Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat dan Sumber Klorofil

Manfaat dan Sumber Klorofil

Manfaat dan Sumber Klorofil

Manfaat dan Sumber Klorofil

Manfaat dan Sumber Klorofil

Manfaat dan Sumber Klorofil – Klorofil adalah zat hijau pada daun yang berperan dalam proses fotosintesis. Atau bisa diartikan sebagai molekul yang dapat menyerap sinar matahari dan menggunakan energi yang dihasilkan untuk mensintesis karbohidrat dari CO2 dan air yang kita ketahui dengan proses fotosintesis.

Terdapat 2 bentuk klorofil yang terjadi secara alami, yaitu klorofil a dan klorofil b. Klorofil jenis a merupakan bentuk yang paling penting dan banyak hadir dalam tanaman. Klorofilin merupakan turunan klorofil dan diperoleh dari campuran tembaga garam dan sodium yang berasal dari klorofil. Klorofil larut dalam lemak, sementara klorofilin larut dalam air dan biasanya digunakan dalam pengobatan alternatif.

Klorofil  memiliki struktur molekul yang mirip dengan hemoglobin yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Yang membedakannya antara klorofil dan hemoglobin adalah inti atom, hemoglobin memiliki inti atom berupa besi, sedangkan klorofil inti atomnya adalah magnesium. Fungsi atau manfaat lain dari klorofil itu sendiri, diantaranya:

1. Memperkaya darah dengan nutrisi dan membantu membangun besi yang pada gilirannya dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Tidak hanya kuantitas yang meningkat, tetapi juga kualitas yang mengarah pada peningkatan produksi energy da perbaikan sirkulasi darah.

2. Selain membantu membersihkan tubuh, klorofil membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan.

3. Salah satu manfaat kesehatan paling penting adalah kemampuan klorofil dapat mengurangi efek negatif polusi.

4. Kandungan magnesium dalam klorofil membantu kelancaran transportasi oksigen ke semua sel dan jaringan tubuh. Klorofil juga membantu stimulasi sel darah merah dan dengan demikian meningkatkan suplai oksigen.

5. Properti antioksidan dalam klorofil membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh dan efektif mengurangi peradangan.

6. Klorofil membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, penyembuhan luka, mencegah infeksi, membantu dan meningkatkan peredaran darah, pencernaan, serta dalam proses detoksifikasi.

7. Pengikatan karsinogen oleh DNA dapat merugikan kesehatan, namun klorofil membantu mencegah kondisi ini.

8. Klorofil memiliki sifat chelation, yaitu proses menghilangkan logam berat dari aliran darah. Berarti, klorofil dapat menghilangkan logam berat beracun seperti merkuri dan timbal dari tubuh.

9. Bau mulut, urin yang berbau, dan bau badan dapat diatasi dengan penggunaan klorofil. klorofil juga mempromosikan saluran pencernaan yang sehat sehingga mencegah bau mulut dan bau badan.

Sumber Klorofil

Berbagai sayuran berdaun hijau seperti , sawi hijau, kangkung, alfalfa, brokoli, bayam, selada,
rocket, rumput gandum, daun bawang, kacang hijau dan sayuran berdaun hijau gelap seperti kecambah, peterseli, selada taman, chards Swiss, bayam, ganggang seperti chlorella dan spirulina, dan masih banyak lagi.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates