Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Bisnis Kuliner Bakso Ikan Dengan Gerobak

Bisnis Kuliner Bakso Ikan Dengan Gerobak

Bisnis Kuliner Bakso Ikan Dengan Gerobak

Bisnis Kuliner Bakso Ikan Dengan Gerobak

Bisnis Kuliner Bakso Ikan Dengan Gerobak

Bisnis Kuliner Bakso Ikan Dengan Gerobak – Siapa yang tidak kenal dengan bisnis kuliner bakso? Makanan yang umumnya berbentuk bulat ini akan sangat mudah ditemui di mana saja di seluruh pelosok negara Indonesia. Bakso yang disajikan dalam mangkuk ini dilengkapi dengan mie kuning ataupun bihun dan juga pelengkap lainnya yang kemudian disajikan dalam keadaan panas hal ini akan membuat kuliner bakso ikan banyak digemari oleh masyarakat.

Jenis dari bakso ada beberapa macam, diantaranya adalah bakso dengan daging sapi, bakso ikan, bakso ayam dan lain sebagainya. Namun yang akan kita coba bahas kali ini adalah tentang peluang bisnis kuliner bakso ikan saja.

Tingginya para pecinta dan penikmat bakso ikan membuat bisnis bakso ikan tidak ada matinya dan selalu bisa tumbuh serta berkembang dengan besar sehingga banyak sekali pelaku bisnisnya. Bakso ikan juga bisa dijajakan dengan berbagai cara seperti menggunakan gerobak dorong atau mangkal di satu tempat atau juga bisa di jual di restoran besar.

Bakso ikan banyak sekali disukai oleh masyarakat luas dari berbagai macam kalangan baik menengah atas maupun menengah ke bawah serta berbagai usia dari anak-anak sampai orang tua. Selain rasanya yang gurih serta lezat dan selalu disajikan dalam keadaan panas, kuliner bakso ikan ini juga akan sangat mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan. Yang paling penting disini adalah harga untuk bakso ikan ini sangat terjangkau sehingga mudah untuk didapatkan.

Memulai Bisnis
Memulai bisnis bakso ikan tentu harus melakukan proses produksi bakso ikan sendiri. Hal itu dilakukan untuk bisa menghemat modal usaha, kualitas serta bisa menyesuikan rasa bakso ikan sesuai dengan keinginan. Bakso ikan yang dibuat sendiri oleh pebisnis tentu akan menjadi ciri khas dari usaha bakso Anda.
Bisnis kuliner dari bakso ikan ini mudah dijumpai di berbagai tempat, sehingga pelaku bisnis dapat menjual bakso ikan di sekitar rumah, di pasar atau di pinggir jalan serta di pusat kota dan di tempat-tempat lainnya yang ramai dikunjungi orang.
Peralatan yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis bakso ikanpun tidaklah begitu sulit, pelaku bisnis hanya membutuhkan gerobak ataupun etalase, peralatan memasak serta peralatan untuk makan. Yang tidak boleh sampai ketinggalan adalah menyediakan tempat yang nyaman serta bersih untuk makan bakso ikan tak lupa dilengkapi dengan meja serta kursi.

Keuntungan Bisnis
Modal dari usaha yang dibutuhkan pelaku bisnis untuk memulai bisnis kuliner ini bisa dibilang tidaklah besar. Apalagi peluang bisnis bakso ikan yang peminatnya cukup banyak, baik dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Rasanya yang enak serta gurih, harganya yang relatif murah dan juga mudah dijumpai dimana saja membuat kuliner ini banyak sekali digemari orang dan menjanjikan keuntungan besar bagi pelaku usaha bisnis ini.
Tidak hanya itu saja, bakso ikan pula merupakan salah satu kuliner yang mengandung gizi tinggi serta rendah lemak sehingga para penikmatnya tidak akan ragu serta takut mengkonsumsinya dengan sering.

Hambatan Bisnis
Bisnis kuliner bakso ikan ini memiliki tingkat resiko yang bisa dibilang rendah. Resikonya jika bakso ikan ini tidak laku terjual maka dapat diatasi dengan menyimpan bakso ikan ke dalam lemari es atau frezer. Tentunya dengan batas waktu tertentu supaya cita rasa bakso ikan tidak berubah. Kenaikan terhadap bahan baku juga terkadang dapat mempengaruhi pengusaha kecil kuliner bakso ikan dengan menggunakan gerobak ini.
Bisnis kuliner bakso ikan ini juga bisa sangat rentan terhadap isu seperti penggunaan bahan baku ikan busuk, menambahkan bahan pengenyal serta pengawet ke dalam adonan yaitu formalin atau boraks dan lain sebagainya. Kendala yang satu ini jika tidak segera Anda atasi maka dapat mengakibatkan terhadap penurunan omzet penjualan yang bisa mengakibatkan kerugian.

Strategi Pemasaran
Pelaku usaha bisnis dalam menjalankan bisnis bakso ikan juga perlu membutuhkan strategi pemasaran untuk menambah serta meningkatkan jumlah penghasilan yang lebih besar. Pemasaran juga bermanfaat demi kemajuan serta kesuksesan bisnis bakso ikan. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memasang spanduk di tempat usaha.
Selain itu, pelaku bisnis juga dapat membuat brosur dengan isi serta pemilihan gambar yang menarik sehingga ketika disebarluaskan banyak orang yang merasa tertarik untuk bisa mencoba bahkan berlangganan di warung bakso ikan milik Anda. Memanfaatkan situs jejaring sosial juga dapat Anda lakukan.

Kunci Sukses
Kunci sukses di dalam menjalankan bisnis kuliner bakso ikan ini terletak pada cita dan rasa bakso ikan itu sendiri. Buatlah bakso ikan dengan resep yang bermutu tanpa harus menggunakan bahan pengawet atau pengenyal sehingga bisa menghasilkan bakso ikan yang enak dan bergizi serta sehat. Perhatikan juga kualitas dari bahan baku yang digunakan untuk bisa membuat bakso ikan, terutama ikan yang digunakan itu sebaiknya menggunakan ikan yang masih segar supaya kualitas rasa yang dihasilkan memuaskan.

Analisa Ekonomi
1. Asumsi dari Pemakaian Alat
Masa pakai untuk gerobak adalah 3 tahun
Masa pakai untuk peralatan masak seperti kompor, panci, ulekan, dll adalah 1 tahun
Masa pakai untuk peralatan makan seperti piring, gelas, sendok adalah 1 tahun
Masa pakai untuk kursi dan meja adalah 3 tahun

2. Investasi
Untuk Gerobak = Rp 2.000.000,00
Untuk Peralatan masak = Rp 400.000,00
Untuk Peralatan makan = Rp 300.000,00
Untuk Meja dan kursi = Rp 400.000,00+
Total keseluruhan Investasi = Rp 3.100.000,00

3. Biaya operasional setiap bulan
Biaya tetap :
Penyusutan untuk gerobak 1/36 x Rp 2.000.000,00 = Rp 56.000,00
Penyusutan untuk peralatan masak 1/12 x Rp 400.000,00 = Rp 33.400,00
Penyusutan untuk peralatan makan 1/12 x Rp 300.000,00 = Rp 25.000,00
Penyusutan untuk meja dan kursi 1/36 x Rp 400.000,00 = Rp 11.000,00
Sewa tempat untuk jualan = Rp 500.000,00 +
Total keseluruhan biaya tetap = Rp 625.000,00

Biaya tidak tetap :
Belanja bahan dalam membuat bakso, bumbu serta pelengkap adalah Rp 250.000,00 x 30 hari = Rp 7.500.000,00
Pembelian untuk gas, listrik, kebersihan, dll = Rp 250.000,00+
Total dari biaya tidak tetap = Rp 7.750.000,00+
Total dari biaya operasional = Rp 8.375.000,00

4. Penerimaan setiap bulan :
Penjualan bakso untuk 40 porsi x Rp 8.000,00 x 30 hari = Rp 9.600.000,00
Untuk Penjualan minuman 40 gelas x Rp 1.500 x 30 hari = Rp 1.800.000,00+
Total pemasukan setiap = Rp 11.400.000,00

5. Keuntungan
Rp. 11.400.000,00 – Rp 8.375.000,00 = Rp. 3.025.000,00

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates