Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan untuk Menutrisi Otak

Makanan untuk Menutrisi Otak

Makanan untuk Menutrisi Otak

Makanan untuk Menutrisi Otak

Makanan untuk Menutrisi Otak

Makanan untuk Menutrisi Otak – Otak memerlukan asupan nutrisi yang cukup dari makanan. Nutrisi ini membantu meningkatkan kekuatan otak dan menghindari serangan berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kekuatan otak:

1. Gandum murni
Roti dari gandum utuh, oatmeal, dan beras merah memiliki indeks glikemik rendah sehingga kadar glukosa Anda lebih terkontrol. Penelitian dari Cueto dan Chinen menunjukkan bahwa anak-anak sekolah yang tidak melewatkan sarapan bisa meraih nilai yang lebih tinggi dalam mengerjakan tes memori dan penyelesaian masalah.

2. Ikan kaya omega-3
Asam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA, penting untuk perkembangan otak pada janin. Studi menunjukkan jika ibu hamil yang mengonsumsi omega-3 di trisemester ketiga kehamilannya berpeluang melahirkan bayi dengan kecerdasan kognitif yang lebih tinggi.

3. Blueberry
Penelitian dari Reading University, Inggris, mengatakan bahwa antioksidan pada blueberry membantu menstimulasi aliran darah dan oksigen ke otak. Para relawan yang tidak mengonsumsi jus blueberry sebelum mengerjakan tes atensi mengalami penurunan performa sebanyak 15 hingga 20% setelah lima jam dibandingkan mereka yang meminumnya.

4. Tomat
Karotenoid, zat pemberi warna merah pada tomat, dapat meningkatkan fungsi kognitif dan ingatan jangka panjang. Karotenoid yang paling menonjol adalah likopen pada kulit tomat. Penelitian dari Finlandia yang dimuat di jurnal “Neurology” juga mengatakan jika likopen membantu melindungi otak dari serangan stroke. Pria dengan kadar likopen lebih tinggi pada memiliki kemungkinan terkena stroke 55% lebih rendah.

5. Vitamin B
Vitamin B6, B12, dan asam folat (B9) dapat menurunkan kadar homosistein dalam darah. Tingginya kadar homosistein meningkatnya risiko stroke, penurunan kemampuan kognitif, dan alzheimer. Penelitian menunjukkan adanya perbaikan ingatan setelah mengonsumsi vitamin B6, B12, dan asam folat selama 2 tahun. Sumber makanan yang kaya vitamin B6 misalnya kacang-kacangan, gandum utuh, pisang, atau daging. Asam folat dapat diperoleh dari asparagus, bayam, alpukat, dan kembang kol. Sedangkan vitamin B12 bisa didapatkan dari produk hewani seperti susu, ikan, daging, dan telur.

6. Blackcurrant
Penelitian di Selandia Baru menunjukkan bahwa blackcurrant meningkatkan konsentrasi dan mengurangi kelelahan mental. Penelitian menunjukkan bahwa blackcurrant membantu menangkal kerusakan sel otak penyebab alzheimer.

7. Bayam
Penelitian meperlihatkan bahwa kekurangan zat besi dapat mempengaruhi kemampuan belajar, mengingat, dan memperhatikan. Zat besi ini dapat diperoleh dari sayuran berdaun gelap seperti kacang panjang, bayam, kale, serta kedelai.

8. Brokoli
Brokoli kaya vitamin K yang dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. Vitamin K sangat berpengaruh pada kemampuan menyerap dan mengingat instruksi verbal. Brokoli mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi sel otak dari kerusakan. Brokoli mengandung kolin yang penting dalam pembentukan sel-sel baru pada otak. Studi mengungkap jika konsumsi kolin saat kehamilan membantu anak meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat, meningkatkan fungsi kognitif, serta mencegah penurunan ingatan terkait usia.

9. Kacang-kacangan
Salah satu penelitian yang diterbitkan “American Journal of Epidemiology” menyatakan bahwa mencukupi kebutuhan vitamin E dapat membantu mencegah penurunan fungsi kognitif.

10. Cokelat
Penelitian menunjukkan bahwa kandungan polifenol flavonoid pada cokelat dapat melindungi otak dari kerusakan akibat neurotoksin, meningkatkan ingatan, menekan peradangan, kemampuan belajar, dan fungsi kognitif. Beberapa penelitian menunjukkan jika konsumsi makanan kaya polifenol secara rutin dapat mengurangi risiko terkena dementia dan alzheimer.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates