Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Sederhana Membakar Lebih Banyak Kalori

Tips Sederhana Membakar Lebih Banyak Kalori

Tips Sederhana Membakar Lebih Banyak Kalori

Tips Sederhana Membakar Lebih Banyak Kalori

Tips Sederhana Membakar Lebih Banyak Kalori

Tips Sederhana Membakar Lebih Banyak Kalori – Konsisten dengan hanya mengkonsumsi makanan sehat cukup sulit dilakukan. Kita cenderung tergoda memakan gorengan atau memakan sekotak cokelat penuh lemak yang menggiurkan. Kunci mempertahankan berat tubuh ideal dan menjalani gaya hidup sehat yakni dengan mengatur asupan kalori.

Kalori merupakan unit energi yang digunakan untuk mengukur energi tubuh yang diperoleh dari nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak dan komponen lainnya. Ketika mengatakan makanan memiliki jumlah kalori tertentu, berarti makanan tersebut menyediakan jumlah energi sebesar jumlah kalorinya. Tubuh hanya menggunakan sejumlah energi yang dibutuhkannya dan sisanya disimpan dalam bentuk lemak. Kalori harian yang diperlukan orang dewasa sekitar 2000 kalori, sehingga kelebihan asupan kalori akan memicu kenaikan berat badan. Lemak adalah sumber terkaya dengan 1 gram lemak = 9 kalori. 1 gram karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori.

Metabolisme didefinisikan sebagai “proses kimia yang terjadi dalam organisme untuk menjaga dan mempertahankan hidup organisme tersebut”. Lebih sederhana lagi, metabolisme adalah pemanfaatan kalori dari makanan untuk memperoleh energi yang dibutuhkan. Seorang dengan tingkat metabolisme tinggi membakar lebih banyak energi dibandingkan orang dengan tingkat metabolisme rendah. Orang dengan massa otot tinggi cenderung membakar lebih banyak kalori daripada orang dengan massa otot yang rendah. Cara berikut merupakan langkah sederhana untuk membakar kalori dan membatasi asupan kalori sehari-hari.

1. Olahraga
Olahraga teratur sangat penting karena meningkatkan metabolisme dan dengan demikian kemampuan pembakaran kalori. Berjalan setidaknya 45 menit di pagi hari merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan. Latihan beban dan latihan kardiovaskular meningkatkan metabolisme. Begitu pula dengan berbagai olahraga lain seperti jogging dan latihan aerobic.

2. Makan Sehat
Menjalani program diet bukan berarti membuat diri kelaparan. Jika rajin berolahraga, secara prinsip bebas makan apa pun yang diinginkan, tetapi dalam jumlah moderat. Makanan yang dikonsumsi harus memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan. Diet tinggi protein memuaskan rasa lapar lebih cepat dan membuat kenyang lebih lama. Sarapan menjadi makanan paling besar dalam sehari, dengan makan siang dan makan malam memiliki porsi lebih ringan. Bila memungkinkan, bagi makanan menjadi porsi yang lebih kecil untuk dimakan lebih sering. Teknik ini akan membantu merasa kenyang lebih cepat.

3. Gaya Hidup
Jangan duduk diam terlalu lama dan buat diri bergerak serta aktif sepanjang waktu untuk menjaga tingkat pembakaran kalori tetap tinggi. Aktif tidak harus sulit, banyak aktivitas sederhana bisa dilakukan seperti berjalan-jalan di kantor/rumah secara berkala, menggunakan tangga bukan lift, berjalan ke supermarket, dll. Tidur malam juga sangat penting dan dianjurkan untuk tidur setidaknya 6 jam / hari. Makan malam terlalu larut menghambat proses pencernaan dan metabolisme.

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates