Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Apa itu Pektin , Sumber dan Manfaatnya

Ketahui Apa itu Pektin , Sumber dan Manfaatnya

Ketahui Apa itu Pektin , Sumber dan Manfaatnya

Ketahui Apa itu Pektin, Sumber dan Manfaatnya

Ketahui Apa itu Pektin, Sumber dan Manfaatnya

Ketahui Apa itu Pektin , Sumber dan Manfaatnya – Apa itu pectin? Pektin (pectin) menyebabkan selai dan jeli memiliki tekstur seperti gel. Pektin merupakan karbohidrat kompleks yang ditemukan pada dinding sel semua tumbuhan dalam jumlah bervariasi. Zat ini diisolasi oleh ahli kimia dan apoteker Perancis, Henri Braconnot, tahun 1825. Selanjutnya, digunakan secara luas oleh produsen makanan dan obat-obatan.

Dari mana smber pektin didapatkan?
Pektin ditemukan pada dinding sel tumbuhan. Pektin berfungsi mengatur aliran air antar sel dan memberikan kekakuan pada sel. Pektin sebagian besar ditemukan pada bagian tumbuhan non kayu seperti buah. Jumlah substansinya tergantung pada spesies, varietas, bagian tanaman, kematangan, pertumbuhan, struktur. Saat buah dari tumbuhan apapun matang, pektin dalam buah mulai terurai sehingga menjadi lunak. Sebagai contoh, apel yang awalnya renyah jika disimpan dalam waktu lama akan kehilangan kerenyahannya dan menjadi lembek. Hal ini membuktikan bahwa kekakuan dinding sel telah hilang seiring pektin yang terurai akibat proses enzimatik.

Jumlah pektin sangat tinggi dalam buah jeruk dan kacang-kacangan. Sekitar 55-65% serat makanan dalam buah jeruk adalah pektin. Makanan yang memiliki jumlah tinggi pektin adalah apel, aprikot, cranberry, plum, kismis merah, pisang, bit, kentang, wortel dan kubis

Sebagian besar pektin ditemukan dalam kulit buah-buahan terutama jeruk. Maka dari itu, perusahaan pembuat pektin mengambil kulit apel atau kulit jeruk dari perusahaan jus. Lantas kulit dikeringkan dan dihancurkan menjadi bubuk. Awalnya, pektin dijual dalam bentuk cair tetapi kemudian dibuat menjadi bubuk untuk meningkatkan waktu simpannya.

Apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh pectin?
Rasa pektin hambar dan secara luas digunakan dalam berbagai produk sebagai pengental. Pektin juga digunakan dalam banyak resep dan memiliki manfaat kesehatan. Berikut ini adalah diantaranya:

1. Sifat kimia pektin membuatnya menjadi agen pengental yang paling baik. Pektin mengikat air dengan sangat baik dan membentuk gel sehingga banyak digunakan di industri yogurt, kue, jelly buah, saus tomat, selai dan lain sebagainya.

2. Pektin dianggap baik dikonsumsi oleh orang yang menderita sindrom sistem pencernaan seperti iritasi usus dan diare. Zat ini bertindak sebagai agen pengental di dalam usus dan banyak digunakan pada obat-obatan untuk sakit mulas, perut, dan sembelit.

3. Pektin juga sering digunakan dalam obat batuk tertentu untuk meringankan keluhan tenggorokan.

4. Pektin dikenal dapat menurunkan kolesterol LDL dan karenanya sering dianjurkan untuk pasien jantung.

5. Mampu merangsang sistem kekebalan tubuh, mengatur insulin, mempercepat penyembuhan luka, dan lain sebagainya, merupakan beberapa manfaat lain dari pektin.

6. Tidak jarang pektin sering digunakan dalam berbagai produk kosmetik untuk rambut dan juga sebagai pelembab rambut (conditioner).

About deden sofwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates