Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Tips Mencegah Pikun

Tips Mencegah Pikun

Tips Mencegah Pikun

Tips Mencegah Pikun

Tips Mencegah Pikun

Tips Mencegah Pikun – Pada saat umur kita semakin bertambah, sehingg tidak ada satupun yang dapat melepaskan diri dari penyakit lupa ingatan atau pelupa (pikun). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pikun (lupa ingatan) ternyata dapat dicegah, bahkan dapat terjadi pada usia berapa saja.

Pada saat kita menjadi tua bukan berarti kita sudah tidak lagi berguna, sebab akan mengalami sakit-sakitan. Anggapan banyak orang bahwa Kepikunan (lupa ingatan) merupakan suatu peristiwa alami dan akan menimpa orang yang beranjak menuju usia tua. Kebiasaan dengan hidup sehat akan lebih bisa menjauhkan seseorang dari kepikunan atau lupa ingatan. Sebab biasanya orang sehat jasmani ataupun rohani akalnya akan tetap sehat, cerdas, dan tajam. Pada hakekatnya penuaan sel otak bisa dicegah meskipun usia tubuh yang semakin tua. Bahkan, jika fungsi otak dapat mengalami kemunduran sekalipun, kemampuannya bisa diperbaiki di usia berapa saja.

Apabila dibandingkan dengan kumpulan saraf dalam tubuh lainnya, kondisi sel saraf otak sangat rawan untuk terjadinya kerusakan. Hal itu disebabkan karena sebagai berikut:

1. Sebagian besar komponen penyusun otak yang merupakan lemak tidak jenuh ganda, dengan demikian mudah teroksidasi.

2. Otak merupakan konsumen oksigen darah yang cukup besar. Hal ini diakibatkan otak mengambil 1/5 dari pasokan oksigen di dalam tubuh.

3. Otak banyak mengandung zat besi, dengan demikian cenderung mendorong untuk terbentuknya oksidan perusak, yakni radikal bebas.

4. Sel saraf otak sedikit sekali mengandung zat antioksidan yang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh agar melindungi dari radikal bebas, khususnys untuk enzim katalase serta glutation. Kombinasi ini sangatlah tidak menguntungkan. Sebab radikal bebas sangat mudah merusak otak dengan demikian mengakibatkan kemunduran fungsi otak atau kepikunan (lupa ingatan). Disamping itu juga, radikal bebas, dapat menggaet lemak tidak jenuh ganda dalam otak. Atau dapat juga karena otak banyak membutuhkan asupan oksigen, dengan demikian sangat mungkin otak rawan dapat kekurangan oksigen. Radikal bebas dapat menggantikan pasokan oksigen, begitu pasokan oksigen akan menjadi berkurang (sedikit).

Adapun makanan utama untuk penderita lupa ingatan (pikun) yaitu dengan mengkonsumsi zat gizi utama untuk penangkal radikal bebas, biasanya disebut dengan antioksidan, yakni vitamin C, E, A khususnya pada betakaroten. Selain bisa menangkal radikal bebas, tiga vitamin antioksidan tersebut dapat bekerja membersihkan dinding pembuluh darah, dengan demikian pasokan darah bersih dapat menyangkut oksigen ke otak dapat berjalan lancar. Berikut merupakan makanan yang dibutuhkan untuk mencegah pikun diantaranya :

1. Konsumsi Sayuran Dan Buah
Zat antioksidan banyak sekali terkandung dalam sayuran daun hijau seperti sawi hijau, daun singkong, sayur bayam, daun pepaya, daun katuk, daun kacang panjang, daun melinjo dan sayura lainnya, buah berwarna orange atau kuning seperti ubi jalar merah, wortel, labu kuning, buah jeruk, buah pepaya, mangga belimbing, dan juga buah berwarna merah seperti semangka, stroberi.

2. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin B-Komplek
Makanan yang kaya vitamin B-komplek harus selalu tercukupi, supaya otak tetap segar. Vitamin B12, mengandung kolin yang berfungsi mengingat, yakni mempertajam daya ingat. Seperti pada padi-padian misalnya beras merah,tepung terigu, dan juga banyak terdapat pada sayur daun hijau, telur, ragi, kacang hijau, kedelai dan juga kaya akan kolin.

3. Konsumsi Protein yang Tepat
Mengkonsumsi jenis protein yang dapat mempertajam ingatan dan kecerdasan. Misalnya yang terdapat dalam kedelai, susu rendah lemak dan kacang-kacangan kecuali pada kacang tanah.

4. Konsumsi Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks akan membuat dapat mampu berkonsentrasi dengan baik sekalipun sedang dalam banyak pikiran ataupun stres.

Adapun suplemen penunjang supaya menghambat kepikunan (lupa ingatan), diantaranya:
1. Konsumsi Vitamin E
Suplemen yang dibutuhkan supaya menghambat pikun (lupa ingatan) yaitu konsumsi vitamin E.

2. Konsumsi Betakaroten
Vitamin E dan betakaroten bersifat larut dalam lemak, asupan konsumsi antioksidan bersamaan waktu makan atau sesudahnya. Supaya lemak dapat membantu melarutkannya.

3. Konsumsi Vitamin C
Agar bisa menghambat pikun (lupa ingatan), maka tambahkan suplemen vitamin C, 250-1000 mg perhari.

4. Konsumsi Vitamin B6, B12, Asam Folat
Suplemen vitamin B-kompleks sering disebut juga sebagai suplemen anti pikun (lupa ingatan) sebab berkasiat mempertajam kecerdasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates