Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Wajah Cantik saat Hamil, Perhatikan Penggunaan Kosmetik

Wajah Cantik saat Hamil, Perhatikan Penggunaan Kosmetik

Wajah Cantik saat Hamil, Perhatikan Penggunaan Kosmetik

Wajah Cantik saat Hamil, Perhatikan Penggunaan Kosmetik

Wajah Cantik saat Hamil, Perhatikan Penggunaan Kosmetik

Wajah Cantik saat Hamil, Perhatikan Penggunaan Kosmetik – Penggunaan kosmetik dan skincare sangat berkaitan dengan wanita, mungkin anda menjadi salah satu yang menggunakan perawatan kecantikan ini. Lantas bagaimana apabila penggunaan kosmetik kini dihentikan secara total karena banyak yang beranggapan bahwa itu akan mempengaruhi janin?
Wanita pasti selalu ingin tampil cantik mempesona walaupun sedang menjalani masa kehamilan. Tapi taukah ibu bahwa beberapa bahan kosmetik tidak aman digunakan saat sedang hamil? Anda tidak perlu cemas, walaupun terdapat beberapa kosmetik yang membahayakan kehamilan, ibu hamil tetap dapat tampil cantik dengan menggunakan pilihan kosmetik yang aman bagi ibu dan janin.

Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Produk Kosmetik?

Menjadi wanita karir memang tak mudah jika harus meninggalkan make up apalagi jika dituntut untuk tetap tampil cantik meskipun selama kehamilan. Meskipun demikian, ibu hamil tentunya tidak ingin mengorbankan kesehatan janinnya saat menggunakan kosmetik, lalu bagaimana dengan ibu hamil yang tetap menggunakan skincare dan kosmetik?

Ibu hamil masih boleh menggunakan skincare dan kosmetik namun harus memilih produk yang tidak mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan janin. Dibawah ini ialah beberapa tahapan dalam memilih skincare dan kosmetik yang aman bagi ibu hamil :

1. Perhatikan Komposisi
Skincare sert kosmetik memiliki komposisi yang beraneka macam. Ibu hamil sebaiknya harus jeli ketika memilih produk kecantikannya. Komposisi dari kosmetik yang tidak aman bagi kesehatan janin adalah merkuri, PABA , Salicylic Acid (BHA), Benzoil Peroxyde, Soy, Hydroquinone, retinoid, Rhodamin serta Benzophenone-3. Penelitian yang dilakukan pada salah satu bahan kimia yang digunakan pada kosmetik ialah flatat. Kesimpulan dari penelitian itu yakni kandungan flatat meningkatkan risiko bayi lahir prematur.
Kandungan yang aman pada kosmetik ialah dengan menggunakan produk organik. Perhatikan juga perubahan yang biasanya terjadi pada ibu hamil seperti munculnya flek hitam karena hormone tertentu dan sebaiknya ibu hamil menghindari penggunaan skincare yang mengandung ekstrak kedelai karena akan membuat flek hitam semakin parah.

2. Cara penggunaan
Penggunaan secara oral yakni dengan cara diminum langsung lebih mudah menyebar ke janin melalui plasenta daripadi skincare / kosmetik yang dioles. Meskipun demikian, bukan berarti aman jika menggunakan kosmetik ataupun skincare yang dioles apalagi jika mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi janin. Salah satu yang dicegah ialah retinoid yakni turunan dari vitamin A yang banyak digunakan dalam produk kosmetik dan skincare. Bahkan produk anti penuaan mengandung turunan retinoid baik facial wash ataupun produk untuk mencerahkan kulit.
Apa pengaruh skincare serta kosmetik berbahan kimia bagi janin?

Berikut ini ialah daftar bahan kimia yang sering kali digunakan oleh kosmetik serta tidak aman digunakan ketika hamil. Kosmetik yang mengandung bahan kimia akan memberikan efek negatif bagi tumbuh kembang janin.

a. Merkuri
Kosmetik yang terdapat bahan merkuri memang tidak baik bagi kesehatan meskipun anda tidak sedang hamil, apalagi jika anda sedang hamil. Dampak yang akan ditimbulkan dari bahan kimia berbahaya ini ialah kerusakan serta gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin.

b. Retinoid
Skincare / produk kosmetik yang mengandung turunan vitamin A ini biasanya ada pada krim untuk mengobati jerawat. Meskipun penggunaannya hanya dioles, namun ini bisa membahayakan janin yang dapat meningkatkan risiko kecatatan pada janin.

c. Salicylic Acid
Kandungan dari antijerawat yang seperti sabun atau krim biasanya mengunakan komposisi berbahan kimia Salicylic Acid. Walaupun jika penggunaannya kurang dari 2% aman, namun ibu hamil harus tetap waspada sebab akan berpengaruh pada tumbuh kembang janin.

d. Hydroquinone
Ibu hamil yang menggunakan kosmetik mengandung hydroquinone yang biasanya terdapat pada krim pemutih sebaiknya dihindari. Ibu tidak perlu cemas, karena penggelapan warna kulit ibu hanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya saat ibu melahirkan.

e. Benzoil Peroxyde
Produk kosmetik bagi kulit berjerawat pada umumnya mengandung benzoil peroxyde yang diserap tubuh sekitar 5% ketika dioles. Walaupun belum ditemukan penelitian lebih lanjut, namun ibu hamil sebaiknya menghindari kosmetik yang mengandung bahan ini.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates