Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Senam Hamil Merupakan Cara Alami Mempermudah Persalinan

Senam Hamil Merupakan Cara Alami Mempermudah Persalinan

Senam Hamil Merupakan Cara Alami Mempermudah Persalinan

Senam Hamil Merupakan Cara Alami Mempermudah Persalinan

Senam Hamil Merupakan Cara Alami Mempermudah Persalinan

Senam Hamil Merupakan Cara Alami Mempermudah Persalinan – Kehamilan cenderung sering membuat tubuh menjadi cepat lelah dan membuat Anda ingin terus berbaring santai. Akan tetapi, jika anda tidak bergerak aktif di masa hamil justru bisa membuat tubuh menjadi tidak segar dan dapat mempersulit proses persalinan. Olahraga yang dilakukan secara teratur bisa meningkatkan kekuatan otot tubuh guna menghadapi persalinan. Dengan melakukan senam hamil secara teratur dan konsisten, stamina ibu hamil akan tetap terjaga sehingga tubuh lebih siap dalam menjalani proses persalinan.

1. Meningkatkan Kebugaran dengan Senam Hamil
Salah satu olahraga yang cukup aman dilakukan serta dapat dilakukan oleh sebagian besar ibu hamil ialah senam hamil. Senam hamil terdiri dari latihan-latihan tubuh untuk meningkatkan fleksibilitas, menjaga sistem kardiovaskular, dan kekuatan. Olahraga ini cukup aman dilakukan di beberapa usia kehamilan.
Apabila sebelumnya Anda sudah terbiasa melakukan senam aerobik, maka Anda perlu melakukan perubahan untuk menghindari terlalu banyak tendangan, dan lompatan, serta gerakan lain yang berisiko membahayakan ibu dan janinnya. Akan tetapi, apabila Anda baru akan memulai melakukan senam, sebaiknya pilihlah senam yang ditujukan khusus untuk ibu hamil.
Senam aerobik dengan ritme yang lambat ialah senam yang tidak melibatkan gerakan menendang dan melompat tepat guna meningkatkan stamina wanita hamil. Dihapuskannya dua jenis gerakan ini dapat melindungi sendi serta panggul bawah Anda dari tekanan yang ditimbulkan. Terlalu sering berlari, menendang, dan melompat selama kehamilan justru berisiko dapat melemahkan otot bawah panggul.

2. Manfaat melakukan senam hamil secara teratur
• Meredakan nyeri serta sakit yang dirasakan pada masa kehamilan
• Mengencangkan otot-otot panggul.
• Memperkuat kerja jantung juga paru.
• Membuat tidur menjadi lebih nyenyak.
• Menghindari pertambahan berat badan secara berlebihan.
• Meringankan nyeri pada tulang belakang akibat pertambahan beban.
• Membuat sendi menjadi lebih kuat.
• Secara psikologis, senam hamil dapat membuat Anda berpikir lebih positif dan merasa lebih siap dalam menghadapi persalinan. Disamping itu, setelah bayi lahir, senam hamil juga membantu Anda untuk mendapatkan bentuk badan seperti semula dengan segera.

3. Bergabunglah dengan Kelas Senam Hamil
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa bergabung dengan kelas senam hamil yang banyak dibuka di rumah sakit ibu dan anak serta di klinik2 khusus kebidanan. Pada umumnya, instruktur senam hamil ialah bidan yang memang berpengalaman dalam menangani proses persalinan.
Gerakan serta latihan pernapasan lebih diutamakan guna mempersiapkan tubuh Anda agas siap menjalani persalinan. Dengan bergabung di kelas senam hamil, gerakan-gerakan yang dilakukan akan cenderung lebih aman karena berada di bawah bimbingan instruktur yang berpengalaman.

Selain lebih aman, melakukan senam hamil bersama dengan ibu hamil yang lain dapat membuat Anda merasa lebih nyaman karena tidak merasa sendirian serta dapat bertukar pikiran. Selain senam hamil yang biasa dilakukan di rumah-rumah sakit ibu dan anak dan klinik khusus kebidanan, gerak tubuh yang dilakukan sebelum persalinan dapat dilakukan juga dengan pilates serta yoga khusus untuk ibu hamil.
Senam hamil perlu dilakukan dengan berhati-hati dan tetap perhatikan hal-hal berikut:

• Lakukan pemanasan sebelum anda melakukan senam hamil serta lakukan pendinginan setelahnya.

• Kencangkan otot perut ketika mengangkat lutut guna menghindari cedera pada punggung bawah serta sendi panggul.

• Hindari gerakan memutar serta membalik badan secara cepat. Menjaga keseimbangan tubuh di masa kehamilan lebih sulit dibandingkan ketika anda tidak hamil.

• Perhatikan kemampuan Anda dan jangan pernah untuk memaksakan diri. Jika Anda merasa kelelahan, ambilah waktu untuk beristirahat.

• Jaga suhu ruangan agar tidak panas. Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.

• Cegah dehidrasi dengan cara mengonsumsi air yang cukup sebelum, selama, dan setelah melakukan senam hamil.

• Pastikan instruktur serta panduan yang Anda jadikan acuan aman dan dapat dipercaya.

• Jika sudah lama tidak melakukan olahraga, Anda bisa memulai dengan melakukan gerakan senam selama 5 menit sehari, kemudian tingkatkan menjadi 10 menit, dan tingkatkan terus hingga setidaknya 30 menit per hari.

• Pada dasarnya, manfaat utama senam hamil ialah supaya tubuh lebih sehat serta merasa lebih nyaman. Penting untuk tetap menjaga perasaan tenang saat anda melakukan olahraga ini.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates