Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mencegah Infertilitas Sekunder pada Pasangan Suami Istri

Tips Mencegah Infertilitas Sekunder pada Pasangan Suami Istri

Tips Mencegah Infertilitas Sekunder pada Pasangan Suami Istri

Tips Mencegah Infertilitas Sekunder pada Pasangan Suami Istri

Tips Mencegah Infertilitas Sekunder pada Pasangan Suami Istri

Tips Mencegah Infertilitas Sekunder pada Pasangan Suami Istri – Infertilitas Sekunder merupakan pasangan suami istri yang sudah mempunyai anak sebelumnya, akan tetapi setelah satu tahun berhubungan secara rutin dan tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun, tidak juga bisa mengalami kehamilan kembali. Gangguan kesuburan ini dapat terjadi pada pasangan yang mempunyai kesehatan organ reproduksi yang baik, bahkan juga dapat terjadi pada seorang wanita usia produktif yaitu 20 hingga 34 tahun atau pada seorang wanita usia tidak reproduktif yaitu di atas 35 tahun.

Untuk selisih waktu melahirkan anak pertama bisa mengakibatkan banyak perubahan yang dapat terjadi pada organ reproduksi istri maupun pada suami, dengan demikian dapat memicu Istri akan Sulit Hamil. Adapun keadaan yang perlu diwaspadai terkait Infertilitas Sekunder serta harus diwaspadai yaitu sebagai berikut:

1.    Bagi pasangan Suami Istri yang sudah melepas alat kontrasepsi serta rutin berhubungan akan tetapi dalam kurun waktu 2 tahun tidak juga mendapatkan kehamilan,

2.    Untuk Suami Istri yang sudah melewati masa reproduktif, dengan tidak menggunakan kontrasepsi serta aktif berhubungan suami istri dalam waktu selama 6 bulan, akan tetapi tidak juga mendapatkan suatu kehamilan,

3.    Akibat Mempunyai suatu riwayat penyakit berupa peradangan rongga panggul dan juga kelamin terasa panas terbakar,

4.    Akibat Mempunyai riwayat menstruasi secara tidak teratur, setelah itu berhenti menstruasi sejenak serta kemudian berhenti menstruasi sama sekali.

Jika pasangan suami istri mengalami tanda – tanda seperti yang dijelaskan diatas alangkah baiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan untuk segera mendapatkan penanganan medis jika ditemukan masalah organ reproduksi. Pada saat pemeriksaan biasanya dokter dapat melakukan serangkain test, sebagai berikut:

1.    Melakukan Test darah, yang bertujuan untuk mengetahui kadar senyawa di dalam darah yang berhubungan dengan tingkat kesuburan.

2.    Melakukan Pemeriksaan medis yang meliputi pemeriksaan akibat sumbatan, akibat gangguan, kelainan, serta akibat kerusakaan organ reproduksi.

3.    Melakukan Pemeriksaan perkembangan sel telur pada seorang istri dan melakukan pemeriksaan terhadap kualitas sperma, dengan demikian dapat diketahui secara pasti penyebab terjadinya Infertilitas Sekunder.

Selain berkonsultasi dengan dokter anda dan juga pasangan harus menjaga gaya hidup sehat yang didukung dengan asupan makanan yang bisa membantu dalam meningkatkan tingkat kesuburan. Seorang Ahli nutrisi dalam program kesuburan, memberikan saran beberapa makanan yang bisa menyeimbangkan hormon, agar dapat mengembalikan kesuburan, sebagai berikut:

1.    Bisa mengkonsumsi Kayu Manis, untuk dapat memperbaiki insulin dan juga membantu meningkatkan ovulasi pada seorang wanita.

2.    Bisa mengkonsumsi buah Alpukat, buah alpukat merupakan buah banyak mengandung lemak dan juga mempunyai kandungan lemak tidak jenuh yang bisa meningkatkan kesuburan seorang wanita.

3.    Bisa mengkonsumsi Telur, konsumsi telur sebab dengan seorang wanita mengkonsumsi telur dapat membantu dalam mengembalikan kualitas kesuburan pada wanita.

4.    Bisa mengkonsumsi biji bunga matahari, dengan mengkonsumsi biji bunga matahari yang merupakan makanan yang tidak pernah menyangka mempunyai manfaat untuk kesuburan pada seorang wanita.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa infertilitas Sekunder dapat terjadi pada wanita usia 20 hingga 34 tahun setelah wanita berhenti dalam menggunakan kontrasepsi ataupun setelah melahirkan. Infertilitas Sekunder dapat diketahui dengan melakukan beberapa pemeriksaan termasuk tes darah dan juga tes sperma. Untuk mengobati Infertilitas Sekunder pada pasangan suami istri, dapat dengan memperbaiki pola hidup serta pola makan yang sehat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates