Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan yang Sebaiknya Dibeli Organik

Makanan yang Sebaiknya Dibeli Organik

Makanan yang Sebaiknya Dibeli Organik

Makanan yang Sebaiknya Dibeli Organik

Makanan yang Sebaiknya Dibeli Organik

Makanan yang Sebaiknya Dibeli Organik – Makanan organik tanpa menggunakan pestisida biasanya lebih mahal dibandingkan produk konvensional. Menurut Nick Mole dari PAN UK menjelaskan bahwa efek jangka panjang dari mengkonsumsi makanan yang mengandung pestisida meskipun sedikit namun perlu diperhatikan. Maka sebaiknya lebih selektif memilih makanan organik agar kesehatan Anda dan keluarga tetap terjaga. Diantara makanan-makanan tersebut, diantaranya:

1. Apel
Apel menempati urutan teratas sebagai makanan yang paling tinggi mengandung pestisida menurut Enviromental Working Group (EWG) tahun 2015. Dalam 99 % apel yang diuji, sekitar 1 % yang mengandung pestisida residu.

2. Strawberry
Menurut EWG, pada ladang strawberry konvensional seluas 4047 meter persegi terdapat setengah kilogram pestisida yang diberikan.

3. Tomat buah
Tomat menduduki peringkat 10 dalam daftar makanan yang terkontaminasi pestisida dan USDA Pesticide Program menemukan 69 jenis pestisida berbeda di dalamnya.

4. Jagung
Sekitar 90 % jagung yang Anda temui di pasaran sudah mengalami rekayasa genetik. Seperti yang dapat ditemukan pada pemanis buatan berbahan dasar jagung, minyak dan tepung jagung pada makanan olahan.

5. Mentimun
Mentimun menduduki ranking 9 pada daftar makanan paling terkontaminasi dan mengandung sekitar 86 jenis pestisida yang berbeda.

6. Seledri
Seledri memiliki pori dan sebagian besar tumbuh di luar tanah sehingga lebih mudah menyerap bahan kimia dan mengandung 64 jenis pestisida berbeda berdasarkan daftar dari EWG.

7. Anggur
EWG menemukan 15 jenis pestisida yang berbeda di dalam anggur konvensional. Karena kulit anggur sangat mudah mengelupas dan dengan begitu banyak hama yang menghinggapinya, sehingga anggur sering disemprot pestisida untuk mencegahnya.

8. Sayuran hijau
Sayuran hijau ini dapat menyerap berbagai bahan kimia beracun dari dalam tanah.

9. Kentang
Kentang memiliki kandungan pestisida yang lebih besar daripada produk lain menurut EWG. Bahkan ketika sudah digosok saat dicuci dan mengupas kulitnya, masih memungkinkan mengandung bahan kimia berbahaya di dalamnya.

10. Kapri
Kapri menduduki ranking 11 sebagai produk paling terkontaminasi menurut laporan EWG tahun 2015.

11. Paprika
USDA Pesticide Data Program menemukan lebih dari 50 jenis pestisida berbeda yang dapat mengkontaminasi paprika.

12. Cabai
Cabai konvensional mengandung 75 jenis pestisida berbeda seperti carcinogen dan neurotoxin.

13. Daging
Daging konvesional dari sapi, ayam, ayam kalkun, dan hewan lainnya mengandung hormon, antibiotik, dan pestisida yang memberi pengaruh buruk bagi kesehatan. Uni Eropa melarang penggunaan hormon pada ternak, namun dalam praktiknya masih banyak negara yang menggunakannya.

14. Produk dari susu
Produk susu organik yang bersertifikat didapatkan dari sapi-sapi yang tidak diberi antibiotik dan hormon pertumbuhan. Sekarang ini, mulai banyak peternakan tradisional yang memberi sapi-sapi ternaknya hormon untuk memproduksi lebih banyak susu.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates