadi lancar sangat baik untuk yang mengalami penyakit jantung.

6. Dapat Merampingkan perut
Perlu diketahui jengkol bisa membantu merampingkan perut yang buncit. Sebab jengkol mempunyai kandungan serat yang tinggi yang dapat melancarkan BAB dengan demikian secara tidak langsung akan membuat perut langsing.

7. Dapat Mencegah diabetes
Asam jengkolat merupakan salah satu kandungan yang dapat mencegah penyakit diabetes.

8. Dapat Mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah
Penderita penyakit jantung akan mengalami penyempitan pembuluh darah dengan demikian darah yang akan mengalir menuju jantung menyebabkan tidak lancar. Kandungan mineral dalam jengkol ternyata bisa melebarkan pembuluh darah yang menyempit dan dapat mencegah pembuluh darah untuk menyempit kembali.9. Dapat Mengatasi sembelit pada ibu hamil
Biasanya Ibu hamil sering mengalami sembelit. Kandungan serat dalam jengkol bisa mengatasi masalah sembelit.

10. Bisa menstabilkan organ-organ penting dalam tubuh
Dimana Organ-organ penting dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik serta stabil apabila tubuh terpenuhi kebutuhan asam folat serta vitamin B6.

11. Dapat Mencegah kecacatan pada bayi
Kandungan asam folat dalam jengkol bisa mencegah kecacatan bawaan pada bayi.

12. Dapat Mengontrol kadar gula darah
Manfaat lainnya dari buah jengkol yaitu bisa mengontrol kadar gula darah dengan demikian sangat baik untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit diabetes.

Kontraindikasi Sayur Jengkol
Untuk para penggemar jengkol, khususnya para penderita gangguan organ ginjal, alangkah baiknya tidak mengkonsumsi jengkol sebab akan semakin memperburuk keadaan organ ginjal anda. Dalam mengkonsumsi jengkol pun harus dibatasi, yakni hanya 3 sampai 10 gram saja dalam satu hari. Porsi ini merupakan takaran yang pas bagi anda yang ingin tetap sehat meskipun mengkonsumsi jengkol setiap hari.

Pastikan anda untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara memperhatikan asupan nutrisi dan berolahragalah secara teratur. Selektiflah apabila mengkonsumsi makanan. Meskipun jengkol identik sebagai makanan yang biasa, ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates