Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Memompa ASI Agar Menjadi Lebih Mudah

Tips Memompa ASI Agar Menjadi Lebih Mudah

Tips Memompa ASI Agar Menjadi Lebih Mudah

Tips Memompa ASI Agar Menjadi Lebih Mudah

Tips Memompa ASI Agar Menjadi Lebih Mudah

Tips Memompa ASI Agar Menjadi Lebih Mudah – Memompa ASI adalah kegiatan yang sangat penting untuk memasok asupan nutrisi bayi, terutama bagi wanita karir yang harus meninggalkan bayinya di rumah. Kegiatan ini mungkin membosankan bagi sebagian ibu menyusui, namun bila dilakukan dengan benar dan hati yang senang, memompa ASI bukan tugas yang melelahkan atau menyulitkan. Berikut ini beberapa tips mudah untuk meningkatkan jumlah ASI dan membuat memompa ASI menjadi lebih mudah:

1. Memilih Jenis Pompa
Pemilihan pompa yang tepat tentu menjadi hal yang sangat penting. Pastikan bahwa pompa yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Seorang ibu yang hanya memompa ASI sesekali akan memiliki kebutuhan pompa yang berbeda dari ibu yang memompa ASI beberapa kali dalam sehari. Pilih pula ukuran pompa yang cocok dengan payudara sehingga dapat memaksimalkan jumlah ASI serta menghindari luka yang mungkin terjadi pada payudara.

2. Persiapan
Kegiatan memompa ASI bisa dimulai beberapa minggu sebelum Anda kembali bekerja. Aktivitas memompa ASI bisa dilakukan saat sedang menyusui bayi di salah satu payudara, sementara payudara lain digunakan untuk memompa ASI. Selain berlatih agar lebih lancar, hal ini juga dimaksudkan agar ibu memiliki persediaan ASI yang cukup untuk kondisi darurat.

3. Meningkatkan Persediaan ASI
Disarankan untuk meningkatkan frekuensi memompa ASI dibandingkan memompa ASI dalam waktu lama. Alih-alih memompa 2 kali dalam sehari dengan jangka waktu yang lama, cobalah memompa 3 – 4 kali dengan periode yang lebih pendek. Memompa kedua payudara saat bersamaan dapat membantu meningkatkan persediaan ASI menjadi lebih banyak.

4. Hindari Melewatkan Waktu Memompa ASI
Melewatkan sesi memompa ASI bisa berdampak negatif pada pasokan ASI. Rutin memompa meski hanya beberapa menit masih lebih baik daripada melewatkan waktu memompa ASI.

5. Liburan atau Akhir Pekan
Bisa juga menggunakan waktu libur atau akhir pekan untuk menyusui secara eksklusif. Selain membantu menjaga pasokan ASI tetap berlimpah, kegiatan memompa ASI juga akan memperkuat ikatan (bounding) antara Anda dan bayi.

6. Kasih Sayang Ibu dan Bayi
Lebih mudah saat ibu langsung menyusui dibanding dengan memompa ASI. Jika merasa lelah atau patah semangat saat memompa ASI, coba untuk melihat foto bayi Anda. Bahkan pada beberapa tempat pompa biasanya terdapat SLOT yang sengaja disediakan untuk memajang foto bayi. Ada pula cara lain yang bisa dilakukan yakni dengan merekam percakapan ibu dan bayi saat menyusui langsung kemudian diputar melalui headphone saat memomopa ASI.

7. Menggunakan Tangan
Menggunakan pompa mekanik, manual atau elektrik bukan satu-satunya cara untuk mengeluarkan ASI. Banyak pula ibu yang memerah ASI dengan gerakan tangan saja. Meski hasilnya sedikit, cara ini bisa dilakukan sesekali sebagai selingan menggunakan pompa.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates