Sunday , 26 March 2017
Home » Bisnis » Peluang Usaha Kuliner Siomay Ikan

Peluang Usaha Kuliner Siomay Ikan

Peluang Usaha Kuliner Siomay Ikan

Peluang Usaha Kuliner Siomay Ikan

Peluang Usaha Kuliner Siomay Ikan

Peluang Usaha Kuliner Siomay Ikan – Siomay ikan adalah kuliner yang sudah sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Selain sebagai camilan favorit, siomay ikan juga sangat mudah untuk kita jumpai. Bahan baku untuk membuat siomay pun sangat mudah untuk didapatkan. Biasanya untuk membuat siomay ikan yang enak serta lezat, kita membutuhkan ikan tenggiri sebagai bahan baku utamanya, kemudian mencampurkannya dengan tepung tapioka. Siomay ikan disajikan lengkap dengan kentang, kol , tahu dan bumbu kacang yang khas.

Konon, siomay ikan tenggiri ini berasal dari daerah Tiongkok, akan tetapi saat ini telah mulai bisa beradaptasi menjadi makanan tradisional dari Indonesia yang layak untuk dijadikan sebagai bisnis usaha kuliner yang menjanjikan. Siomay ikan tenggiri mudah untuk dijumpai, mulai dijajakan secara keliling dengan gerobak, mangkal di pinggir jalan, sampai restoran besar karena rasanya yang benar-benar menggoyang lidah.

Meskipun bisnis siomay ikan tenggiri ini semakin hari sudah semakin padat pemain. Namun bisnis usaha kuliner ini masih saja mempunyai celah untuk bisa tumbuh dan berkembang. Tidak ada salahnya jika Anda juga ikut untuk meramaikan pasar dengan mengais keuntungan dari usaha kuliner siomay ikan tenggiri.

Konsumen
Siomay ikan tenggiri banyak mempunyai penggemar mulai dari anak-anak sampai orang tua. Selain rasanya yang lezat dan juga gurih, siomay ikan tenggiri harganya ekonomis sehingga mudah untuk didapatkan.

Memulai Bisnis
Bisnis siomay ikan tenggiri adalah jenis bisnis usaha kuliner olahan hasil laut yang dapat dijalankan sesuai dengan modal usaha yang dipunyai. Jika modal Anda kecil maka Anda bisa jajakan secara keliling ala gerobak atau dijajakan di pinggir jalan. Sedangkan jika modal bisnis usaha yang dimiliki relatif besar maka Anda bisa memulai usaha tersebut dengan membuka warung siomay ataupun restoran.
Di dalam memulai usaha kuliner siomay ikan tenggiri, yang terpenting adalah selalu memperhatikan rasa. Biasanya pelaku bisnis sudah mempunyai resep yang telah dipraktekkan secara turun temurun. Selain memperhatikan rasa siomay ikan yang enak serta khas, kebersihan juga harus tetap selalu dijaga. Tidak hanya kebersihan tempat, akan tetapi juga kebersihan di dalam meramu siomay serta penyajiannya.

Keuntungan Bisnis
Modal dari usaha yang dibutuhkan untuk memulai usaha kuliner siomay ikan tenggiri ini tidaklah cukup besar. Peluang bisnisnya juga masih sangat terbuka lebar dengan banyaknya peminat siomay ikan tenggiri, baik dari kalangan anak-anak sampai orang tua. Karena, selain rasanya yang enak serta gurih, harganyapun juga relatif murah dan juga mudah dijumpai dimana-mana.

Hambatan Bisnis
Resiko terbesar dari bisnis usaha kuliner siomay ikan tenggiri adalah dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Modal dari usahanya dan proses produksinya tidak terlalu sulit sehingga banyak pelaku bisnis yang mulai tertarik dengan usaha kuliner ini. Selain itu, kenaikan dari harga bahan baku juga membuat para pelaku bisnis menekan biaya produksi.
Tidak hanya itu saja, bila siomay ikan tenggiri tidak laku dalam waktu sehari maka resiko tersebut dapat dikurangi dengan menyediakan freezer atau pun lemari es, namun jangan terlalu lama – lama disimpannya karena dapat mengganggu aroma serta rasa siomay.

Strategi Pemasaran
Promosi bisnis bisa dilakukan oleh pelaku bisnis kuliner dengan cara yang sederhana pada awal usaha, yaitu dengan cara membuat spanduk semenarik mungkin sehingga orang yang melihatnya akan merasa tertarik untuk membeli siomay Anda. Sementara itu promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut biasanya akan mudah terjadi dengan sendirinya jika dalam menjalankan usaha kuliner ini Anda bisa mempertahankan cita rasa, kualitas dan juga pelayanan usaha dengan baik.
Usaha kuliner siomay juga tidak hanya melayani pembeli yang datang saja, akan tetapi juga usaha Anda harus mampu menerima pesanan untuk acara pesta pernikahan, acara arisan, acara rapat dan juga acara penting lainnya dengan jumlah sudah yang ditetapkan.

Kunci Sukses
Ketekunan serta niat untuk mau terus berusaha dan juga tidak pantang menyerah adalah merupakan kunci sukses di dalam menjalankan bisnis kuliner yang utama. Hanya berawal dari bisnis kuliner siomay ikan tenggiri degan cara dijajakan menggunakan gerobak keliling atau warung pinggir jalan pun Anda akan mampu memperoleh keuntungan yang besar. Kepuasan dari para pelanggan adalah syarat penting yang utama dan harus dicapai dalam menjalankan usaha apapun. Membuat beraneka macam ragam inovasi untuk siomay ikan tenggiri yang Anda buat agar para pelanggan tidak bosan juga dapat diterapkan di dalam usaha kuliner ini.

Analisa Ekonomi
Asumsi untuk pemakaian alat
Masa pakai untuk gerobak adalah 3 tahun
Masa pakai untuk peralatan masak seperti panci, kompor dan ulekan adalah 1 tahun
Masa pakai uintuk peralatan makan seperti sendok, piring dan gelas adalah 1 tahun
Masa pakai untuk meja dan kursi adalah 3 tahun

1. Investasi
Untuk gerobak = Rp 3.000.000,00
Untuk peralatan masak = Rp 600.000,00
Untuk peralatan makan = Rp 300.000,00
Untuk Meja dan kursi = Rp 400.000,00 +
Total utnuk investasi = Rp 4.300.000,00

2. Biaya operasional setiap
Biaya tetap :
Penyusutan untuk gerobak 1/36 x Rp 3.000.000,00 = Rp 83.000,00
Penyusutan untuk peralatan masak 1/12 x Rp 600.000,00 = Rp 50.000,00
Penyusutan untuk peralatan makan 1/12 x Rp 300.000,00 = Rp 25.000,00
Penyusutan untuk meja dan kursi 1/36 x Rp 400.000,00 = Rp 11.100,00
Untuk sewa tempat jualan = Rp 500.000,00 +
Total dari biaya tetap = Rp 670.000,00
Biaya tidak tetap :
Biaya untuk bahan baku Rp 150.000,00 x 30 hari = Rp 4.500.000,00
Biaya untuk pembelian gas, keamanan dal lain-lain = Rp 150.000,00 +
Total dari biaya tidak tetap = Rp 4.650.000,00 +
Total dari biaya operasional = Rp 5.320.000,00

3. Penerimaan bulanan
Penjualan dari siomay 25 x Rp 10.000,00 x 30 hari = Rp 7.500.000,00

4. Keuntungan yang diperoleh
= Rp 7.500.000,00 – Rp 5.320.000 = Rp 2.180.000,00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates