Wednesday , 29 March 2017
Home » Info Kesehatan » Tips Menghindari Infertilitas pada Pria

Tips Menghindari Infertilitas pada Pria

Tips Menghindari Infertilitas pada Pria

Tips Menghindari Infertilitas pada Pria

Tips Menghindari Infertilitas pada Pria

Tips Menghindari Infertilitas pada Pria – Infertilitas bisa saja terjadi pada seorang pria, itu terjadi sebagai akibat dari kondisi medis, infeksi, maupun riwayat keluarga. Untuk menjaga sperma tetap sehat, gaya hidup dan lingkungan yang dapat berisiko dapat dihindari. Sperma yang sehat tidak hanya terdapat jumlah sperma yang banyak. Sperma yang sehat ditentukan dari kuantitas, kualitas dan juga gerakan. Agar seorang pria memproduksi sperma dengan kondisi yang sehat, mari kita simak lima cara untuk menghindari infertilitas atau ketidaksuburan pada pria, sebagai berikut:

1.    Tidur yang cukup
Tidur yang cukup direkomendasikan sebagai tindakan pencegahan dalam membantu menghindari segala sesuatu, mulai dari obesitas hingga depresi. Sebuah penelitian mengukur ukuran testis setiap peserta serta mengumpulkan sampel sperma untuk menganalisis jumlah sperma dan juga motilitas atau kemampuan untuk bergerak aktif serta spontan. Pria dengan kurang tidur atau mengalami gangguan tidur, rata-rata menderita jumlah sperma yang rendah, mempunyai kadar testosteron rendah, serta ukuran testis yang lebih kecil jika dibandingkan dengan pria yang punya waktu lebih untuk menutup mata atau tidur.

2.    Jauhkan Laptop pada saat tidur
Pada pria ancaman konstan infertilitas atau ketidaksuburan dapat terjadi akibat radiasi. Hasil penelitian menyimpulkan akibat adanya koneksi Wi-Fi laptop dan suhu laptop sebagai penyebab kerusakan sperma dimana terjadi kerusakan DNA serta kurang motilitas sperma.

3.    Menghentikan konsumsi obat-obatan yang diduga dapat mengakibatkan gangguan sperma.
4.    Selalu gunakan Boxers
Meskipun mungkin tidak seefektif yang diyakini oleh banyak orang, dengan mengganti celana dalam yang ketat dengan celana bokser ataupun celana kolor mungkin bisa menaikkan hitungan sperma seorang pria, pasalnya testis akan menjadi lebih sejuk.

5.    Konsumsi Wortel Dan Kenari
Tampaknya bahwa diet pada seorang pria bisa memainkan peran penting untuk menjaga kesehatan sperma. Sepasang studi terbaru mengklaim bahwa dengan makan kenari dan wortel bisa membantu meningkatkan kualitas sperma serta kinerja. Hasil Penelitian pertama, yang dilakukan di University of California, Los Angeles, menemukan bahwa pria yang menambahkan 75 gram kenari utuh yang dikupas untuk diet harian pria mampu meningkatkan kualitas keseluruhan dari sperma pria. Hasil Studi kedua, yang diterbitkan dalam sebuah Fertility and Sterility, menjelaskan  bahwa dengan memberikan alas an pria mengkonsumsi sayuran dapat meningkatkan kuantitas dan juga kualitas sperma hingga delapan persen hanya dengan menambahkan buah-buahan kuning serta orange berwarna dan sayuran, khusunya sayuran wortel.

6.    Hindari Makan Bacon atau daging sapi asap
Disamping harus mengkonsumsi sayuran, hindari makanan dengan daging sapi yang di asap atau dibakar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa berbagai jenis daging merah dapat mengurangi jumlah sperma pada laki-laki.

7.    Hindari Kebiasaan Merokok
Apabila anda seorang perokok aktif, peluang anda untuk menjadi seorang ayah dapat terbang bersama asap rokok. Merokok nampaknya sangat memiliki kaitan dengan lamban serta rendahnya hitungan sperma, dan juga selain itu penelitian menemukan bahwa keguguran meningkat hingga 64 persen jika kedua pasangan merokok atau bahkan meskipun hanya pada pria yang merokok.

8.    Hindari minum alkohol
Dengan konsumsi Alkohol berlebihan bisa menurunkan hitungan sperma. Anjuran seorang dokter adalah, jangan lebih dari satu ataupun dua takar dalam sehari. Hindarilah obat terlarang. Pemakaian marijuana serta obat-obat terlarang lain selama jangka waktu panjang sebab berakibat menurunnya hitungan sperma serta tidak normalnya pola perkembangan sperma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates