Friday , 24 March 2017
Home » Info Kesehatan » Pengobatan Alternatif untuk Katarak

Pengobatan Alternatif untuk Katarak

Pengobatan Alternatif untuk Katarak

Pengobatan Alternatif untuk Katarak

Pengobatan Alternatif untuk Katarak

Pengobatan Alternatif untuk Katarak – Katarak merupakan salah satu penyebab kebutaan sementara sampai permanen. Sebagian besar katarak diatasi dengan pembedahan. Namun, beberapa pasien yang sulit menjalani operasi karena risiko medis tertentu. Berikut ini adalah berbagai metode alternatif perawatan katarak:

1. Hindari Konsumsi Laktosa
Terdapat bukti bahwa laktosa merupakan penyebab katarak. Oleh karena itu, pengidap katarak harus mengurangi konsumsi makanan mengandung laktosa atau berbasis susu.

2. Suplemen Tembaga dan Zinc
Sekitar 300 – 600 mg N-Acetylcysteine ​​ditambah dengan suplemen seng dan tembaga dapat digunakan setiap 24 jam mengurangi dan menghancurkan radikal bebas penyebab katarak. Dosis disarankan adalah sekitar 50 mg seng dan 3 mg tembaga.

3. Suplemen Riboflavin
Konsumsi sekitar 50 mg suplemen riboflavin tiap hari mampu mengurangi perkembangan katarak. Konsumsi rutin riboflavin membuat pembentukan katarak tetap terkendali.

4. Konsumsi Vitamin C
Konsumsi minimal 1000 mg vitamin C per hari mengurangi efek radikal bebas yang menyebabkan katarak. Disarankan mengkonsumsi buah-buahan segar seperti jeruk keprok, limau, jeruk, lemon, dan lain-lain, atau pil vitamin C.

5. Mengkonsumsi Vitamin E
Suplemen vitamin E dan makanan kaya selenium terbukti mampu mengurangi katarak. Namun, berkonsultasi dengan dokter mengenai dosis suplemen yang harus dikonsumsi.

Selain asupan makanan dan suplemen, para peneliti membuktikan bahwa katarak dapat disembuhkan dengan bantuan terapi alami diantaranya:

1. Terapi Jus
Disarankan mengkonsumsi berbagai jus buah segar seperti blackberry, raspberry, cranberry, blueberry, acai berry, artichoke, buah delima, dll. Buah-buahan dan sayuran tersebut memiliki antioksidan tinggi yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh.

2. Terapi Makanan
Dianjurkan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti ekstrak bilberry, bawang putih, kedelai, dan kacang merah. Berbagai buah-buahan kering bisa dikonsumsi seperti kacang mete, kemiri, kenari, dan rempah-rempah tropis seperti cengkeh, kunyit, kayu manis, dan oregano. Coklat hitam dan teh hijau adalah beberapa makanan terbaik dengan anti-oksidasi yang membantu mengatasi pembentukan katarak.

3. Terapi Ayurveda
Ayurveda mengacu pada pengobatan tradisional yang berasal dari India. Sebagian besar obat-obatan dibeli dari toko obat India atau melalui toko online. Bubuk triphala direkomendasikan sebagai obat untuk katarak, caranya rebus satu sendok teh bubuk triphala dengan sekitar 2 gelas air. Dinginkan sebelum diminum.

4. Terapi Refleksologi dan Akupresur
Kedua jenis terapi ini menggunakan teknik tekanan pada bagian tubuh tertentu untuk mengurangi stres pada mata dan menyembuhkan katarak.

5. Terapi Imagery
Dokter akan menyarankan pasien katarak untuk melakukan sesi imagery (citra), dimana pasien diminta duduk dan melihat gambar.

6. Terapi Sauna atau Mandi Uap
Facial steaming merupakan pengobatan alternatif yang disarankan untuk katarak. Metode ini bertujuan untuk memaparkan pori-pori di sekitar mata dengan uap air murni. Metode lain yang populer adalah mandi sauna yang membantu membersihkan pori-pori wajah, membuang racun, dan merangsang sirkulasi darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates