Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan Serta Tips untuk Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan Serta Tips untuk Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan Serta Tips untuk Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan Serta Tips untuk Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan Serta Tips untuk Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan Serta Tips untuk Mengatasinya – Terdapat mitos yang menyatakan bahwa perempuan akan kembali sehat hanya dalam 6 minggu setelah proses melahirkan bayi. Padahal kenyataannya, perubahan hormonal serta fisik masih terjadi hingga beberapa bulan berikutnya. Salah satu contoh perubahannya adalah rambut yang rontok setelah melahirkan yang dapat terjadi selama tiga hingga enam bulan setelah melahirkan.

Setelah semua usaha yang telah dilakukan serta kejutan-kejutan yang terjadi selama kehamilan, melahirkan, dan periode awal kelahiran bayi, para ibu akan sangat berharap bahwa mereka telah melewati seluruhnya. Pada akibatnya, mereka akan sangat terkejut saat menemukan tumpukan rambut di tangan mereka ketika keramas, rambut yang ikut terguyur air saat menggunakan shower ataupun sisir rambut yang dipenuhi oleh ribuan helai rambut yang rontok.

Perubahan hormon saat hamil akan membuat rambut anda tampak lebih indah. Rambut menjadi lebih berkilau, lebih halus, dan lebih tebal serta ujung rambut tidak bercabang. Rambut tidak rontok, bahkan warna rambut juga bisa berubah menjadi lebih cantik. Rambut yang awalnya lurus dapat menjadi bergelombang ataupun sebaliknya. Perempuan biasanya kehilangan 100 helai rambut setiap harinya. Semua rambut itu tidak akan rontok selama masa kehamilan. Umumnya antara 3 hingga 6 bulan setelah melahirkan anda akan menemukan bertambahnya jumlah rambut yang rontok.

Apa Yang Bisa Menyebabkan Rambut Rontok setelah Melahirkan?

Siklus pertumbuhan rambut yang normal dibedakan kedalam dua fase, yaitu fase pertumbuhan dan fase istirahat. Siklus pertumbuhan rambut berlangsung selama 3 tahun serta fase istirahatnya berlangsung selama rata-rata 3 bulan. Durasi ini berbeda-beda dari orang satu ke orang yang lainnya. Umumnya 85 hingga 95% rambut masih dalam fase pertumbuhan. Selama fase istirahat, rambut akan berada didalam folikel hingga rambut tersebut terdorong keluar oleh rambut baru yang tumbuh. Namun, selama kehamilan, hormon akan merangsang pertumbuhan rambut. Dengan adanya proses melahirkan, aka nada lebih banyak jumlah rambut yang memasuki fase istirahat dan rambut-rambut tersebut akan terdorong keluar antara 3 hingga 6 bulan setelah melahirkan. Rata-rata wanita akan mendapatkan siklus pertumbuhan rambut yang normal kembali 6 sampai 12 bulan setelah melahirkan.

Tips Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan / saat menyusui ibu memang seringkali mengalami kerontokan rambut dan hal ini tentu saja tidak bisa dihindari. Sebab pada saat melahirkan terdapat banyak rambut yang sudah mengalami fase istirahat sehingga rambut dapat mengalami kerontokan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan beberapa perawatan untuk meminimalisir terjadinya kerontokan rambut saat menyusui. Adapun tips mengatasi rambut rontok saat menyusui adalah sebagai berikut ini:

1. Konsumsi makanan yang bergizi
Cara pertama dalam mengatasi kerontokan rambut pasca melahirkan adalah dengan cara melakukan diet yang sehat. Dimana Anda dapat mencoba diet sehat ini dengan cara mengonsumsi aneka macam sayuran serta buah-buahan. Kandungan flavonoid dan antioksidan yang ada pada buah-buahan dan sayuran ini bermanfaat guna menjaga keutuhan folikel rambut. Disamping itu, senyawa ini juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, Anda dapat lebih banyak mengonsumsi sayuran serta buah-buahan untuk menjaga keutuhan rambut Anda.

2. Perlakukan rambut dengan lembut
Saat anda menyusui sebaiknya tidak memperlakukan rambut Anda dengan cara yang kasar, lakukan sesuatu pada rambut Anda dengan lembut untuk menghindari trauma yang terjadi pada kulit kepala. Sebab salah satu faktor kerontokan rambut diakibatkan oleh trauma yang terjadi pada kulit kepala.

3. Cara menyisir yang baik dan benar
Cara lain untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan berikutnya adalah menyisir rambut dengan baik dan benar. Bagaimana cara menyisir rambut dengan benar? Menyisir rambut yang benar adalah saat rambut dalam keadaan basah dan sebaiknya gunakanlah sisir bergerigi yang jarang. Hal ini bertujuan untuk menjaga rambut tertarik keluar ketika di sisir.

4. Sementara hindari penggunaan alat perawatan rambut
Agar rambut tidak semakin rontok, sebaiknya hindari penggunaan alat-alat untuk perawatan rambut seperti hair dryer, alat rebonding, catokan dan sebagainya. Sebab penggunaan alat-alat ini hanya akan membuat rambut menjadi panas serta mudah rontok.

5. Pilihlah shampoo yang cocok
Tips selanjutnya ialah dengan memilih shampoo yang cocok dan sesuai dengan jenis rambut Anda. Dengan memilih shampo yang cocok dan sesuai serta berkualitas akan membuat rambut tidak mudah patah dan rontok.

6. Gunakanlah masker rambut alami
Apabila Anda ingin memiliki rambut yang sehat dan kuat saat menyusui, sebaiknya gunakanlah masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, lidah buaya dan lain lain. Dengan menggunakan masker alami ini, rambut Anda akan lebih terawat.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates