Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Infertilitas Pada Wanita

Ketahui Penyebab Infertilitas Pada Wanita

Ketahui Penyebab Infertilitas Pada Wanita

Ketahui Penyebab Infertilitas Pada Wanita

Ketahui Penyebab Infertilitas Pada Wanita

Ketahui Penyebab Infertilitas Pada Wanita – Gangguan yang terjadi terhadap kesuburan sangat menganggu pada kehidupan rumah tangga sepasang suami dan istri. Masalah kesuburan dapat menyerang siapa saja tanpa memandang pria atau wanita. Hal tersebut diakibatkan oleh banyak sekali hal yang dapat mempengaruhi sistem reproduksi pada wanita maupun pria.

Pada seorang wanita kualitas sel telur yang diproduksi rata-rata 28 hari sekali, namun bisa saja dipengaruhi oleh banyak faktor dengan demikian kehamilan sukar terjadi. Sementara pada seorang pria meski dapat memproduksi sperma kapanpun ada waktu atau keadaan tertentu dimana kualitasnya akan menurun sehingga mengakibatkan pembuahan sulit terjadi.

Pada seorang wanita, terdapat siklus yang mengakibatkan masa tertentu wanita dapat kurang subur atau tidak subur, sementara untuk masa lainnya, wanita tersebut dalam kondisi subur. Kesuburan pada wanita dapat meningkat pesat selama beberapa hari tertentu saja.

Biasanya dua hari sebelum serta dua hari sesudah masa ovulasi. Ovulasi merupakan pematangan sel telur dengan demikian siap untuk dibuahi. Ketentuan ini tidaklah universal serta dialami secara berbeda-beda dari seorang wanita yang satu dengan lainnya.

Gangguan pada hormone dapat menyebabkan infertilitas pada seorang wanita meskipun sebenarnya banyak sekali penyebab infertilitas pada seorang wanita. Untuk mengetahui lebih dalam terkait infertilitas pada wanita, berikut penjelasan penyebab infertilitas pada wanita, diantaranya:

1.    Akibat Penyumbatan Saluran Telur (Ovarium)
Saluran telur atau ovarium bisa mengalami penyumbatan atau penutupan sebagai akibat penyakit menular seksual serta radang panggul yang mengakibatkan sel telur tidak bisa ditemui oleh sel sperma.

2.    Akibat Adanya Kista
Sumbatan pada bagian saluran telur juga dapat terjadi akibat kista. Kista merupakan tumor jinak yang tumbuh pada dinding saluran telur dimana benjolan berisi air, terkadang benjolan tersebut berbentuk seperti sekumpul buah anggur.

3.    Akibat Masalah Endometriosis
Selain itu penyumbatan juga dapat terjadi akibat endometriosis. Pada penyakit yang satu ini hormon estrogen akan merangsang tumbuhnya jaringan endometrium terjadi kelainan dengan demikian pertumbuhan jaringan tersebut akan terjadi pada saluran telur. Endometrosis merupakan salah satu bentuk kista bersifat non-neoplastis atau dapat kempis dengan sendirinya. Endometrosis dapat diatasi dengan terapi hormon, supaya tidak terjadi hipoestrogenik atau terjadi kekurangan estrogen.

4.    Akibat Ketidakseimbangan pH
Selain itu keadaan kesehatan reproduksi wanita dapat mempengaruhi kesuburannya. Seorang wanita tidak dapat mengetahui kondisi pH lendir leher rahim. Apabila keseimbangan terganggu serta lingkungan lendir leher rahim dalam kondisi asam, dengan demikian sperma akan mudah mati. Apabila lendir terlalu kental, gerakan sperma juga akan terbatas. Apabila sperma tidak segera membuahi sel telur dalam waktu 2 sampai 3 hari, sehingga sperma bisa mati.

5.    Akibat Melencengnya Posisi Mulut Rahim
Kelainan pada sistem reproduksi misalnya melencengnya posisi mulut rahim maka tidak dapat terhubung dengan vagina secara langsung, dan menyebabkan pembuahan tidak akan terjadi.

6.    Akibat Berat Badan Terlalu Tinggi
Wanita yang mempunyai berat badan yang tidak seimbang cenderung akan mengalami infertilitas. Pada saat menstruasi, wanita memerlukan 17% lemak tubuh pada awal periode, serta 22% sepanjang periode. Dalam tubuh wanita Lemak digunakan karena mengandung enzim aromatase yang dibutuhkan pada saat produksi hormon estrogen. Apabila lemak terlalu sedikit dengan demikian kesuburan akan berkurang.

7.    Factor Usia Yang Bertambah
Wanita akan menjadi kurang subur pada saat memasuki usia 35 tahun. Pengurangan ini dapat terus terjadi sampai akhirnya terjadi menopause. Menopause merupakan berhentinya siklus menstruasi secara fisiologi. Yang diakibatkan berkurangnya produksi hormon pembentuk hormon untuk merangsang terbentuknya sel telur pada perempuan.

8.    Factor Terjadinya Menopause
Proses pra-menopause akan terjadi pada saat wanita mencapai usia 40 tahun.

9.    Factor Stress (Mental Tertekan)
Keadaan mental dan emosional wanita juga memiliki peran yang sangat besar untuk terjadi infertilitas. Wanita zaman sekarang semakin aktif dengan kehidupan super cepat serta kompetitifnya. Wanita akan  mudah sekali terkena stress.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates