Friday , 24 March 2017
Home » Info Kesehatan » Cara Alami Mengatasi Mual Ketika Hamil

Cara Alami Mengatasi Mual Ketika Hamil

Cara Alami Mengatasi Mual Ketika Hamil

Cara Alami Mengatasi Mual Ketika Hamil

Cara Alami Mengatasi Mual Ketika Hamil

Cara Alami Mengatasi Mual Ketika Hamil – Supaya tidak terkena mual juga muntah yang berlebihan, ibu hamil perlu mengetahui cara mengatasi mual selama kehamilannya. Cara itu dapat membuat ibu hamil terhindar dari dehidrasi serta kekurangan tenaga. Walaupun mual disertai muntah, ibu hamil harus tetap untuk menyeimbangkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Nutrisi itu tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk perkembangan janin di dalam kandungannya. Cara untuk mengatasi mual serta muntah yang efektif bagi ibu hamil adalah sebagai berikut :

1. Makan Sedikit – Sedikit tetapi Sering
Serupa dengan diet, terdapat diet yang menganjurkan untuk makan dengan porsi sedikit demi sedikit tapi sering. Hal itu lebih efektif daripada makan banyak tapi jarang. Alasan makan porsi sedikit lebih bermanfaat untuk ibu hamil muda. Makan dengan porsi sedikit ini akan dapat masuk ke dalam tubuh daripada makan dengan porsi yang banyak. Porsi makan yang banyak akan membuat ibu hamil bertambah mual. Sugesti ibu hamil muda ialah merasakan eneg / tidak nyaman di perut bila melihat makanan dengan jumlah yang sangat banyak.
Porsi makan yang harus dimakan sedikit demi sedikit tapi sering ialah makanan yang kaya akan karbohidrat sebab karbohidrat dapat menghindarkan ibu hamil dari rasa lemas serta lesu. Apabila ibu hamil belum dapat secara langsung mengonsumsi karbohidrat, ibu hamil dapat memancing nafsu makannya dengan mengonsumsi buah yang segar. Cara menjaga kehamilan supaya tetap sehat bisa anda awali dengan pola makan yang efektif, jangan sembarangan makan serta atur intensitasnya.

2. Mengambil Jeda Saat Pagi Hari
Kebiasaan wanita ketika pagi hari ialah langsung beranjak dari tempat tidurnya. Kebiasaan tersebut akan terbawa ketika dia hamil muda. Ironisnya, wanita yang sedang hamil muda akan merasakan mual saat pagi hari. Bahkan ketika dia baru bangun dari tempat tidurnya. Bila sudah begitu, pagi hari yang seharusnya diawali dengan semangat serta energi justru diisi dengan rasa lemas dan lesu.

3. Hindari Makanan yang Menimbulkan Gas
Makanan yang bisa menimbulkan gas di dalam perut sebaiknya tidak dikonsumsi, karena makanan yang bergas tersebut dapat membuat perut terasa kembung / penuh. Akibatnya ialah gas memenuhi perut serta terjadilah mual. Makanan yang sebaiknya dihindari adalah :
a. Kol
b. Nangka
c. Durian
d. Makanan hasil fermentasi contohnya tape ketan, tape singkong dan lain lain.
e. Sawi hijau.
Konsumsi makanan tersebut memang bukan larangan ibu hamil dalam hal makanan, akan tetapijika anda mual sebaiknya hindarilah makanan tersebut. Konsumsilah makanan sehat bagi ibu hamil seperti sayur bayam.

4. Jauhi Makanan yang Menambah Rasa Mual
Ibu hamil dianjurkan menjauhi serta tidak mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan rasa mualnya datang serta semakin menjadi. Makanan tersebut disamping membuat mual bertambah, terdapat efek lain yang dapat ditimbulkan untuk ibu hamil. Makanan yang sebaiknya tidak dimakan bagi ibu hamil agar tidak merasa mual ialah sebagai berikut ini :
a. Makanan lemak tinggi
Makanan yang memiliki kadar lemak yang tinggi tidak dapat dikonsumsi karena kandungan lemak jahatnya dapat menimbulkan rasa mual bagi ibu hamil.

b. Makanan berminyak
Makanan dengan kandungan minyak tinggi seperti gorengan akan meninggalkan sisa minyak di lidah serta di usus. Minyak tidak bisa diuraikan oleh usus, maka akibatnya ialah rasa mual akan timbul setelah mengonsumsi makanan itu.

c. Makanan pedas.
Pedas akan membuat rasa mual bagi ibu hamil, terutama ibu hamil yang mempunyai asam lambung. Makanan pedas dapat memicu meningkatnya kadar asam lambung. Ketika asam lambung naik, ibu hamil bisa merasakan mual. Oleh sebab itu, makanan pedas ialah salah satu pantangan makanan bagi ibu hamil yang perlu di waspadai.

5. Cukup Minum
Frekuensi muntah yang sering dapat menyebabkan ibu hamil menjadi kekurangan cairan. Oleh Karena itu, ibu hamil harus dapat mengganti cairan yang hilang dengan cara mengonsumsi air putih secara cukup. Air putih yang hangat dapat dipilih bagi ibu hamil yang merasakan mual serta muntah. Air hangat dapat dijadikan penetralisir dari penyebab mual ketika hamil dikarenakan rasa hangatnya dapat lebih diterima oleh usus daripada dengan air putih dingin / es.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates