Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Makanan yang Dikonsumsi Saat Dehidrasi

Makanan yang Dikonsumsi Saat Dehidrasi

Makanan yang Dikonsumsi Saat Dehidrasi

Makanan yang Dikonsumsi Saat Dehidrasi

Makanan yang Dikonsumsi Saat Dehidrasi

Makanan yang Dikonsumsi Saat Dehidrasi – Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan gula-garam dalam tubuh terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya. Kandungan air dalam tubuh manusia yang sehat adalah sebanyak lebih dari 60 % total berat badan. Kandungan air pada kadar ideal di dalam tubuh berfungsi untuk membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dari tubuh, sebagai pelumas dan bantalan untuk persendian, melembapkan jaringan-jaringan pada telinga, tenggorokan, dan hidung, media transportasi nutrisi untuk sel-sel dan menjaga kulit tetap sehat.
Minum air adalah solusi dasar saat mengalami dehidrasi.

Air efektif mengisi ulang cairan tubuh dan menghentikan tubuh dari kekurangan cairan. Selain air, makanan padat dapat bertindak sebagai agen hidrasi, dengan beberapa makanan padat bahkan lebih baik daripada air karena nilai gizi yang dikandungnya. Makanan menyediakan sekitar 20 % kebutuhan cairan, dengan makanan yang mengandung banyak air berkontribusi lebih banyak. Selain menangani dehidrasi, makanan yang mengandung banyak air sekaligus memasok tubuh dengan asam amino, garam mineral, dan vitamin. Berikut ini adalah makanan yang bisa diambil saat mengalami dehidrasi.

1. Semangka
Semangka memiliki kandungan air hingga 92 %. Buah ini kaya akan vitamin C, beta karoten, likopen dan hanya mengandung 8 % gula. Semangka bisa dianggap paling efektif untuk mengatasi dehidrasi karena selain mengandung banyak air merupakan sumber alami garam rehidrasi seperti kalsium, kalium, magnesium, dan natrium.

2. Mentimun
Mentimun memiliki banyak kandungan air sehingga digunakan untuk melawan dehidrasi. Seperti semangka, mentimun kaya berbagai mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, dan natrium untuk memerangi dehidrasi.

3. Seledri
Kadar air seledri sangat tinggi dibandingkan dengan sayuran lain. Sementara sebagian besar sayuran mengandung 90 % air, seledri mengandung hingga 96 %. Seledri mengandung kalsium, kalium, magnesium, dan natrium, serta mengandung pula mineral lain seperti besi, fosfor, dan seng.

4. Sup
Dibandingkan dengan jenis masakan lain, sup memiliki kadar air tertinggi karena sifatnya cair. Secara umum, sup bening (encer) lebih mampu menghidrasi dibandingkan sup kental.

5. Pop Es (Es Lilin)
Pop es atau es lilin adalah air beku yang dicampur dengan perasa alami atau buatan, sehingga menawarkan sumber cairan yang baik. Sering kali, pop es dijadikan pilihan hidrasi menarik bagi anak-anak yang sering pilih-pilih soal makanan.

6. Agar-Agar
Agar-agar umumnya dilarutkan dalam air panas dengan pemanis, penyedap dan pewarna makanan dan lazim disajikan sebagai makanan penutup. Agar-agar berbahan utama air, agar-agar efisien dalam menggantikan cairan tubuh. Selain sumber yang baik untuk hidrasi, agar-agar mengandung kolagen, yaitu protein alami yang membantu tubuh menguatkan tulang dan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates