Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Manisnya Bisnis Cokelat Souvenir Di Rumah

Manisnya Bisnis Cokelat Souvenir Di Rumah

Manisnya Bisnis Cokelat Souvenir Di Rumah

Manisnya Bisnis Cokelat Souvenir Di Rumah

Manisnya Bisnis Cokelat Souvenir Di Rumah

Manisnya Bisnis Cokelat Souvenir Di Rumah – Cokelat adalah salah satu jenis dari makanan yang banyak digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orangtua semuanya suka makan cokelat. Sekarang ini, cokelat tidak hanya dapat dilihat dari sisi kelezatan rasanya saja. Namun, cokelat juga harus mendapatkan sentuhan kreativitas supaya semakin unik dan menarik bagi para konsumennya.

Dari situlah Anda bisa menemukan peluang bisnis rumahan yang sangat menggiurkan. Anda juga bisa membuat berbagai macam bentuk cokelat yang bisa dibuat dengan menggunakan alat cetak. Tugas Anda hanyalah mempelajari tentang bagaimana cara serta teknik pembuatan cokelat aneka bentuk tersebut. Cobalah untuk bisa berkreasi dengan membuat bentuk cokelat yang unik serta sangat menarik.

Jika Anda telah mahir dalam membuat cokelat dengan aneka bentuk yang unik, Anda dapat langsung memasarkan cokelat buatan Anda tersebut ke warung-warung, atau membuka gerai di rumah atau juga bisa juga menerima pesanan sebagai souvenir berbagai acara seperti acara ulang tahun, acara pernikahan dan lain sebagainya. Peluang dari bisnis ini cukup mudah sehingga patut untuk Anda coba.

Konsumen
Sebagian besar dari masyarakat menggemari makanan manis terutama cokelat, tidak hanya anak-anak saja bahkan para orangtua pun menyukai makan cokelat tanpa harus memandang pria ataupun wanita. Tidak hanya itu saja, sekarang ini cokelat juga sudah banyak digunakan sebagai souvenir maupun bingkisan dihari-hari yang spesial seperti hari ulang tahun dan lain sebagainya. Melihat begitu banyaknya para peminat dan penikmat cokelat serta luasnya potensi pasar, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba menjadikan cokelat souvenir ini sebagai peluang bisnis baru.

Memulai Bisnis
Untuk bisa menjalankan peluang bisnis cokelat souvenir ini tidaklah sangat sulit, yang pertama perlu Anda persiapkan adalah modal bisnis usaha dan beberapa hal lainnya seperti berikut ini :

1. Memperkaya ilmu pengetahuan serta keterampilan dalam membuat cokelat yang lezat salam bentuk-bentuk yang unik.

2. Perbanyak referensi tentang cokelat dengan membaca buku maupun dengan mencari informasi melalui internet.

3. Pilihlah bahan-bahan utama untuk membuat cokelat dengan kualitas terbaik.

4. Siapkan etalase untuk bisa memajang barang dagangan Anda di gerai rumah.
Keuntungan Bisnis

Bisnis cokelat souvenir cocok untuk dijadikan sebagai peluang bisnis baru untuk para ibu – ibu di rumah, sebab saat ini peminat cokelat semakin hari semakin meningkat. Sehingga peluang pasarnyapun juga sudah menjadi semakin besar. Proses untuk bisa memproduksi cokelat souvenir juga relative sangat mudah, sehingga semua orang juga bisa menekuni bisnis ini terutama kaum ibu. Selain itu, bisnis cokelat souvenir juga tidak akan membutuhkan modal usaha yang terlalu besar, sebagai alternatif bisnis skala industry rumahan, Anda bisa menggunakan peralatan produksi dengan barang-barang perabot rumah tangga yang sudah tersedia di rumah. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan modal usaha yang besar untuk bisa mendapatkan keuntungan besar dari peluang bisnis cokelat souvenir ini.

Hambatan Bisnis
Dalam menjalankan bisnis cokelat souvenir ini, pastinya Anda akan menemui beberapa hambatan yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Adanya persaingan pasar dengan bisnis yang sejenis. Hambatan ini adalah salah satu dari permasalahan yang wajar serta umum terjadi. Dalam menyikapinya, pelaku bisnis harus meningkatkan kemampuan dalam menciptakan suatu produksi yang semakin inovatif serta berkualitas.

2. Kesulitan di dalam mendapatkan bahan baku.

3. Tidak munculnya ide kreatif sehingga bisa membuat pelaku bisnis hanya bisa memproduksi cokelat souvenir dengan rasa serta bentuk yang itu-itu saja.

Strategi Pemasaran
Untuk bisa mengenalkan bisnis cokelat souvenir rumahan yang Anda jalankan, Anda bisa menggunakan strategi pemasaran melalui bazaar ataupun pameran-pameran makanan yang sering ada atau diadakan di kota Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan strategi pemasaran dengan menitipkan produk cokelat tersebut di toko-toko kue atau anda membuat gerai sendiri di depan rumah atau juga bisa menitipkannya di supermarket yang ada disekitar tempat tinggal Anda. Penggunaan teknologi seperti internet juga dapat menjadi salah satu strategi pemasaran dalam bisnis Anda, yaitu dengan cara Anda memperkenalkan produk kreasi cokelat yang Anda buat hingga ke pelosok pelosok daerah sekalian. Pemasaran online yang dapat digunakan antara lain adalah dengan membuat website atau blog untuk dapat membuka toko online cokelat souvenir. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menggunakan jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Google Plus dan lain sebagainya yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka lapak dagang di dunia maya.

Kunci Sukses
Kunci sukses dalam menjalankan bisnis cokelat souvenir ini adalah terletak pada kreativitas serta inovasi produk yang Anda tawarkan. Dengan menciptakan berbagai macam varian cokelat dengan aneka rasa dan juga bentuk yang sangat unik serta menarik, maka minat para konsumen juga pasti akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, supaya produk cokelat rumahan yang Anda buat tidak kalah enaknya dengan cokelat – cokelat import, maka alangkah baiknya jika Anda mencoba meningkatkan kemampuan serta pengetahuan dalam bidang tersebut.

Analisa Ekonomi
1. Modal awal :
Modal untuk bahan baku cokelat dan bahan pembantu = Rp 400.000,00
Peralatan untuk masak = Rp 1.000.000,00
Modal untuk Spanduk reklame dan peralatan lain-lain = Rp 500.000,00 +
Jumlah total modal awal = Rp 1.900.000,00

2. Perkiraan dari pendapatan (rata-rata)
Cokelat kemasan toples :
60 toples x Rp 30.000,00 = Rp 1.800.000,00
cokelat kemasan bungkus :
300 bungkus x Rp 2.000,00 = Rp 600.000,00 +
Jumlah totalnya = Rp 2.400.000,00

3. Pengeluaran satu bulan :
Biaya untuk produksi :
Biaya bahan baku dan bahan pembantu = Rp 400.000,00 (-)
Laba kotor untuk satu bulan = Rp 2.000.000,00

4. Biaya operasional dan umum :
Gaji untuk 1 pegawai = Rp 600.000,00
Penyusutan untuk peralatan = Rp 20.000,00
Biaya untuk listrik, gas dan air = Rp 300.000,00
Biaya untuk promosi dan marketing = Rp 180.000,00 +
Jumlah total = Rp 1.100.000,00

5. Laba bersih untuk 1 bulan :
Laba kotor 1 bulan – Biaya operasional
Rp 2.000.000,00 – Rp 1.100.000,00 = Rp 900.000,00

Semoga informasi mengenai peluang bisnis coklat ini dapat menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang bisa Anda coba jalankan dengan mudah.

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates