Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Dehidrasi dari Diare

Penyebab Dehidrasi dari Diare

Penyebab Dehidrasi dari Diare

Penyebab Dehidrasi dari Diare

Penyebab Dehidrasi dari Diare

Penyebab Dehidrasi dari Diare – Air sangat diperlukan tubuh agar bisa berfungsi normal. Kekurangan air bisa berbahaya dan berpotensi memicu sejumlah kondisi medis yang serius. Begitu pentingnya air diyakini manusia dapat bertahan hidup selama berminggu-minggu tanpa makanan, tetapi bertahan 2 hari tanpa air. Hampir 75% berat tubuh manusia adalah air yang tersebar di berbagai jaringan tubuh. Tanpa pasokan air yang cukup, tubuh berhenti berfungsi sehingga menyebabkan berbagai keluhan dan gangguan. Air meninggalkan tubuh melalui banyak cara (keringat, urin, dan pernapasan), sehingga jika tidak terhidrasi tubuh akan mengalami kekurangan air atau dehidrasi. Sebagian ahli medis mengatakan bahwa seseorang harus minum sekitar 8 gelas setiap hari untuk menjalani hidup sehat. Dengan meminum banyak air, frekuensi buang air kecil akan meningkat dan membantu membersihkan racun dari tubuh. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan dehidrasi sebagian besar masalah bisa diselesaikan dengan mengkonsumsi air sepanjang hari. Berikut ini adalah beberapa kondisi umum yang menyebabkan dehidrasi:

1. Diare
Diare merupakan salah satu penyebab dehidrasi paling umum. Masalah diare akan diiringi buang air berlebihan serta kotoran berbentuk cair. Kondisi tersebut menyebabkan air hilang dari tubuh dengan cepat sehingga menyebabkan dehidrasi. Dinyatakan bahwa sekitar 4 juta anak meninggal setiap tahun di seluruh dunia karena dehidrasi akibat diare. Seorang yang terkena diare harus memastikan mengkonsumsi cukup air setiap saat serta mengkonsumsi suplemen lain jika diperlukan.

2. Berkeringat
Tubuh berkeringat saat suhu lingkungan meningkat. Keringat dikeluarkan melalui pori-pori kemudian membantu mendinginkan tubuh. Berkeringat secara berlebihan merupakan salah satu penyebab dehidrasi kronis yang tidak mungkin dihindari. Seorang yang mengalami demam dan infeksi berkeringat banyak sehingga sangat penting untuk mengkonsumsi banyak air dalam situasi tersebut.

3. Diabetes
Diabetes membuat kelebihan gula dalam darah bocor ke dalam urin sekaligus membawa air keluar bersamanya. Itu sebabnya, seorang yang menderita diabetes akan merasa mudah haus, hal tersebut adalah salah satu gejala pertama yang dicari dokter saat mendiagnosa diabetes.

4. Muntah
Muntah berlebihan dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi. Muntah juga merupakan salah satu masalah yang sering dialami pada orang dewasa yang minum alkohol berlebihan.

5. Luka bakar
Orang yang mengalami luka bakar memiliki risiko mengalami dehidrasi. Hal tersebut terjadi akibat air merembes keluar dari pori-pori pada kulit yang mengalami luka bakar.

6. Kehamilan
Dehidrasi umum terjadi pada wanita hamil, terlebih pada bulan pertama kehamilan (hiper emesis gravidarum). Janin dalam kandungan membutuhkan sejumlah besar air yang diambil dari tubuh ibu. Itu sebabnya, penting bagi wanita hamil untuk minum lebih banyak air daripada yang biasa mereka konsumsi.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates