Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Minum Teh Hijau Yang Perlu Di Ketahui

Manfaat Minum Teh Hijau Yang Perlu Di Ketahui

Manfaat Minum Teh Hijau Yang Perlu Di Ketahui

Manfaat Minum Teh Hijau Yang Perlu Di Ketahui

Manfaat Minum Teh Hijau Yang Perlu Di Ketahui

Manfaat Minum Teh Hijau Yang Perlu Di Ketahui – Teh hijau menghindari proses fermentasi sehingga teh hijau mempertahankan lebih banyak zat antioksidan dan poli-fenol. Berikut ini adalah daftar beberapa manfaat teh hijau yang leboh banyak didapatkan dibandingkan teh biasa:

1. Teh hijau baik untuk melawan alergi
Teh hijau mengandung kandungan anti-alergi bernama epigallocatechin gallate (EGCG), yang merupakan senyawa paling ampuh ketika melawan alergi. Dalam sebuah jurnal Cytotechnology yang diterbitkan tahun 2007, ditemukan bahwa polifenol yang terdapat dalam teh dapat membantu mengurangi efek alergi serbuk sari.

2. Teh hijau membantu menurunkan berat badan
Kandungan polifenol dalam teh hijau bekerja dengan cara mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan kalori, yang akan berdampak pada penurunan berat badannya.

3. Teh hijau dapat meningkatkan fungsi penglihatan
Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau dapat mencegah kebutaan karena katarak. Katekin, zat antioksidan dalam teh hijau, mampu diserap oleh jaringan di mata.

4. Teh hijau meregulasi kadar gula darah dan mencegah diabetes
Teh hijau membantu mengatur kadar glukosa yang dapat memperlambat kenaikan gula darah seusai makan. Teh hijau juga dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan menurunkan kadar gula dalam darah. Studi di Jepang menyatakan bahwa peminum teh hijau rutin memiliki risiko 42% lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Berdasarkan sebuah review terhadap 7 studi terkait, yang melibatkan lebih dari 200 ribu partisipan, menyatakan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi teh hijau berisiko lebih rendah mengidap diabetes hingga 18%.

5. Teh hijau menurunkan resiko serangan jantung
Para ilmuwan berpendapat bahwa teh hijau membantu menjaga pembuluh darah agar tetap rileks dan lebih kuat saat menahan perubahan tekanan di dalam darah. Teh hijau dapat melindungi jantung dari penyumbatan penyebab utama terjadinya serangan jantung.

6. Teh hijau membantu menurunkan kolesterol
Antioksidan yang kuat pada teh hijau juga mampu menghambat penyerapan kolesterol di usus besar. Teh hijau membantu mengurangi kolesterol jahat, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

7. Teh hijau meningkatkan kesehatan gigi dan gusi
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology mengatakan bahwa asupan yang terkandung di dalam teh hijau berbanding terbalik dengan penyakit periodontal. Hal ini dikarenakan adanya katekin yang terdapat di dalam teh hijau. Katekin dapat mengurangi peradangan, sehingga mengganggu respon inflamasi dalam tubuh terhadap bakteri di mulut, gigi dan gusi.

8. Teh hijau dapat meningatkan fungsi otak
Kandungan kafein dalam teh hiaju tidak sebanyak kopi, meskipun begitu masih bisa memberikan efek ‘gelisah’ apabila dikonsumsi terlalu banyak. Juga mengandung asam amino L-theanine yang mampu melintasi penyumbatan darah di otak. Fungsi kafein mampu melakukan perbaikan dalam berbagai aspek fungsi otak seperti kewaspadaan, kecepatan reaksi, perbaikan suasana hati, hingga memori.

9. Teh hijau menurunkan risiko terkena kanker
Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat menurunkan risiko Anda terkena berbagai jenis kanker. Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkendali, sementara antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari hal tersebut.

10. Teh hijau menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson
Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum merupakan penyebab utama demensia. Sementara, penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif paling umum yang menyebabkan berhentinya produksi dopamin. Nah, Senyawa bioaktif dalam teh hijau dapat memberikan efek perlindungan pada neuron dan mengurangi risiko dua penyakit neurodegenerative tersebut.

11. Teh hijau memberi perlindungan dari sinar ultraviolet
Senyawa katekin yang terdapat di dalam teh hijau dapat membuat kulit menjadi lebih tahan terhadap efek sinar UV dan penuaan kulit. Termasuk mengurangi kulit kemerahaan setelah terkena paparan sinar UV.

12. Teh hijau membantu mencegah depresi
Theanine adalah asam amino alami dalam daun teh memberikan efek santai dan penenang sehingga dapat menjauhkan Anda dari depresi.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates