Thursday , 27 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Therapi Kamper ( Kapur Barus )

Manfaat Therapi Kamper ( Kapur Barus )

Manfaat Therapi Kamper ( Kapur Barus )

Manfaat Therapi Kamper ( Kapur Barus )

Manfaat Therapi Kamper ( Kapur Barus )

Manfaat Therapi Kamper ( Kapur Barus ) – Kamper padat dan minyak kamper dapat digunakan untuk tujuan pengobatan. Minyak kamper memiliki 3 varietas, dimana minyak kamper coklat dan kuning dianggap beracun karena memiliki karsinogen potensial. Minyak kamper putih memiliki kandungan safrol rendah sehingga digunakan untuk tujuan pengobatan. Kamper pada dasarnya dikenal memiliki sifat anti-inflamasi, dekongestan, antimikroba, analgesik, obat penurun panas, ekspektoran, dan insektisida. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan kamper:

1. Meredakan Nyeri dan Gatal
Minyak kamper digunakan untuk meringankan nyeri otot dan sendi karena efek analgesik yang dimilikinya. Oleskan pada kulit, minyak kamper pertama mendinginkan daerah yang terkena dan kemudian menghangatkan dengan meningkatkan aliran darah. Kamper merangsang ujung saraf perifer, yang pada gilirannya membantu mengurangi rasa sakit dan gatal. Pasta atau minyak kamper dapat dioleskan untuk mengurangi rasa sakit dan kekakuan sendi yang disebabkan oleh keseleo, osteoarthritis, rematik, dan memar.

2. Melegakan Tenggorokan
Kamper efektif meredakan batuk dan melegakan tenggorokan karena bersifat dekongestan sehingga menjadi bahan yang umum dalam balsem gosok. Kamper dicampur dengan minyak carrier untuk kemudian dioleskan pada dada dan hidung untuk melegakan tenggorokan dan hidung. Selain itu, kamper juga digunakan untuk mengobati bronchitis dan asma.

3. Meredakan Masalah Kulit
Selain mengurangi iritasi kulit dan gatal, kamper membantu mengobati beberapa kondisi kulit umum seperti , kutil, jerawat dan ruam. Kamper memberi bantuan sementara pada eksim. Tapi dalam jangka panjang, kamper membuat kulit kering sehingga memperburuk eksim. Selain itu, kamper tidak digunakan pada luka terbuka. Pada konsentrasi tinggi, kamper sangat beracun dan bisa membahayakan kesehatan.

4. Mengobati Infeksi Jamur Kuku
Kamper membantu mengobati jamur kuku dan infeksi jamur kulit. Campur sejumlah kecil kamper dan air dan mengoleskan campuran pada daerah yang terkena. Bisa juga mencampurnya dengan lemon, menthol dan minyak kayu putih untuk mengobati jamur kuku.

5. Penggunaan untuk Terapi Lainnya
Kamper dikenal merangsang dan meningkatkan system pencernaan, serta merangsang peredaran darah dan sistem saraf. Penggunaan internal kamper dianggap tidak aman. Namun, sebagian orang menggunakannya secara internal untuk mengobati kondisi seperti neuralgia, batuk, histeria, kegelisahan, dan gas usus. Penggunaan kamper dapat menyebabkan efek samping serius, termasuk kematian.

6. Penggunaan Penting Lainnya
Baunya yang kuat dapat mengusir serangga. Di negara seperti Cina dan Jepang, kamper digunakan untuk menghilangkan cat minyak dan pernis. Kamper digunakan sebagai plasticizer untuk nitroselulosa, sebagai campuran kembang api, dan pembalseman. Kamper padat melepaskan uap yang membentuk lapisan logam dan mencegah logam dari karat. Kamper membantu menghilangkan kelebihan minyak dari kulit, sehingga sering dimasukkan pada berbagai produk kecantikan seperti pencuci wajah, masker, dan astringent. Di Asia, kamper digunakan sebagai agen penyedap dalam permen, sedangkan di Arab menggunakan bahan ini dalam hidangan manis dan gurih mereka. Kamper digunakan untuk keperluan memasak diberi label sebagai ‘kamper yang dapat dimakan’. Kamper ini dikenal sebagai kamper hijau atau mentah, dan digunakan dalam jumlah kecil untuk meningkatkan rasa pada permen.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates