Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Burger Ikan Laut

Peluang Bisnis Burger Ikan Laut

Peluang Bisnis Burger Ikan Laut

Peluang Bisnis Burger Ikan Laut

Peluang Bisnis Burger Ikan Laut

Peluang Bisnis Burger Ikan Laut – Hamburger atau biasa juga disebut burger merupakan kuliner yang berasal dari Eropa. Burger sangat identik dengan yang namnya roti bulat yang diiris menjadi 2 bagian, kemudian diisi dengan saus mayonaise, selada, keju dan juga daging. Beberapa ini sudah burger mulai populer di Negara Indonesia, sehingga tidak heran jika seiring dengan berjalannya waktu banyak sekali outlet burger yang mulai bermunculan.

Selama ini kuliner burger memang banyak dikenal oleh kalangan masyarakat sebagai makanan junk food dan kurang baik bagi kesehatan tubuh jika terlalu sering di dalam menkonsumsinya. Namun, anggapan dari kuliner kurang sehat ini tentunya dapat diubah menjadi salah satu kuliner yang banyak mengandung gizi. Caranya adalah dengan menghadirkan olahan dari hasil ikan laut sebagai pengganti dari irisan daging di dalam burger.

Banyaknya peluang usaha baru yang semakin cerah dengan berbagai aneka olahan ikan, maka kuliner burger ikan laut pun dapat menjadi salah satu peluang usaha baru yaitu usaha kuliner yang cocok untuk dijadikan sebagai bisnis utama maupun bisnis sampingan. Karena usaha burger ikan laut ini dapat dimulai dari modal kecil. Jika Anda tertarik untuk mulai membuka usaha burger ikan laut ini maka Anda dapat membuka usaha ini di tempat-tempat yang potensial seperti di tempat nongkrong anak-anak muda, komplek perumahan, kampus, sekolahan dan lain sebagainya.

Konsumen
Burger dengan menggunakan olahan dari ikan laut sebagai salah satu isi di dalamnya ini jauh lebih sehat untuk di makan setiap hari bagi para penikmat dan juga penggemar burger. Segmen pasar untuk bisnis usaha kuliner burger ikan laut adalah semua masyarakat dari segala usia, mulai dari anak-anak samapi orang dewasa semuanya dapat mengonsumsi burger sehat dari olahan ikan laut ini. Khususnya bagi para kaum wanita serta ibu rumah tangga yang super sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk bisa memasak.

Memulai Bisnis makanan cepat saji
Burger ikan laut terbuat dari berbagai macam olahan ikan laut yang sudah dilumatkan dengan ditambahkan sedikit tepung tapioka serta bumbu-bumbu lain sebagai pelengkapnya. Ikan yang biasa digunakan untuk membuat burger ikan ini adalah jenis ikan laut yang mempunyai daging tebal serta dagingnya berwarna putih dan juga memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah untuk di lumat. Di dalam usaha burger ikan laut ini Anda bisa menggunakan ikan kakap atau tenggiri talang-talang atau bisa juga menggunakan cumi-cumi.
Perlengkapan dari usaha burger ikan laut yang harus disiapkan adalah gerobak atau etalase yang digunakan untuk berjualan. Usahakan untuk membuat gerobak semenarik mungkin dan juga unik sehingga dapat menunjukkan jenis usaha kuliner Anda serta mampu untuk menarik konsumen lebih banyak lagi. Selain gerobak jualan, pelaku usaha juga harus menyiapkan peralatan memasak seperti tabung gas, kompor, wajan anti lengket beserta spatula, boks pendingin kecil yang berguna untuk menyimpan ikan, aneka wadah dan peralatan lainnya.

Keuntungan Bisnis
Peluang dari bisnis usaha burger ikan laut memang sangat menjanjikan. Penyajiannya yang sangat praktis akan membuat salah satu makanan cepat saji ini banyak sekali diminati oleh konsumen, terutama bagi orang-orang yang super duper sibuk. Selain itu, burger ikan laut juga baik bagi kesehatan tubuh manusia sehingga konsumen tidak perlu lagi khawatir untuk mengkonsumsinya. Kondisi inilah yang akan memberikan keuntungan sangat besar bagi para pelaku bisnis ini, karena berdasarkan pengamatan bahwa potensi pasar untuk bisnis usaha burger ikan laut juga akan semakin besar.

Hambatan Bisnis
Di dalam menjalankan sebuah bisnis usaha pasti akan melewati sebuah hambatan maupun resiko, baik hambatan atau risiko yang kecil maupun besar. Resiko untuk usaha kuliner burger ikan laut ini adalah kenaikan bahan baku terutama ikan laut. Untuk itu, sebaiknya Anda mencoba untuk membeli ikan laut langsung dari pemasok begitu juga dengan bahan baku rotinya.
Terkadang, muncul juga isu bahwa ikan menjadi bahan baku kita adalah ikan busuk dan lain sebagainya. Untuk dapat megatasinya mungkin Anda bisa mendaftarkan bisnis usaha kuliner Anda agar mendapatkan ijin usaha kecil P-IRT dan LP BPOM. Selain itu, Anda juga bisa mulai mengurus sertifikat halal MUI untuk bisnis usaha burger ikan laut Anda. Itupun jika ada anggarannya.

Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran untuk bisnis usaha kuliner ini bisa dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut atau menyebarkan brosur, atau bisa memasang banner di gerobak serta sekitar lokasi usaha Anda. Anda juga bisa membuat gerobak semenarik mungkin sertta unik yang menggunakan warna-warna cerah, sehingga konsumen akan merasa tertarik untuk membeli produk yang Anda jual.
Selain itu, Anda juga bisa memilih lokasi usaha yang strategis, misalnya saja di sekitar pusat perbelanjaan, di sekolah atau kampus, di depan minimarket, di tempat rekreasi, di taman bermain, maupun di tempat – tempat umum yang ramai pengunjung.

Kunci Sukses
Anda harus menjaga kualitas dari cita rasa makanan yang di tawarkan. Karena, di dalam menjalankan bisnis usaha kuliner cita rasa produk makanan yang dihasilkan adalah menjadi kunci utama sebuah usaha kuliner untuk bisa mencapai kesuksesan.
Selanjutnya, karena burger ikan laut adalah salah satu makanan cepat saji yang identik dengan penyajiannya yang begitu praktis. Maka pelaku usaha harus sebisa mungkin memberikan pelayanan yang terbaik, baik dari segi waktu dalam penyajian yang cepat atau dari segi kualitas dari pelayanannya.

Analisa Ekonomi
Asumsi untuk pemakaian alat :
Masa pakai untuk gerobak serta peralatan masak 2 tahun
Masa pakai untuk kursi plastik 6 buah 2 tahun

1. Investasi awal
Untuk gerobak dan peralatan masak = Rp 18.000.000,00
Untuk kursi plastik = Rp 150.000,00 +
Total investasi awal = Rp 18.150.000,00

2. Biaya operasional bulanan
Biaya tetap :
Biaya penyusutan dan peralatan masak 1/24 x Rp 18.000.000,00 = Rp 750.000,00
Biaya penyusutan kursi plastik 1/24 x Rp 150.000,00 = Rp 6.250,00
Biaya sewa tempat penjualan = Rp 500.000,00 +
Total dari biaya tetap = Rp 1.256.250,00

Biaya tidak tetap :
Biaya untuk belanja harian seperti roti, ikan,sayuran, bumbu
Rp 200.000,00 x 30 hari = Rp 6.000.000,00
Biaya pembelian gas, kebersihan, listrik, keamanan, dll = Rp 200.000,00 +
Total dari biaya tidak tetap = Rp 6.200.000,00 +
Total dari biaya operasional = Rp 7.456.250,00

3. Penerimaan setiap bulan
Penjualan @ Rp 11.000,00 x 30 burger x 30 hari Rp 9.900.000,00

4. Laba bersih setiap bulan
Keuntungan = Rp 9.900.000,00 – Rp 7.456.250, = Rp 2.443.750,00

Semoga informasi mengenai peluang bisnis bisa menjadi salah satu inspirasi bagi anda.

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates