Saturday , 21 October 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Usaha Budidaya Puyuh Telur

Peluang Bisnis Usaha Budidaya Puyuh Telur

Peluang Bisnis Usaha Budidaya Puyuh Telur

Peluang Bisnis Usaha Budidaya Puyuh Telur

Peluang Bisnis Usaha Budidaya Puyuh Telur

Peluang Bisnis Usaha Budidaya Puyuh Telur – Siapa yang merasa tidak suka dengan telur puyuh? Butiran mungil yang kaya akan gizi serta sering diolah menjadi berbagai jenis masakan. Puyuh merupakan unggas kecil yang penuh akan manfaat. Peluang bisnis untuk budidaya puyuh sangat terbuka lebar. Anda dapat memelihara puyuh untuk menghasilkan daging (pedaging) atau juga bisa sebagai penghasil telur (petelur). Pada artikel ini, kita hanya akan mencoba membahas tentang budidaya puyuh petelur.

Telur puyuh tidak dapt diragukan lagi kepopulerannya! Namun sayangnya, peternak puyuh tidak sebanyak peternak ayam broiler. Untuk itu, budidaya puyuh ini akan mempunyai pasar yang begitu sangat luas, karena kebutuhan akan produk telurnya sangatlah tinggi.

Orang-orang yang hidup di pedesaan, masih suka menangkap burung puyuh liar untuk mereka dikonsumsi. Seiring dengan perkembangan zaman, telur puyuh kini sudah bisa dibudidayakan dan diambil telurnya.

Perawatan puyuh tidaklah sulit serta tidak terlalu menguras tenaga. Beberapa orang yang mempunyai hingga 100 ekor puyuh, masih dapat mengurus pekerjaan yang lainnya. Artinya, bisnis beternak puyuh dapat dijadikan sebagai usaha sampingan yang begitu menguntungkan. Di pasaran, telur puyuh masih dijual dengan harga yang relatif tinggi. Harga pada setiap daerah akan berbeda-beda, tetapi tentu masih dalam kisaran 30 ribu/Kg.

Mengapa Beternak Puyuh Petelur Sangat Menjanjikan?
Telur puyuh sangat diminati oleh banyak masyarakat luas serta kaya akan gizi. Banyak jenis dari masakan yang menjadikan telur puyuh sebagai salah satu menunya. Bisnis telur puyuh berkembang secara terus menerus, karena selama manusia butuh akan makan, maka bahan makananpun tidak akan pernah untuk kesulitan konsumen.
Anda dapat saja memelihara puyuh pedaging, namun cara yang dilakukan mungkin saja akan lebih rumit. Untuk itu, disarankan bagi para pemula untuk memelihara puyuh petelur saja. Pemeliharaan puyuh petelur lebih akan mudah, fokus kita ada pada bagaimana supaya puyuh petelur bisa terus produktif menghasilkan telur. Berbeda dengan puyuh pedaging, Anda harus berpikir tentang komposisi pakan apa yang tepat, karena jika pakan salah, maka pertumbuhan dari daging puyuh akan terhambat.

Bagaimana Memulai Bisnis Budidaya Burung Puyuh?
Puyuh merupakan salah satu jenis dari unggas yang sangat bermanfaat. Anda bisa memutuskan apakah melakukan kegiatan ternak puyuh ini akan dilakukan sebagai usaha utama atau sampingan. Jika Anda mencoba memutuskan untuk menjadikan budidaya puyuh sebagai usaha utama Anda, maka jumlahnya tidak boleh setengah-setengah. Berikut langkah-langkah strategis yang bisa Anda ambil, untuk memulai bisnis budidaya puyuh!

Pemilihan Lokasi
Lokasi peternakan yang dapat menimbulkan bau, sebaiknya dilakukan di area yang jauh dari pemukiman penduduk. Aroma yang tidak sedap karena adanya kotoran hewan bisa menjadi salah satu hal yang mengganggu ketertiban khalayak umum. Selain itu, lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk akan bisa membuat puyuh tenang, sehingga puyuh tidak akan mengalami stres. Jika puyuh stres, maka produksi terhadap telur dapat mengalami penurunan. Pastikan letaknya dapat dengan mudah untuk diakses, terutama oleh kendaraan. Kita akan melakukan panen telur setiap hari, tentu telur ini harus diangkut segera agar bisa dijual di pasar.
Lokasi yang kita butuhkan adalah tempat yang terhindar dari wabah penyakit, karena ini bisa berpengaruh buruk pada peliharaan puyuh telur kita. Hal lain yang tidak kalah pentingnya, pastikan bahwa kawasan dimana tempat melakukan ternak puyuh bukanlah kawasan rawan banjir.

Pembuatan Kandang Puyuh
Dalam membuat kandang puyuh, sebetulnya tidaklah berbeda jauh dengan kandang unggas lainnya, seperti ayam kampung serta bebek peking. Hanya saja, kandang pada puyuh petelur harus benar-benar disesuaikan dengan ukuran tubuhnya yang kecil serta bagaimana supaya telur mudah untuk diambil, setiap hari.
Kandang puyuh dapat kita buat dari bahan-bahan sederhana. Beberapa jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat telur puyuh antara lain bambu, kawat kasa serta kayu kaso. Kandang harus menghadap ke timur, karena ini merupakan salah satu dari syarat sehat kandang ternak. Dengan begitu, puyuh akan merasa mendapatkan pasokan sinar matahari yang cukup.
Ukuran dari kandang puyuh adalah 50 x 100 x 35 cm untuk kapasitas penempatan sampai 45 ekor. Jika Anda ingin memelihara puyuh lebih banyak lagi, buatlah kandang dengan ukuran duplikasi dari ini.

Pemilihan Puyuh Petelur
Puyuh petelur harus memeliki kualitas tinggi. Artinya, ia memang mampu bertelur dengan kuantitas yang besar serta rutin setiap hari. Sebetulnya, Anda juga bisa membeli anakan puyuh yang baru berusia beberapa hari. Namun, tujuan kita adalah untuk bisa menghasilkan telur secepat mungkin. Untuk itu, lebih baik disarankan agar membeli puyuh yang sudah siap bertelur.

Jika kita memutuskan untuk mencoba membeli puyuh yang masih berusia beberapa hari, maka kita akan bisa membutuhkan waktu sekitar 2 bulan untuk mengurusnya, sebelum nantinya bertelur. Dengan kemungkinan seperti ini, lebih baik menghemat waktu 2 bulan serta langsung menghasilkan telur puyuh.

Pakan Puyuh Petelur
Setelah kita sudah menempatkan puyuh petelur yang sudah dibeli pada kandang, kita dapat mulai memeliharanya. Pemberian pakan merupakan hal yang dipandang sangat penting, dalam menentukan keberhasilan produksi telur harian. Seekor puyuh petelur, bisa membutuhkan pakan sekitar 22 gram setiap harinya. Anda bisa membeli pakan puyuh petelur tersebut secara langsung.
Dalam pemberian pakan, Anda dapat merancang sebuah sistem pada kandang. Dengan begitu, pemberian pakan akan terasa sangat mudah. Anda bisa meletakan bambu yang kondisinya dibelah dan ditempatkan di bagian depan kandang. Penggunaan kayu ini sangat disarankan, karena bisa meminimalisir pakan yang terbuang secara percuma.

Kontrol Penyakit dan Hama
Dalam bisnis unggas, penyakit menjadi salah satu dari faktor yang dapat meningkatkan kematian terhadap ternak. Dengan begitu, kerugian tidak akan dihindari lagi. Sebagai peternak puyuh, Anda harus bisa dengan cepat tanggap dalam mengatasi berbagai masalah penyakit. Lakukan pengobatan dengan obat-obatan yang dikhususkan untuk unggas. Penyakit yang muncul juga biasanya tidak akan jauh dari penyakit lain yang biasanya sering menyerang unggas.

Selain dari penyakit, masalah lain yang sering dihadapi oleh para peternakan unggas adalah hama. Salah satu hama yang paling meru

About mr ikbal

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates