Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » STOP Penggunaan Formalin

STOP Penggunaan Formalin

STOP Penggunaan Formalin

STOP Penggunaan Formalin

STOP Penggunaan Formalin

STOP Penggunaan Formalin – Formalin atau disebut dengan formaldehyde merupakan zat yang tidak berwarna, bersifat mudah terbakar, serta memiliki bau yang sangat menyengat. Biasanya formalin digunakan sebagai bahan untuk cairan pembersih serta digunakan dalam pembuatan peralatan rumah tangga, furniture, maupun kayu lapis. Di Negara Indonesia, formalin biasa digunakan untuk pengawet makanan yang sebenarnya sangat dilarang penggunaanya oleh Kementrian Kesehatan. Alasan kementrian kesehatan melarang formalin digunakan untuk pengawet dalam makanan karena dapat menyebabkan dampakterhadap kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Menyebabkan Iritasi Mata
Pada saat formalin terurai di udara serta melebihi dari 0,1 ppm, dampaknya bisa membuat mata berair, serta sensasi terbakar pada bagian mata.

2. Menyebabkan Iritasi saluran pernafasan
Apabila formalin terhirup oleh hidung serta masuk ke sistem pernafasan lainnya, dampak yang mungkin dapat langsung dirasakan yaitu rasa panas pada bagian hidung ataupun tenggorokan.

3. Menyebabkan Mual
Jika seseorang terpapar formalin, maka akan mengalami nausea atau mual – mual.

4. Menyebabkan Kulit kemerahan
Apabila formalin terkena kulit, dampak secara langsungnya akan membuat kulit iritasi dengan ditandai warna kemerahan pada area permukaan kulit.

5. Menyebabkan Kerusakan organ pencernaan
Apabila formalin tertelan kemudian masuk ke dalam tubuh manusia, maka formalin dapat merusak organ pencernaan. Gejalanya yaitu penderita akan kesulitan menelan makanan hingga menyebabkan pendarahan serta hilangnya kesadaran.

6. Menyebabkan Gangguan Menstruasi
Apabila wanita terpapar formalin secara langsung, maka efeknya akan membuat siklus menstruasi menjadi terganggu, hingga menimbulkan gangguan kesuburan.

7. Menyebabkan Kanker hidung
Apabila sering terpapar formalin serta hidung sering mencium formalin dalam jangka panjang, maka akan menyebabkan kanker yang terbentuk pada hidung.

8. Menyebabkan terjadinya diare
Jika Formalin yang tidak sengaja dikonsumsi seesorang, dapat mengakibatkan seseorang mengalami diare. Sebab Iritasi pada lambung dapat berakibat pada terjadinya diare.

9. Mengalami Susah tidur
Apabila formalin masuk ke dalam tubuh maka akan merusak sistem saraf, dengan demikian akan mengalami sulit tidur atau insomnia.

10. Menyebabkan Kanker Otak
Dalam jangka panjang dampak formalin akan sangat membahayakan untuk kesehatan, bahkan akan mengarah pada kematian apabila seorang terpapar secara kontinyu dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebab formalin bersifat zat karsinogenik.

11. Dapat Mengganggu proses pertumbuhan
Apabila formalin dikonsumsi oleh anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, dampaknya akan menyebabkan anak mengalami gangguan dalam proses pertumbuhan.

12. Menyebbakan Kanker paru – paru
Apabila menghirup formalin dalam jangka waktu yang cukup lama akan mengakibatkan gangguan pada sistem penafasan. Formalin yang secara terus menerus dihirup tubuh maka dapat mengakibatkan kanker pada paru –paru.

13. Menyebabkan Sakit kepala
Jika formalin sudah menyerang bagian sistem saraf, maka biasanya dalam kasus seperti ini seseorang akan mengalami sakit kepala ringan samapai mengalami sakit kepala yang cukup berat.

14. Menyebabkan Koma hingga kematian
Formalin yang tertelan ke dalam bagian tubuh dengan konsentrasi yang cukup tinggi akan menyebabkan kematian sel – sel tubuh serta matinya saraf. Dengan demikian hal ini dapat membuat seseorang akan mengalami koma hingga kematian.

15. Menimbulkan rasa gatal
Rasa gatal yang akan bisa timbul apabila formalin masuk melewati sistem pernafasan. Jika terjadi seperti ini maka formalin sudah masuk ke dalam paru-paru.

Meskipun efek jangka pendek akibat paparan formalin sudah sangat diketahui oleh banyak orang, namun efek jangka panjangnya malah jarang diketahui oleh orang banyak. Hasil penelitian menyimpulkan yang dilakukan pada tikus bisa mengakibatkan tikus mengalami kanker nasal. Pada intinya dari penelitian tersebut yaitu bahwa bahaya formalin akan menyebabkan timbulnya penyakit yang paling mematikan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates