Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan – Cengkeh mengandung sejumlah besar protein, karbohidrat, zat besi, kalsium, kalium, fosfor, natrium dan asam klorida. Cengkeh kaya akan vitamin A dan vitamin C, mangan, serta serat makanan. Selain itu, cengkeh kaya nutrisi dan memiliki khasiat obat. Sejumlah manfaat kesehatan cengkeh akan dibahas di bawah.

1. Khasiat Analgesik
Properti analgesik cengkeh berasal dari minyak eugenol yang digunakan untuk pengobatan berbagai masalah gigi seperti sakit gigi. Bola kapas yang direndam dalam minyak cengkeh dapat bekerja meredakan sakit gigi. Minyak yang diperoleh dari cengkeh memiliki sifat antibakteri dan digunakan dalam berbagai krim gigi, obat kumur, pasta gigi, dan semprotan tenggorokan untuk membunuh bakteri. Cengkeh digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada sakit gusi dan meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan.

2. Efek Anti-inflamasi
Cengkeh dapat digunakan sebagai agen anti-inflamasi karena kandungan flavonoid yang dikandungnya. Aromaterapis biasanya menggunakan minyak cengkeh murni untuk mengobati gejala rematik dan arthritis. Ketika menghirup minyak cengkeh aromatik dapat membantu meredakan berbagai masalah pernapasan seperti bronchitis, sinusitis, batuk, asma, serta membersihkan saluran hidung.

3. Efek Antiseptik dan Antispasmodik
Karena karakteristik antiseptik, cengkeh dan minyak cengkeh sangat efektif digunakan untuk membantu berbagai masalah seperti , infeksi jamur, luka bakar, luka, kutu air dan memar. Sebagai agen antispasmodik, minyak cengkeh mampu membantu meringankan kejang otot ketika dioleskan di dekat bagian yang terkena. Perlu diingat bahwa jika dioleskan langsung ke kulit, minyak cengkeh bisa menyebabkan iritasi. Itu sebabnya, minyak ini harus diencerkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

4. Kesehatan Pencernaan
Cengkeh sangat efektif mengobati berbagai masalah pencernaan. Cengkeh diketahui memiliki kualitas obat untuk menyembuhkan mual, perut kembung, dan gangguan pencernaan lain. Cengkeh berguna juga untuk mengurangi gejala diare, iritabilitas lambung, dan muntah.

5. Kanker
Para peneliti menemukan bahwa cengkeh mampu mencegah kanker paru-paru serta kanker kulit. Eugenol, senyawa penting yang ditemukan dalam cengkeh, dapat membantu mengurangi efek berbahaya limbah lingkungan yang dapat menyebabkan kanker sistem pencernaan.

6. Sistem Kekebalan
Cengkeh dan minyak cengkeh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memurnikan darah dan membantu melawan berbagai penyakit.

7. Manfaat Kesehatan Lain
Di negara tropis Asia, cengkeh digunakan untuk mengobati beberapa kondisi kesehatan seperti kolera, malaria, dan kudis. Cengkeh diketahui menguntungkan pasien diabetes karena kemampuannya mengontrol kadar glukosa darah. Sennyawa esensial cengkeh (Eugenol) juga ampuh untuk mencegah pembekuan darah. Minyak cengkeh yang dicampurkan dengan susu dan garam bisa digunakan sebagai obat sakit kepala. Cengkeh biasa digunakan untuk meredakan sakit telinga. Campurkan minyak cengkeh dan minyak wijen yang dihangatkan untuk meredakan sakit telinga.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates