Wednesday , 24 May 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Bisnis Pempek Palembang Ala Gerobak

Bisnis Pempek Palembang Ala Gerobak

Bisnis Pempek Palembang Ala Gerobak

Bisnis Pempek Palembang Ala Gerobak

Bisnis Pempek Palembang Ala Gerobak

Bisnis Pempek Palembang Ala Gerobak – Indonesia kaya akan berbagai jenis makanan nusantara. Di setiap daerah di negara Indonesia memiliki makanan khas masing-masing. Salah satunya adalah kota Palembang yang sudah terkenal dengan pempek ikan tenggiri sebagai makanan khas daerahnya. Pempek Palembang ini adalah salah satu olahan hasil laut yang mempunyai banyak penggemar. Pempek dibuat dengan bahan baku dari ikan tenggiri yang dicampur dengan sagu. Penyajiannya pun ditemani dengan kuah yang berwarna hitam kecoklatan atau bernama cuko.

Hadirnya makanan khas Palembang ini tidak hanya sekedar untuk bisa memenuhi permintaan pasar, akan tetapi juga hadir untuk memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin mencoba membuka bisnis kuliner dengan modal terjangkau.

Tidak jarang jika orang ingin membuka bisnis kuliner namun selalu terkendala dengan yang namnya modal usaha yang besar. Hadirnya pempek Palembang ala gerobak ini akan memberikan peluang bisnis yang menjanjikan untukpelaku bisnisnya, yang hanya memiliki modal yang kecil.
Konsumen

Pempek Palembang dengan bahan baku ikan tenggiri serta sagu ini memiliki nilai ekonomi serta gizi yang tinggi. Kandungan gizi utamanya adalah terdiri dari karbohidrat, protein, lemak tak jenuh, vitamin serta mineral. Makanan ini juga banyak diminati oleh konsumen pada semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Memulai Bisnis Pempek Palembang
Bisnis kuliner dari pempek Palembang banyak dilirik oleh para pelaku bisnis karena makanannya yang khas Palembang ini selain unik dan juga lezat serta pas banget di lidah masyarakat Indonesia. Sekarang ini makanan khas Palembang ini tidak hanya menjadi olahan hasil laut di daerah Sumatera Selatan saja tetapi sudah beredar di seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri segala. Karena itulah peluang bisnis kuliner untuk pempek dari Palembang sudah semakin luas, sehingga mampu untuk menjangkau masyarakat menengah ke bawah sampai menengah ke atas.
Untuk memulai bisnis kuliner pempek Palembang ini ada beberapa hal yang harus dibutuhkan oleh para pelaku bisnisnya, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pelaku bisnis perlu memiliki kemauan yang kuat dan juga keterampilan yang baik dalam membuat pempek Palembang. Sebelum memulai bisnis Anda dapat belajar dari kursus memasak atau juga dengan mencari resep membuat pempek Palembang yang enak melalui buku, majalah atau juga internet.

2. Selain memiliki keterampilan dalam membuat pempek Palembang yang enak serta lezat, pelaku bisnis juga harus bisa mempersiapkan tempat strategis yang lalu lintasnya ramai. Anda dapat menyewa ruko atau menggunakan gerobak, sesuaikan dengan pasar Anda.

3. Persiapkan juga peralatan serta perlengkapan usaha dan juga modal usaha yang dibutuhkan. Meskipun modal usaha yang Anda miliki terbilang tidak terlalu besar namun jika dimulai dengan kemauan yang keras serta tidak pantang menyerah, kesuksesan pasti dapat Anda raih.

Keuntungan Bisnis
Meskipun jenis bisnis kuliner makanan khas Indonesia beranekaragam dan juga pelaku bisnisnya juga relatif banyak, namun peluang terhdap bisnis untuk kuliner pempek Palembang masih cukup terbuka lebar. Karena, makanan khas ini masih banyak digemari dan diminati oleh banyak orang serta tidak pernah sepi pelanggan. Selain, rasanya yang enak serta kuah atau cuko nya yang khas, modal usaha untuk bisnis kuliner ini juga tidak akan terlalu besar.

Hambatan Bisnis
Apapun usaha yang kita akan coba jalankan, hambatan pastinya akan selalu dihadapi oleh setiap pelaku bisnis. Namun, janganlah Anda menganggap hambatan sebagai kendala untuk bisa meraih sukses. Jadikan hambatan sebagai suatu tantangan yang perlu dihadapi demi sebuah kesuksesan.
Resiko dari menjalankan bisnis kuliner pempek Palembang ini tidaklah terlalu sangat besar. Biasanya, terjadinya kenaikan terhadap harga bahan baku ikan serta sagu terjadi menjelang hari raya maupun tahun baru. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, Anda bisa mulai menyetok bahan baku satu bulan sebelum menjelang hari raya.

Strategi Pemasaran
Untuk dapat mempromosikan bisnis kuliner pempek Palembang sebagai makanan khas supaya mendapatkan perhatian dari banyak konsumen, maka Anda sebagai pelaku bisnis perlu melakukan beberapa strategi serta promosi yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

1. Mematok harga yang sesuai dengan pasar yang ingin di sasar, apakah kalangan menengah bawah atau kah menengah ke atas. Harga adalah hal yang relatif, tergantung pada besar atau kecilnya pempek yang Anda buat dan juga kualitas dari pempek.

2. Lakukanlah promosi bisnis dari mulut ke mulut atau dapat juga menggunakan brosur. Selain itu, Anda juga dapat mengawali promosi dari teman-teman dekat Anda, saudara atau tetangga sekitar.

3. Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada setiap pelanggan Anda, karena hubungan yang baik antara para pedagang dengan pelanggan juga dapat menjadi salah satu strategi untuk bisa meningkatkan penjualan.

4. Selalu menyajikan pempek Palembang dalam kondisi hangat, ditambahkan dengan cuko serta acar mentimun dan juga mie kuning. Penyajian yang unik serta menarik juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Kunci Sukses
Kunci sukses dalam menjalankan bisnis kuliner adalah terletak pada citarasa dari makanan itu sendiri. Buatlah pempek Palembang dengan resep yang sangat bermutu sehingga menghasilkan pempek dengan cita rasa yang enak. Perhatikan juga kualitas dari bahan baku, karena bahan baku yang digunakan untuk membuat pempek akan sangat berpengaruh terhadap kualitas dari rasa yang dihasilkan.
Keterampilan dalam membuat pempek akan sangat dibutuhkan di dalam bisnis kuliner ini. Cara untuk pengolahan pempek seperti bagaimana cara mencampurkan semua adonan serta bumbunya sesuai porsinya pun harus benar-benar untuk diperhatikan.

Analisa Ekonomi
Asumsi untuk pemakaian alat
Masa untuk pakai gerobak adalah 3 tahun
Masa untuk pakai peralatan masak (kompor, panci, ulekan) adalah 1 tahun
Masa untuk pakai peralatan makan (piring, gelas, sendok) adalah 1 tahun
Masa untuk pakai kusi dan meja adalah 3 tahun

1. Investasi
Untuk Gerobak = Rp 2.000.000,00
Untuk peralatan masak = Rp 400.000,00
Untuk peralatan makan = Rp 300.000,00
Untuk meja dan kursi = Rp 400.000,00 +
Total keseluruhan dari investasi = Rp 3.100.000,00

2. Biaya operasional setiap bulan
Biaya tetap :
Penyusutan untuk gerobak 1/36 x Rp 2.000.000,00 = Rp 56.000,00
Penyusutan untuk peralatan masak 1/12 x Rp 400.000,00 = Rp 33.400,00
Penyusutan untuk peralatan makan 1/12 x Rp 300.000,00 = Rp 25.000,00
Penyusutan untuk kursi dan meja 1/36 x Rp 400.000,00 = Rp 11. 100,00
Sewa tempat untuk berjualan = Rp 400.000,00 +
Total dari biaya tetap = Rp 525.500,00
Biaya tidak tetap
Belanja untuk bahan Rp 150.000,00 x 30 = Rp 4.500.000,00
Pembelian untuk listrik, gas, kebersihan, keamanan dll = Rp 150.000,00
Total dari biaya tidak tetap = Rp 4.650.000,00+
Total dari biaya operasional = Rp 5.175.500,00

3. Penerimaan setiap bulan
Penjualan dari pempek 30 porsi x Rp 8.000,00 x 30 hari = Rp 7.200.000,00

4. Keuntungan
= Rp 7.200.000,00 – Rp 5.175.500 = Rp 2.024.500,00

Semoga informasi mengenai peluang bisnis Pempek Palembang ini bisa menginspirasi Anda. Semangat dan sukses selalu.

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates