Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Pare Bagi Kesehatan

Manfaat Pare Bagi Kesehatan

Manfaat Pare Bagi Kesehatan

Manfaat Pare Bagi Kesehatan

Manfaat Pare Bagi Kesehatan

Manfaat Pare Bagi Kesehatan – Pare merupakan sumber nutrisi yang baik dengan kandungan kalsium 2 kali bayam, 2 kali kalium pisang, 2 kali beta-karoten brokoli, serta mengandung mangan, steroid saponin, serat, fosfor seng, asam folat, alkaloid, peptida, serta vitamin C, B1, B2, dan B3. Untuk mengurangi rasa pahit, buang bijinya kemudian potong tipis dan berikan garam secukupnya. Diamkan selama 30 menit, kemudian peras cairan serta bilas dengan air bersih. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat pare untuk kesehatan:

1. Diabetes
Pare memiliki kemampuan mengatur tingkat gula darah secara alami. Saat pasien diabetes pergi ke dokter, akan diberikan berbagai obat penurun gula darah. Obat-obatan kimia berpotensi mengakibatkan banyak efek samping yang bisa merugikan kesehatan pasien. Pada diabetes, reseptor insulin bisa menjadi tidak efektif atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Pare membantu membalikkan efek resistensi insulin tanpa obat. Manfaat ini penting dalam pencegahan dan pengobatan diabetes tipe II yang dikenal sebagai diabetes insulin-independen. Pare juga mencegah komplikasi diabetes yang disebabkan oleh konsentrasi gula darah yang tinggi.

2. Kanker
Makan pare dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Pare dikenal mampu mengurangi dan membunuh sel-sel kanker leukemia. Selain itu, pare memiliki kemampuan menghentikan penyebaran sel-sel kanker dan memperbesar kemungkinan penyembuhan. Untuk mendapatkan hasil optimal, konsumsi pare harus dilakukan secara rutin.

3. HIV/AIDS
Kandungan glikoprotein beta-momorcharin pada pare menghambat sintesis makromolekul di splenocytes, embrio, dan sel-sel tumor. Protein ini memperlambat efek HIV dengan menonaktifkan fungsi ribosom pada sel yang terinfeksi dan akhirnya membunuh sel-sel yang terinfeksi.

4. Antioksidan
Antioksidan membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas berasal dari proses alami, polusi dan asap rokok, serta sebagai produk sampingan metabolisme normal. Selain itu, pare diketahui efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Asma
Pasien yang menderita batuk kronis mendapatkan bantuan dari pare. Pare berfungsi melepaskan dahak yang terakumulasi dalam saluran pernapasan dan paru-paru. Penderita asma juga yakin jika dimakan secara teratur, pare membantu meredakan derita asma.

6. Kulit
Sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dimiliki pare dapat membantu mengatasi masalah jerawat.

7. Pencernaan
Pare membantu mencerna makanan dengan memicu produksi enzim dalam sistem pencernaan.

8. Berat badan
Pare memiliki kalori dan karbohidrat rendah sehingga sangat efektif membantu program diet sekaligus memperkuat kekebalan tubuh.

9. Cedera atau luka
Pare dapat membantu mengendalikan aliran darah untuk mempercepat penyembuhan luka sekaligus mencegah adanya infeksi.

10. Sembelit
Pare memiliki kemampuan mengatasi susah buang air besar tanpa menyebabkan diare.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates