Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mengenal Manfaat Air Liur

Mengenal Manfaat Air Liur

Mengenal Manfaat Air Liur

Mengenal Manfaat Air Liur

Mengenal Manfaat Air Liur

Mengenal Manfaat Air Liur – Air ludah adalah cairan yang dihasilkan oleh bagian mulut serta mempunyai fungsi untuk membunuh bakteri, dapat membantu mencegah kerusakan gigi, dapat melakukan proses pencernaan makanan, dapat membantu berbicara dan bisa membantu menelan makanan. Fungsi dari cairan air ludah tersebut merupakan perisai atau pertahanan pertama untuk membantu menjaga tubuh dari resiko timbulnya berbagai penyakit. Air ludah dapat diproduksi oleh tiga kelenjar utama, yakni kelenjar parotis, kelenjar sub-lingual serta kelenjar sub-mandibula. Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat air ludah, berikut penjelasanya;

1.    Dapat meningkatkan rasa makanan
Pada saat mengunyah makanan yang mengandung zat tepung misalnya roti atau nasi untuk waktu yang lama, maka makanan tersebut akan mulai berasa manis sebab molekul pati akan dihancurkan oleh liur untuk menjadi molekul maltosa.

2.    Dapat Membantu sistem pencernaan
Air liur yang basi jika dikonsumsi bersama-sama dengan air putih biasa di waktu pagi hari setelah bangun tidur akan membantu untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh. Air ludah di waktu pagi hari mengandung lactobacillus serta bissido bacteria yang sangat berguna bagi sistem pencernakan tubuh.

3.    Dapat Menjaga kadar air dalam tubuh
Air liur dapat membantu menjaga kadar air di dalam tubuh. Pada saat mengalami dehidrasi, lebih sedikit air liur yang diproduksi dengan demikian mulut akan menjadi kering. Keadaan ini kemudian akan merangsang kita untuk minum dengan demikian kadar air bertambah dengan minum air putih yang dapat dirangsang oleh air liur.

4.    Bisa membantu mengatasi gangguan seksual
Menurut keyakinan masyarakat zaman dahulu, manfaat air ludah basi akan berguna untuk mengatasi gangguan seksual pada seorang pria, misalnya impoten atau disebut lemah syahwat.

5.    Dapat mengurangi kerusakan gigi
Air liur akan mengurangi kerusakan gigi serta infeksi di mulut, sebab air liur dapat membersihkan mulut dari berbagai partikel makanan, bakteri serta sel-sel mati.

6.    Dapat membuat kulit wajah lebih halus
Air ludah yang basi bisa digunakan sebagai krim yang dapat dioleskan ke seluruh permukaan kulit wajah. Hal ini dipercaya bisa menghasilkan kulit wajah yang lebih licin serta halus.

7.    Dapat Menetralkan asam makanan
Natrium bikarbonat yang ada dalam air liur akan membantu menetralkan asam dalam makanan serta minuman. Asam ini bisa merusak enamel gigi.

8.    Bisa membantu menyembuhkan jerawat
Beberapa data ilmiah menyimpulkan hubungan antara air ludah dengan dampak penyembuhan pada jerawat. Akan tetapi para ahli merekomendasikan bahwa siapa pun yang akan mencoba menggunakan cairan tersebut bisa mengobati jerawat alangkah baiknya menggunakan di pagi hari.

9.    Dapat berfungsi melawan bakteri
Dalam air liur mengandung bahan kimia yang berguna melawan bakteri, termasuk lisozim, laktoferin, peroksidase serta immunoglobulin A.

10.    Bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka
Dalam kehidupan sehari-hari sering mengamati bahwa jika anak mereka mengalami luka akibat jatuh pada saat bermain, dengan demikian orang tuanya dapat mengoleskan air ludah untuk mengobati luka yang ada. Hal tersebut telah dianggap sebagai salah satu obat mujarab untuk menyembuhkan luka. Akan tetapi selain pada manusia, seringkali kita juga sering menemukan bahwa hewan-hewan misalnya kucing maupun anjing, hewan tersebut sering menjilati anggota tubuhnya yang sedang terluka.

Sebagaimana yang telah disimpulkan oleh peneliti, kandungan histati yang merupakan salah satu bagian dari protein dalam air ludah akan berperan sebagai antibiotik yang bisa membantu dalam membunuh bakteri dan bertanggung jawab dalam proses untuk penyembuhan luka misalnya luka kronis yang berhubungan dengan penyakit diabetes, luka sebagai akibat trauma, ataupun luka bakar.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates