Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Tips Membakar Kalori Saat Tidur

Tips Membakar Kalori Saat Tidur

Tips Membakar Kalori Saat Tidur

Tips Membakar Kalori Saat Tidur

Tips Membakar Kalori Saat Tidur

Tips Membakar Kalori Saat Tidur – Setelah seharian menjalani program diet atau penurunan berat badan, tak ada salahnya bila Anda menambah sedikit usaha agar kalori tetap terbakar optimal saat tidur. Mendapatkan waktu tidur yang cukup membantu tubuh membakar kalori lebih banyak pada malam dan siang. Selain waktu tidur yang cukup, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan program penurunan berat badan sekalipun saat kita tidur. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan agar pembakaran kalori dapat meningkat pada saat tidur:

1. Latihan Angkat Berat
Untuk membakar lebih banyak kalori saat tidur, lakukanlah latihan angkat berat di siang hari. Satu pound otot bisa membakar rata-rata sekitar 50 kalori pada siang dan malam hari, sementara 1 pound lemak hanya membakar sembilan kalori. Dengan memulai program latihan meningkatkan massa otot dan angkat berat, tubuh akan membakar lebih banyak kalori saat tidur.

2. Mengecilkan Pemanas Ruangan
Tubuh akan membakar lebih banyak kalori pada malam hari bila kita mengecilkan pemanas ruangan. Hal tersebut terjadi karena tubuh menggunakan lebih banyak energi agar tetap hangat. Dengan mengecilkan pemanas ruangan di malam hari, tingkat metabolisme tubuh menjadi meningkat sehingga bisa membakar lebih banyak kalori untuk membuat tubuh tetap hangat.

3. Batasi Asupan Karbohidrat
Sebaiknya hindari asupan karbohidrat minimal 6 jam sebelum tidur. Saat jumlah karbohidrat menurun, tubuh mulai menggunakan kalori untuk membakar lemak agar tetap menghasilkan energi. Hal ini berlaku juga meski kita sedang tidur, bila tubuh tidak mendapat asupan karbohidrat sebelum tidur, maka tubuh akan membakar lebih banyak lemak dan kalori untuk menghasilkan energi.

4. Minum Teh Hijau
Agar tubuh membakar lebih banyak kalori saat tidur, direkomendasikan untuk mengonsumsi teh hijau sebelum tidur. Teh hijau dipercaya dapat meningkatkan metabolisme sehingga membantu tubuh membakar kalori lebih banyak.

5. Cukup Waktu Tidur
Tidur selama lebih dari 7 jam akan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori di malam hari. Mendapatkan lebih banyak waktu tidur tidak hanya menjadikan tubuh membakar lebih banyak kalori pada malam hari, namun juga membantu menjaga tingkat metabolisme yang lebih tinggi pada siang hari sehingga bisa membakar lebih banyak kalori.

6. Meditasi
Pastikan untuk melakukan rileksasi dan meditasi sebelum tidur. Rileksasi menyebabkan penurunan tingkat kortisol (hormon stres) yang pada gilirannya akan membantu tubuh dalam membakar lebih banyak kalori.

Disarankan agar selalu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum memulai program program penurunan berat badan atau diet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates