Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Manfaat Lidah Mertua Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lidah Mertua Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lidah Mertua Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lidah Mertua Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lidah Mertua Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lidah Mertua Untuk Kesehatan Tubuh – Lidah mertua atau disebut sansivieria merupakan salah satu tanaman apotek hidup yang sangat terkenal baik nama ataupun manfaatnya. Masyarakat Indonesia dengan menggunakan tanaman ini tidak hanya sebagai hiasan di ruang tamunya akan tetapi berfungsi juga sebagai tanaman kesehatan ataupun kecantikan.

Tanaman lidah mertua ini berasal dari Afrika. Kandungan dari tanaman ini merupakan pada setiap helai mengandung pregnane glycoside yang dapat membantu menguraikan senyawa beracun menjadi senyawa organic yang dapat mudah di uraikan. Selain itu terdapat suatu senyawa organic yang cukup baik untuk manusia, misalnya gula dan asam amino.

Tanaman ini bisa menguraikan racun seperti karbon dioksida (CO2), menguraikan benzene, formal dehid, menguraikan kloroform, dan menguraikan tri kotilen. Berikut uraian manfaat lidah mertua, diantaranya:

1. Sebagai Penyerap polusi terbanyak
Tanaman ini merupakan termasuk menjadi salah satu tanaman yang dapat menampung polusi terbanyak di antara tanaman yang ada. yaitu sekitar 107 polutan dapat di serap dalam tubuh serta di keluarkan lagi dalam bentuk oksigen. Sangat bekerja baik apabila hendak menggunakan tanaman ini sebagai penghias ruang tamu sekaligus sebagai penyerap polutan rokok apabila ada anggota keluarga yang merokok. Polutan atau polusi bisa menjadi salah satu penyebab kanker yang paling mematikan.

2. Dapat Membantu menyerap radiasi
Lidah mertua sangat aktiv dalam membantu menyerap radiasi. Salah satunya radiasi yang dapat ditimbulkan oleh elektronik.

3. Kandungannya Kaya akan produksi oksigen (O2)
Sansiviera merupakan salah satu tanaman dengan penghasil oksigen tinggi. Klorofil yang melimpah bisa membantunya mempercepat dalam melakukan fotosintesis. Dengan demikian menyebabkan tingkat oksigen yang diperoleh oleh tanaman tinggi.

4. Sebagai antiseptic
Lidah mertua bersifat anti racun yang baik. Tanaman ini sangat baik jika digunakan sebagai antiseptic dalam membunuh kuman.

5. Sebagai hair tonik alami
Bagi seseorang yang menginginkan rambut halus serta indah alami dapat menggunakan tanaman ini. Tanaman sansiviera adalah salah satu tanaman yang sangat baik untuk memelihara rambut. Selain dapat melembutkan, sansieviera juga bisa digunakan sebagai penghalus serta penyegar rambut alami.

6. Dapat Membantu mengobati wasir
Tanaman lidah mertua ternyata juga dapat di gunakan sebagai obat. Wasir adalah salah satun penyakit yang mengakibatkan penderitanya susah menjalani buang air besar. Agar bisa membantu melancarkan proses pembuangannya yaitu dengan menggunakan lidah mertua. Karena tanaman ini kaya akan serat yang dapat membantu untuk memperbaiki pencernaan.

7. Dapat Membantu menyembuhkan sakit kepala
Sakit kepala dapat mengganggu anda pada saat menjalani aktivitas baik ringan ataupun berat. Meskipun tergolong ke dalam penyakit ringan, akan tetapi hal ini menjadi gangguan untuk seesorang. Oleh karena itu harus dilakukan penyembuhan terlebih dahulu. Salah satunya yaitu dengan menggunakan tanaman lidah mertua yang dengan cara di bakar.

8. Dapat Membantu menurunkan resiko diabetes
Tanaman Sansiviera ternyata baik untuk mengatasi penyakit degenerative parah seperti diabetes. Penyakit ini mengakibatkan anda tidak bisa konsumsi makanan manis karena kadar gula dalam darah sudah dalam kadar tinggi. Dalam membantu menetralkannya yaitu dengan menggunakan campuran daun lidah buaya yang sudah di rebus. Tunggulah hingga dingin lalu ambil sarinya untuk di minum.

9.  Dapat membantu mengurangi sick building syndrome
Salah satu manfaat yang dapat di hasilkan oleh lidah mertua yaitu sebagai obat atau dapat membantu mengatasi gejala sick building syndrome. Yaitu suatu kondisi dimana ruangan yang dihuni oleh orang orang mempunyai kandungan karbon dioksida (CO2), kandungan nikotin, serta efek penggunaan AC yang tinggi. Hal ini dapat di atasi dengan meletakkan tanaman lidah buaya pada tempat tempat seperti ini. Kemudian sanseviera dapat menyerap zat yang tidak berguna tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates