Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Merangsang Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Cara Merangsang Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Cara Merangsang Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Cara Merangsang Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Cara Merangsang Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Cara Merangsang Kontraksi Agar Cepat Melahirkan – Ketika memasuki usia kehamilan trimester akhir tentunya perasaan ibu hamil campur aduk. Mungkin saja merasa senang atau juga khawatir. Biasanya kondisi seperti ini lcenderung terjadi pada wanita yang baru pertama kali melahirkan. Dengan kata lain bagi wanita yang belum memiliki pengalaman sebelumnya.

Perasaan cemas maupun khawatir yang dirasakan oleh ibu yang akan melahirkan pada dasarnya bersifat sangat wajar. Namun dalam hal ini perlu pengelolaan emosi sehingga tidak akan berpengaruh pada kesehatan janin serta kelancaran proses melahirkan.
Pada kehamilan trimester ketiga / kehamilan trimester akhir, yang perlu diperhatikan yakni asupan nutrisi serta ibu hamil harus menghindari stress. Bagaimanapun stress adalah salah satu hal yang menjadi penghambat proses melahirkan.

Ibu hamil baiknya mempersiapkan fisik serta mental menjelang proses persalinan. Hemdaknya ibu hamil mulai memperbanyak informasi seputar melahirkan serta merawat bayi. Namun hindari mendengarkan cerita pengalaman buruk dari orang-orang yang pernah melahirkan sebelumnya, namun secara tidak normal. Hal ini dapat menghambat proses melahirkan secara normal. Semua ibu hamil tentunya ingin melahirkan dengan cara normal serta lancar tanpa adanya gangguan apapun. Lalu bagaimana cara agar proses kontraksi dapat berjalan dengan lancar dan normal? Berikut tipsnya.

Tips untuk Merangsang Kontraksi Agar Cepat Melahirkan
1. Jalan Santai
Memasuki trimester akhir tentunya Anda sudah tidak sabar lagi untuk menantikan kelahiran sang buah hati anda. Biasanya, jika sudah memasuki hitungan waktu untuk melahirkan, kemunkinan Anda akan mulai merasakan tanda-tanda kontraksi. Lantas bagaimana jika hal itu belum juga terjadi? Pakar kesehatan menganjurkan bagi ibu hamil trimester akhir untuk melakukan beberapa kegiatan sehat, contohnya berjalan kaki santai di pagi hari. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang tergolong kegiatan sehat, apalagi jika dilakukan oleh ibu hamil.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan ketika melakukan kegiatan ini yakni sebaiknya Anda didampingi oleh orang-orang terdekat anda, seperti suami atau anggota keluarga lainnya. Hal ini bermanfaat untuk menghindari kejadian yang tidak kita inginkan. Disamping itu, usahakan supaya tidak terlalu lelah serta hindari jalanan terjal dan menanjak. Lakukan kegiatan jalan kaki yang santai pada area yang datar serta rata. Hal ini bertujuan untuk menghindari Anda terjatuh yang bisa membahayakan kehamilan.

2. Senam Hamil
Hal selanjutnya yang dapat dilakukan untuk merangsang kontraksi yaitu dengan cara melakukan senam hamil. Kegiatan ini termasuk kegiatan yang sangat bagus bagi ibu hamil karena dapat membantu merangsang / memperlancar kontraksi. Lakukan gerakan-gerakan senam yang efektif dengan bimbingan instruktur serta jangan sampai terlalu kelelahan.

3. Stimulasi Puting
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa putting susu merupakan salah satu bagian yang paling sensitive dari tubuh seorang wanita. Lalu, untuk merangsang kontraksi maka dapat melakukan stimulasi putting susu. Saat disentuh maka puting akan melepaskan senyawa yaitu hormon oksitosin yang dapat membantu mempercepat proses kontraksi. Akan tetapi dalam melakukan stimulasi puting sebaiknya dilakukan sebentar saja serta jangan berlebihan. Hal ini dikarenakan stimulasi puting yang belebihan dapat menyebabkan kontraksi kuat juga panjang. Hal ini tentu saja bisa menjadi hal yang berbahaya.

4. Berhubungan Intim Dengan Suami
Stimulasi lain yang dapat dilakukan guna memperlancar kontraksi yaitu dengan cara melakukan hubungan intim dengan suami pada akhir kehamilan. Perlu Anda ketahui bahwa cairan sperma pada suami mengandung hormone prostaglandin yang bisa membantu melunakkan leher Rahim (serviks) sehingga bisa lebih cepat membuka. Dengan begitu maka akan hal ini merangsang proses kontraksi.

Namun Anda harus berhati-hati serta lakukanlah hubungan intim dengan posisi yang aman. Berhubungan intim selama kehamilan memang tidak dilarang selama dilakukan dengan posisi yang benar, baik dan aman sehingga tidak membahayakan kehamilan dan janin didalamnya. Anda juga tidak dianjurkan untuk melakukan hubungan intim dengan suami apabila air ketuban di dalam Rahim sudah pecah. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya infeksi pada Rahim, dan jelas ini sangat berbahaya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara merangsang kontraksi agar cepat melahirkan dengan normal. Semoga bermanfaat.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates