Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Dibalik Kandungan Sayuran Hijau

Khasiat Dibalik Kandungan Sayuran Hijau

Khasiat Dibalik Kandungan Sayuran Hijau

Khasiat Dibalik Kandungan Sayuran Hijau

Khasiat Dibalik Kandungan Sayuran Hijau

Khasiat Dibalik Kandungan Sayuran Hijau – Sayur – sayuran hijau merupakan sayuran yang mempunyai banyak manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Sayuran hijau berguna bisa mencegah kita dari berbagai penyakit degenerative atau penyakit dengan menurunya fungsi organ tubuh. Disamping dapat membantu untuk menjaga penampilan tubuh kita. Seiring dengan kemajuan jaman dan kemajuan teknologi, dengan demikian berbagai permasalahan, gejolak sosial, dan pencemaran lingkungan akan menyebabkan gangguan tubuh baik pada jasmani ataupun rohani (stress). Mengkonsumsi sayuran hijau kaya akan vitamin dan juga mineral serta zat lainnya yang sangat membantu tubuh untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan pada tubuh kita. Berikut khasiat sayuran hijau untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya:

1. Sayuran hijau akan membuat kulit halus
Kandungan vitamin dalam sayur – sayuran berwarna hijau misalnya bayam, daun singkong, daun katuk, daun singkong, daun pepaya, dan sayuran lainya mengandung banyak vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam folat dan juga banyak mengandung unsur mineral misalnya zat besi, zat kapur, magnesium, fosfor.
Sayurn yang kaya akan vitamin A bisa berfungsi untuk menambah dan mempercantik kulit kita. Sebab jika kulit kita kekurangan vitamin A, kulit menyebabkan bersisik, kasar dan juga kering. Disamping itu juga sayuran hijau kaya akan pigmen antioksidan yang disebut karotenoid berguna untuk menangkal radikal bebas, dapat mencegah munculnya bercak-bercak hitam pada tangan serta wajah yang merupakan tanda-tanda ketuaan.

2. Sayuran hijau dapat mencegah penyakit kanker
Menurut hasil penelitian menyimpulkan bahwa pria yang tidak menderita kanker ternyata ia lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya karotenoid atau sayuran hijau yang mengandung pigmen antioksidan, dari pada pria yang menderita penyakit kanker. Karotenoid berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

3. Sayuran hijau dapat mencegah penyumbatan arteri dalam tubuh
Menurut hasil penelitian menyimpulkan, Sayuran hijau banyak mengandung asam folat serta vitamin B6 yang akan membantu mengontrol kadar homosistein. Homosistein adalah sejenis asam amino yang mengandung sulfur. Selama kadar homosistein di dalam tubuh terkontrol dengan baik, maka tidak akan membahayakan tubuh. Akan tetapi jika homosistein ini kadarnya tinggi justru dapat berperan sebagai racun dan mengakibatkan penyumbatan arteri serta dapat mengakibatkan serangan penyakit jantung.

4. Pentingnya Konsumsi Klorofil untuk Kesehatan tubuh
Klorofil merupakan pigmen tanaman berwarna hijau yang terdapat dalam kloroplas sel tanaman. Klorofil atau zat hijau daun yang berperan penting pada reaksi fotosintesis. Fotosintesis adalah salah satu proses dasar dalam kehidupan, dimana energi cahaya yang diubah menjadi energi kimia.Beberapa ahli menyarankan supaya menggunakan klorofil untuk bahan terapi medik anemia. Hal tersebut karena terdapat kemiripan struktur kimia antara klorofil dengan hemoglobin. Manfaat klorofil yang lainnya dapat membantu detoksifikasi, dapat merangsang pembentukan sel darah, dapat merangsang pertumbuhan atau regenerasi jaringan, dapat mencegah kanker, mencegah penuaan, dan berperan sebagai antioksidan.
Karena manfaat kandungan klorofil yang cukup banyak, dengan demikian dapat mendorong orang untuk memproduksi klorofil dalam bentuk sediaan tablet, yang biasa dikenal dengan nama super food atau makanan super misalnya chlorella, spirulina, dan juga sari rumput gandum. Akan tetapi juga mengkonsumsi sayuran hijau yang segar lebih efektif dan juga efisien jika dibandingkan dengan mengkonsumsi dalam bentuk sediaan tablet. Sebab tentunya selain dapat menjadi lalapan mentah -mentah, dapat juga dibuat jus, yang akan lebih menguntungkannya dan tentu saja harganya menjadi lebih murah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates