Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Jitu untuk Menyusui Bayi Kembar

Tips Jitu untuk Menyusui Bayi Kembar

Tips Jitu untuk Menyusui Bayi Kembar

Tips Jitu untuk Menyusui Bayi Kembar

Tips Jitu untuk Menyusui Bayi Kembar

Tips Jitu untuk Menyusui Bayi Kembar – Tips mengenai bagaimana cara menyusui bayi kembar banyak dipertanyakan oleh masyarakat bahkan yang tidak memiliki bayi kembar sekalipun. Memiliki bayi kembar adalah keinginan bagi banyak orang tua. Bukan hanya karena tampak lucu, tetapi juga anak dengan wajah yang mirip tersebut nyatanya jarang ditemui sehingga bisa menimbulkan kesan yang unik. Walau terlihat menyenangkan, namun kenyataannya merawat bayi kembar tidaklah semudah yang di pikirkan. Jika dibandingkan dengan satu anak, maka ibu yang merawat anak kembar tentu akan jauh lebih repot karena harus memperhatikan 2 anak sekaligus dalam waktu bersamaan.

Salah satu hal yang sangat merepotkan bagi ibu yang memiliki bayi kembar ialah dalam hal pemberian ASI. Pemberian ASI eklusif sendiri ialah sampai usia bayi 6 bulan. Selama masa ini, sebaiknya ibu memberi ASI pada bayi secara rutin untuk keperluan tumbuh kembang anak yang optimal. Untuk selanjutnya, ibu dapat menggunakan makanan pendamping ASI untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi yang semakin bertambah usianya. Untuk ibu yang memilliki bayi kembar, tentu lebih menguras tenaga karena ada 2 bayi yang harus disusui. Dalam hal ini, ibu membutuhkan tips khusus agar tidak kerepotan ketika memberi ASI bagi bayinya.

Untuk menyusui bayi kembar tentu tidak mudah, sehingga dibutuhkan metode yang tepat untuk bias menyusui bayi kembar secara optimal. Berikut adalah tips menyusui bayi kembar yang bisa ibu lakukan :

1. Posisi menggendong saat menyusui
Tips untuk menyusui bayi kembar yang pertama ialah dengan posisi menggendong. Caranya dengan memeluk bayi dengan posisi kepala yang ditempatkan pada bagian siku tangan ibu. Disamping itu, jika ibu menempatkan kepala bayi yang akan menyusu pada payudara sebelah kanan, maka ibu bisa meletakkannya pada siku tangan kanan dan posisi bokong bayi berada di telapak tangan ibu. Ibu bisa melakukan hal yang sama pada bayi yang lainnya dengan meletakkan di tangan kiri.

2. Posisi Menyangga Kepala saat menyusui
Tips menyusui bayi kembar yang kedua adalah dengan cara posisi menyangga. Cara ini dapat dilakukan dengan cara menyangga kepala bayi dengan telapak tangan ibu. Disamping itu, tempatkan tubuh bayi di bawah kedua tangan anda. Untuk bayi yang disusui oleh payudara kanan, maka ibu bisa menempatkan kepala bayi pada telapak tangan ibu dan begitu pula sebaliknya. Pada posisi ini ibu bisa meletakkan tangan di atas bantal / di atas pangkuan anda. Selanjutnya sangga leher bayi, bahu serta kepala dengan menggunakan telapak tangan. Arahkan mulut bayi pada puting susu ibu serta biarkan kakinya menjulur ke arah belakang. Lakukan hal yang sama pada bayi satunya.

3. Posisi Gabungan saat menyusui
Tips menyusui bayi kembar selanjutnya dapat dilakukan dengan posisi gabungan. Untuk metode ini, ibu dapat menyusui salah satu bayi dengan cara menggendongnya, disaat yang sama bayi lainnya disusui dengan posisi menyangga kepala. Untuk mengganti suasana pada bayi, maka ibu dapat melakukannya secara bergantian.

4. Segera beri ASI pada bayi
Menyusui bayi sebaiknya dilakukan secepat mungkin setelah proses melahirkan. Ibu dapat menyusui bayinya 8 – 12 kali setiap hari selama 24 jam untuk membantu ibu dalam menstabilkan produksi ASI. Semakin sering ibu menyusui maka produksi ASI pun akan semakin meningkat.

5. Memompa ASI
Memompa ASI bisa membantu ibu untuk tetap menyusui bayinya dimanapun ibu sedang berada. Bukan hanya itu, memompa ASI juga bisa membantu ibu untuk dibantu oleh pengasuhnya sehingga tugas menyusui menjadi jauh lebih mudah. Dalam memompa ASI sebaiknya dilakukan dari kedua payudara sekaligus karena dapat menstimulasi kelenjar susu untuk memproduksi ASI lebih banyak.

6. ASI Eklusif
Dibandingkan dengan jenis makanan dan produk susu formula yang lain bagi bayi, tentu ASI adalah yang terbaik. Walaupun demikian, sebaiknya ibu memadukan ASI dengan susu formula ketika bayi sudah berusia 6 bulan. Perhatikan terlebih dahulu mana susu formula yang paling tepat bagi bayi anda. Hal yang perlu diingat ibu adalah sebaiknya memompa ASI 8 hingga 10 kali selama 24 jam karena jika tidak, maka produksi ASI dapat menurun.

Itulah tips menyusui bagi bayi kembar. Berbeda dengan mereka yang hanya memiliki satu bayi, memiliki bayi kembar akan menuntut ibu untuk bisa memberikan perhatian yang sama pada kedua bayi sehingga tidak menimbulkan rasa cemburu antar bayi.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates