Friday , 24 March 2017
Home » Info Kesehatan » Mengenal Cara Penularan Penyakit Hepatitis A , B , C , D Dan E

Mengenal Cara Penularan Penyakit Hepatitis A , B , C , D Dan E

Mengenal Cara Penularan Penyakit Hepatitis A , B , C , D Dan E

Mengenal Cara Penularan Penyakit Hepatitis A , B , C , D Dan E

Mengenal Cara Penularan Penyakit Hepatitis A , B , C , D Dan E

Mengenal Cara Penularan Penyakit Hepatitis A , B , C , D Dan E – Penyakit hepatitis merupakan salah satu jenis penyakit yang menular. Dimana penyakit hepatitis ini terbagi menjadi lima bagian yaitu hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan hepatitis E. Hepatitis merupakan terjadinya suatu peradangan yang bisa melukai bagian organ hati. Penyakit ini sangat membahayakan sebab adanya organ yang bisa merusak pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Penyakit hepatitis yakni penyakit yang akan mudahnya menular melalui virus dengan gejala demam serta terjadinya peradangan kemudian akan merusak sel sel organ hati dan juga organ tubuh manusia. Berikut cara penularan penyakit hepatitis, diantaranya:

1.    Hepatitis A
Sebagian besar kasus pada hepatitis A terjadi di daerah dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, jumlah penduduk yang sangat berlebihan atau padat, dan buruknya sistem sanitasi serta air bersih. Virus hepatitis A bisa menyebar dengan cepat melalui diantaranya:

a.    Akibat mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh tinja seseorang yang sudah terinfeksi hepatitis A sebagai akibat buruknya kebersihan pribadi. Misalnya, pada saat kita mengkonsumsi makanan yang sudah disiapkan oleh penderita hepatitis A dan ia belum mencuci tangan secara baik, apalagi jika setelah ia buang air besar.
b.    Akibat mengkonsumsi air minum yang sudah terkontaminasi.
c.    Akibat mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan yang dicuci dengan menggunakan air yang sudah terkontaminasi.
d.    Akibat mengkonsumsi makanan laut yang sudah tercemar oleh limbah.
e.    Akibat berhubungan badan dengan penderita.

2.    Hepatitis B
Virus hepatitis B (HBV) bisa ditularkan melewati darah, melalui air mani, ataupun cairan tubuh lainnya. Adapun cara penularan hepatitis B antara lain:

a.    Akibat kontak hubungan intim, yakni jika seseorang sudah melakukan hubungan intim dengan penderita hepatitis B tanpa menggunakan alat pelindung (seperti kondom) yang dapat menyebabkan darah, air liur, air mani ataupun cairan vagina akan memasuki tubuhnya.
b.    Akibat penggunaan jarum suntik, jarum suntik yang digunakan secara sama-sama dengan orang yang sudah terinveksi virus HBV juga bisa meningkatkan resiko penularan, yakni melalui intravena (IV)
c.    Akibat kontak darah, seperti pada saat terjadinya transfusi darah yang dilasanakan dari orang yang terinfeksi virus HBV dengan orang-orang yang belum terinfeksi virus.
d.    Akan ditularkan dari seorang ibu pada anaknya, seperti wanita yang sedang hamil bisa menularkan virus pada janin di rahimnya.

3.    Hepatitis C
Penyebab penularan virus hepatitis C hampir sama dengan jenis hepatitis B yakni melalui kontak darah yang sudah terkontaminasi virus tersebut. Berikut merupakan cara penularannya yaitu:

a.    Akibat penggunaan jarum suntik ataupun peralatan lain dengan cara bersamaan seperti piring, sendok, makanan, ataupun minuman yang merupakan cara paling umum yang terjadi untuk penyebaran virus hepatitis C.
b.    Akibat transfusi darah.
c.    Akibat penularan dari ibu kepada anaknya yakni semasa kehamilan.
d.    Akibat hubungan intim tanpa menggunakan alat pengaman misalnya kondom dengan penderita hepatitis.

4.    Hepatitis D
Akibat penularan virus hepatitis D juga akan hampir sama dengan penularan virus pada hepatitis B. Virus hepatitis D bisa menular atau menyebar melewati kontak dengan darah yang sudah terkontaminasi atau cairan tubuh yang lainnya.

5.    Hepatitis E
Virus Hepatitis E (HEV) akan ditularkan melalui kotoran manusia ke mulut sertta kemudian menyebar melalui makanan ataupun minuman yang sudah terkontaminasi. Tingkat tertinggi untuk terjadi infeksi Hepatitis E yaitu di daerah bersanitasi buruk yang akan mendukung penularan virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates