Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Manfaat dan Efek Samping Minyak Kamper

Manfaat dan Efek Samping Minyak Kamper

Manfaat dan Efek Samping Minyak Kamper

Manfaat dan Efek Samping Minyak Kamper

Manfaat dan Efek Samping Minyak Kamper

Manfaat dan Efek Samping Minyak Kamper – Minyak kamper (camphor oil) diekstrak dari pohon kamper. Setelah diekstrak, dimurnikan melalui proses vakum dan bertekanan. Bagian pohon kamper yang digunakan membuat minyak meliputi kulit pohon, tunggul akar, dan cabangnya. Setelah melalui serangkaian proses, ada tiga fraksi minyak yang diproduksi yaitu minyak kamper putih, kuning, dan coklat. Dari tiga jenis, minyak yang berwarna putih bening dan berbau segar yang dimanfaatkan. Dua fraksi lainnya memiliki sifat racun sehingga tidak boleh digunakan dalam aromaterapi. Berikut ini manfaat minyak kamper:

1. Dalam bidang kuliner, banyak digunakan sebagai bahan penting untuk memberi aroma pada permen di abad pertengahan dan Eropa kuno. Penggunaan serupa masih berlanjut di Asia.

2. Minyak kamper efektif mengurangi hidung tersumbat dan batuk saat dipijatkan pada bagian dada. Minyak ini memiliki kemampuan membuka saluran, laring, faring, bronkus hidung, dan paru-paru. Banyak minyak gosok dan balsem dekongestan menggunakan minyak kamper sebagai salah satu bahan aktifnya.

3. Properti anti-bakteri minyak kamper menjadi bahan ampuh dalam pasta gigi. Minyak ini merupakan bahan dalam pembuatan pelega tenggorokan dan untuk mengobati batuk.

4. Minyak kamper mudah diserap kulit sehingga baik digunakan sebagai minyak dan salep anti gatal. Minyak kamper digunakan pula dalam gel pendingin untuk menghasilkan sensasi dingin seperti menthol.

5. Orang yang menderita sakit otot dan nyeri rematik dapat menggunakan minyak kamper karena memiliki sifat analgesik yang bisa menghilangkan rasa sakit.

6. Beberapa tetes minyak kamper efektif digunakan sebagai desinfektan air minum.

7. Membakar kain yang direndam dalam minyak diketahui mampu mengusir serangga. Tidak hanya itu, membiarkan wadah minyak terbuka juga dapat mengusir serangga.

8. Orang menghadapi masalah libido dapat mendapatkan keuntungan dengan menggunakan minyak kamper karena bertindak sebagai afrodisiak alami. Pengobatan topikal dengan minyak kamper diyakini membantu pengobatan disfungsi ereksi pada pria.

9. Sebagian produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat biasanya menggunakan minyak kamper sebagai salah satu bahan aktifnya. Orang yang memiliki kulit berminyak dapat mengatasi masalahnya dengan minyak ini.

10. Kegunaan lain minyak kamper diantaranya adalah:
– Memperlancar buang air besar
– Merangsang sirkulasi dan metabolisme

11. Minyak ini juga membantu pengobatan:
– Keracunan makanan
– Infeksi pada organ reproduksi
– Gigitan serangga
– Histeria
– Batuk rejan
– Campak
– Influensa

12. Kejang, kram , dapat dihilangkan dengan sifat anti spasmodik yang dimiliki minyak kamper.

Efek Samping

1. Perhatikan terlalu banyak menggunakan minyak kamper dapat memicu kejang-kejang dan muntah.

2. Wanita hamil tidak dianjurkan menggunakan minyak ini, begitu pula penderita epilepsi, asma, dan tekanan darah tinggi.

3. Tidak boleh digunakan untuk bayi. Minyak pekat (belum diencerkan) untuk sebagian orang bisa memicu iritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates