Monday , 29 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Fungsi Makanan Probiotik

Fungsi Makanan Probiotik

Fungsi Makanan Probiotik

Fungsi Makanan Probiotik

Fungsi Makanan Probiotik

Fungsi Makanan Probiotik – Makanan probiotik merupakan makanan yang mengandung bakteri yang berguna untuk tubuh kita. Antara lain bisa membantu proses pencernaan dan mengendalikan pertumbuhan bakteri sebagai penyebab penyakit.

Perlu untuk diketahui bahwa tidak semua makanan bakteri memiliki sifat merugikan. Sebab ada pula makanan yang mengandung bakteri, yang dapat dikenal dengan istilah makanan probiotik, makanan probiotik ini bersifat menguntungkan bagi tubuh. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam tubuh manusia normal, terdapat kurang lebih 1800 gram bakteri. Sebagian besar bakteri tersebut hidup di bagian usus, dan sebagian bakteri lainnya hidup di bagian mulut, tenggorokan, kulit dan di bagian dalam alat vital wanita. Bakteri tersebut hidup di dalam tubuh manusia dengan berbagai macam fungsi untuk pencernaan, tulang ataupun sistem kekebalan. Semua bakteri tersebut di dalam tubuh manusia sangat membantu untuk kesehatan.

Bakteri laktat adalah jenis bakteri yang paling bermanfaat untuk tubuh manusia. Jenis bakteri laktat ini seperti, acidophilus, bulgaricus dan bifidum. Jenis bakteri tersebut berguna untuk mengubah gula menjadi asam laktat. Asam laktat adalah suatu zat yang memberikan rasa tertentu dalam produk fermentasi, seperti memberikan rasa asam pada yogurt.

Apabila pada proses pencernaan, asam mempunyai fungsi sebagai antiseptik kuat, dan membantu proses penyerapan kalsium dan juga fosfor, dengan demikian pada makanan fermentasi, fungsi asam laktat yaitu mencegah pertumbuhan bakteri merugikan yang lainnya. Oleh karena itu, asam laktat sangat berfungsi dalam proses penyimpanan makanan, terlebih lagi dalam produk susu. Makanan fermentasi yang paling populer dan banyak ditemui adalah susu.

Adapun penjelasan manfaat makanan berbakteri atau probiotik) untuk tubuh kita antara lain adalah :
1. Makanan probiotik sebagai antimikroba
Selain dapat menghasilkan asam laktat, beberapa jenis makanan probiotik dapat menghasilkan zat lain, misalnya asam asetat, hidrogen peroksida. Adapun beberapa jenis bakteri acidophilus, sejenis bakteri bulgaricus yang menghasilkan antibiotik kuat dan mampu mencegah pertumbuhan bakteri sebagai penyebab penyakit (seperti jenis salmonella, clostridium botulinum, staphylococcus dan E, coli).

2. Makanan probiotik dapat mencegah osteoporosis
Salah satu penyebab terjadinya tulang menjadi keropos yaitu karena penggunan antibiotik yang dapat membunuh makanan probiotik penghasil vitamin K. Sementara itu Asam laktat dapat memproduksi makanan probiotik yang berhubungan dengan penyerapan kalsium dan juga fosfor. Disamping itu juga, beberapa makanan probiotik dapat memproduksi vitamin K, yang sangat berperan penting untuk metabolisme tulang.

3. Makanan probiotik dapat mencegah tumbuhnya jamur candida albicans
Wanita yang sering mengonsumsi antibiotik pada umumnya akan mudah terserang infeksi jamur (yeast infection). Hal tersebut dikarenakan antibiotik dapat membunuh makanan probiotik yang bertugas untuk mengendalikan pertumbuhan jamur candida.

4. Makanan probiotik dapat membantu proses pencernaan laktosa
Keju ataupun yogurt akan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, dapat menjadi makanan alternatif untuk orang penderita lactose intolerance (tubuhnya tidak mampu lagi mencerna laktosa)

5. Makanan probiotik dapat membantu mencegah kanker
Beberapa jenis bakteri L.acidophilus dan juga L.bulgaricus sudah menunjukkan adanya dampak antitumor. Sedangkan beberapa jenis pada makanan probiotik dapat memecah nitrosamin, zat yang bersifat karsinogenik atau penyebab kanker, yang dihasikan oleh nitrat yang berasal dari bahan pengawet daging.

6. Makanan probiotik dapat memproduksi beberapa jenis vitamin B (Vitamin B3,B5,B6,B9,B12)

7. Makanan probiotik dapat menurunkan kolesterol darah dan kadar trigliserida
Makanan probiotik bisa membantu menyerap dan mengeluarkan kolesterol pada saluran pencernaan.

8. Makanan probiotik dapat mencegah diare dan sembelit
Makanan probiotik seperti jenis L.acidophilus sudah terbukti dapat menghentikan diare, sedangkan B.bifidum paling efektif untuk mengatasi sembelit.

9. Makanan probiotik dapat membantu mengatasi berbagai masalah
Makanan probiotik juga dapat membantu mengatasi beberapa masalah, seperti, masalah kulit misalnya penyakit eksim, alergi, psoriasis atau penyakit kulit kronis yang ditandai bintik-bintik kecil kemerahan, diverticulitis atau peradangan dan infeksi divertikulum, serta mengatasi infeksi saluran kencing atau kencing batu.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates