Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang bisnis Aksesoris Wanita

Peluang bisnis Aksesoris Wanita

Peluang bisnis Aksesoris Wanita

Peluang bisnis Aksesoris Wanita

Peluang bisnis Aksesoris Wanita

Peluang bisnis Aksesoris Wanita – Menjadi ibu rumah tangga tidak lantas menutup semua peluang Anda untuk bisa sukses dan merintis menjadi seorang pengusaha. Sembari memenuhi segala sesuatu kebutuhan keluarga, Anda dapat mendatangkan tambahan penghasilan dengancara merintis peluang usaha modal kecil bagi kalangan ibu di rumah. Salah satunya saja adalah seperti membuat aneka aksesoris wanita untuk bisa mendatangkan omzet tambahan setiap bulan.

Bagi kalangan ibu rumah tangga, menekuni bisnis semacam aksesoris wanita memang sangat menjanjikan. Kodrat dari wanita yang senang berdandan serta menomorsatukan masalah penampilan dan menjadikan peluang bisnis aksesoris wanita ini seakan-akan tidak pernah ada habisnya. Bahkan tidak hanya itu saja, peluang dari usaha modal kecil ini juga dapat dijalankan dengan mudah serta murah. Sehingga tidak heran jika kebanyakan ibu rumah tangga memilih peluang usaha modal kecil ini sebagai bisnis usaha sampingan di rumah.

Target pasar yang dapat dibidik
Hampir semua wanita menyukai aksesoris. Baik itu aksesoris wanita yang berupa gelang, kalung, cincin, giwang, anting-anting, bros atau juga korsase, pita rambut, bando maupun bandana, semua itu banyak dicari oleh kaum hawa mulai dari kalangan anak-anak sampai konsumen ibu rumah tangga. Sebagai salah satu untuk bisa menunjang penampilan wanita, aksesoris memang cukup laris di pasaran kaum hawa. Peluang inilah yang dapat Anda optimalkan dengan baik untuk bisa mendatangkan tambahan penghasilan bagi peningkatan ekonomi keluarga Anda.
Memulai bisnis kecil dengan membuat aksesoris wanita

Meskipun aksesoris hanya berfungsi sebagai penunjang bagi penampilan wanita, namun pada kenyataannya keberadaan dari aksesoris banyak dicari para konsumen. Karenanya bagi Anda kalangan ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian atau passion khusus untuk bisa memproduksi beragam jenis produk aksesoris wanita, berikut kami akan informasikan beberapa langkah mudah yang bisa dijalankan oleh Anda di dalam menekuni bisnis aksesoris wanita dengan modal yang terbilang sangat murah.

1. Sebagai manusia yang kreatif, tentunya wanita tidak akan kesulitan untuk memproduksi aneka macam aksesoris. Anda dapat memanfaatkan hobi, skill, ataupun passion yang dimiliki untuk bisa menciptakan aksesoris wanita baik dengan menggunakan manik-manik, kain perca, benang rajut, dan teknik handmade lainnya.

2. Sebelum Anda memproduksi sebuah produk, ada baiknya jika Anda melakukan riset pasar untuk bisa mengetahui trend aksesoris apa saja yang sekarang ini sedang booming di pasaran. Misalnya saja seperti bros untuk jilbab, gelang wanita, kalung wanita dan lain sebagainya.

3. Untuk menghemat modal dari usaha, ada baiknya jika Anda memilih bahan baku yang bisa terbilang cukup murah dan mudah untuk di dapatkan di pasaran bebas. Sebut saja seperti kain perca, kain flannel,batu manik-manik, akrilik dan lain sebagainya. Anda juga bisa mendapatkan bahan-bahan tersebut dengan mudah di beberapa toko grosir bahan souvenir yang sudah banyak tersebar di berbagai daerah.

4. Agar omzet dari penjualan Anda cepat meningkat, ada baiknya jika Anda memperluas jangkauan pemasaran. Untuk sistem online Anda dapat memasarkannya melalui social media, sedangkan untuk pemasaran konvensional Anda dapat menitipkan produk aksesoris tersebut di beberapa toko swalayan, butik-butik, toko baju atau toko aksesoris, maupun di sekolah dan juga kampus yang didominasi oleh kaum hawa.

5. Bila dirasa peluang dari bisnis ini telah berjalan dengan stabil, tidak ada salahnya jika Anda mulai menerima pemesanan dalam jumlah yang besar. Dengan begitu, Anda tidak hanya dapat membidik konsumen akhir namun juga mampu menjaring para agen ataupun reseller yang sedang mencari produk aksesoris wanita dengan harga yang tentunya grosiran.

Keuntungan bisnis aksesoris wanita
Sampai saat ini, kalangan ibu rumah tangga maupun remaja putri masih menjadikan aksesoris sebagai penunjang di dalam penampilan mereka. Dengan tambahan aksesoris yang dikenakannya, setiap wanita akan merasa semakin percaya diri serta terlihat lebih mempesona. Hal inilah yang akan membuat prospek bisnis ibu rumah tangga ini masih terlihat cukup cerah, dan tidak menutup kemungkinan jika setiap harinya produk aksesoris Anda juga akan laris manis diborong oleh para pelanggan.

Melihat peluang dari usaha aksesoris wanita semakin hari semakin meningkat peminatnya, ada baiknya jika Anda mulai untuk meningkatkan nilai jual produk Anda dengan merangkai sendiri produk aksesoris yang dipasarkan. Untuk mengasah keterampilan dalam merangkai aksesoris wanita, Anda dapat belajar secara otodidak dengan menggunakan buku panduan yang banyak beredar di pasaran bebas .

Kendala dari bisnis aksesoris wanita bermodal kecil
Disamping dari keuntungannya yang dibilang cukup besar, dalam menjalankan peluang usaha modal kecil ini terkadang kita juga akan dihadapkan dengan beberapa kendala maupun resiko usaha yang tidak kalah besar. Salah satunya saja seperti resiko persaingan di pasar yang cukup ketat, baik itu persaingan bisnis dari sesama pelaku usaha kecil ataupun persaingan pasar dengan produk-produk aksesoris serupa yang di buat oleh pabrik seperti aksesoris murah yang langsung didatangkan dari Negara China.

Kendati jika dilihat dari segi kualitasnya, produk handmade buatan industri rumahan memiliki detail yang lebih cantik serta bernilai seni cukup tinggi, namun saat ini produk aksesoris wanita yang langsung didatangkan dari Negara China dipasarkan dengan kisaran harga yang relatif lebih murah. Sehingga tidak heran jika pada akhirnya sebagian konsumen memilih produk aksesoris dari China, dibandingkan dengan produk aksesoris yang Anda coba pasarkan. Untuk mengantisipasi tantangan tersebut, pastikan jika aksesoris yang Anda produksi menawarkan keunikan yang tidak bisa diproduksi oleh pabrikan. Dalam hal ini Anda bdapat menggunakan bahan-bahan natural atau memilih desain unik yang mewakili bisa ciri khas brand Anda.

Pemasaran bisnis aksesoris wanita
Walaupun bisnis aksesoris yang Anda coba jalankan masih terbilang industri rumahan, namun jangan langsung berkecil hati dan merasa minder dengan produk aksesoris buatan pabrik. Untuk mempromosikannya secara luas, Anda dapat memulai untuk aktif mengikuti berbagai macam kegiatan seperti bazar ataupun acara lain seperti pameran. Semakin sering Anda mengikuti berbagai macam acara seperti pameran dan bazar, maka akan semakin banyak pula calon konsumen yang akan mengetahui keberadaan bisnis Anda. Agar tidak kalah bersaing dengan produk pabrik, lengkapi pula produk aksesoris yang Anda pasarkan dengan merek atau brand yang ingin Anda coba perkenalkan. Dengan begitu, calon konsumen juga akan lebih mudah untuk bisa mengenali dan membedakan produk aksesoris yang Anda coba produksi dengan produk lainnya milik para pesaing.

Selain fokus untuk dapat melayani pembelian ecer, Anda juga dapat membuka peluang kerjasama dengan para agen ataupun reseller yang tertarik membeli produk Anda dalam jumlah besar. Untuk bisa meningkatkan loyalitas pelanggan grosir yang membeli produk dalam jumlah yang besar, Anda bisa memberikan potongan harga khusus hanya bagi mereka. Misalnya saja bagi konsumen yang melakukan transaksi pembelian minimal di angka Rp 500.000,00 Anda dapat memberikan diskon sebesar 10%, dan bagi mereka yang melakukan pembelian lebih dari angka Rp 1 juta bisa Anda berikan akan diskon sebesar 25%. Dengan menerapkan strategi itu, para pelanggan grosir ataupun reseller yang Anda miliki tidak akan berpaling ke produsen lain dan akan semakin tertarik untuk melakukan pembelian yang lebih besar.

Kunci sukses bisnis aksesoris wanita
Memperkaya pengetahuan serta kemampuan seputar bisnis aksesoris wanita adalah menjadi kunci utama Anda untuk bisa meraih sukses di bidang ini. Mengingat selera wanita terhadap suatu produk fashion cenderung cepat berubah, maka penting bagi Anda untuk bisa selalu mengikuti trend pasar agar aksesoris yang Anda sedang produksi masih tetap dilirik oleh para calon konsumen.

Analisa Ekonomi
Asumsi
Memproduksi aksesoris wanita dari kain perca

1. Modal awal
Peralatan seperti gunting, lem tembak, jarum, tang kecil = Rp 100.000,-
Biaya membeli rak display aksesoris wanita = Rp 500.000,-
Biaya membeli buku panduan membuat aksesoris wanita = Rp 150.000,- +
Total dari modal awal = Rp 750.000,-

2. penyusutan
Peralatan tentu akan mengalami penyusutan setelah 2 tahun pemakaian:
1/24 x Rp 750.000,- = Rp 31.250,-

3. Biaya operasional setiap bulan
Bahan seperti kain, peniti bros, cincin polos, rantai kalung @ Rp 150.000 x 25 hari kerja = Rp 3.750.000,-
Biaya promosi untuk cetak label, kemasan serta pulsa internet) = Rp 300.000,-
Biaya untuk transportasi @ Rp 15.000 x 25 hari = Rp 375.000,- +
Total biaya operasional setiap bulan = Rp 4.425.000,-

4. Omzet setiap bulan
Penjualan untuk cincin per bulan: @ Rp 5.000 x 100 pcs = Rp 500.000,-
Penjualan untuk gelang per bulan: @ Rp 10.000 x 100 pcs = Rp 1.000.000,-
Penjualan untuk kalung per bulan: @ Rp 25.000 x 50 pcs = Rp 1.250.000,-
Penjualan untuk bando dan bandana: @ Rp 10.000 x 75 pcs = Rp 750.000,-
Penjualan untuk jepit rambut: @ Rp 3.000 x 300 pcs = Rp 900.000,-
Penjualan untuk bros jilbab: @ Rp 5.000 x 300 pcs = Rp 1.500.000,- +
Total omzet setiap bulan = Rp 5.900.000,-

5. Laba bersih setiap bulan
Rp 5.900.000 – Rp 4.425.000 = Rp 1.475.000,-

Semoga informasi mengenai peluang usaha modal kecil dengan membuat aksesoris wanita ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca serta menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi kalangan ibu rumah tangga yang ingin mencoba mendapatkan tambahan penghasilan setiap bulannya….

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates