Wednesday , 26 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Mandi Setelah Berolahraga

Dampak Mandi Setelah Berolahraga

Dampak Mandi Setelah Berolahraga

Dampak Mandi Setelah Berolahraga

Dampak Mandi Setelah Berolahraga

Dampak Mandi Setelah Berolahraga – Mandi merupakan aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh manusia untuk membersihkan kotoran yang berupa keringat ataupun zat lain yang menempel pada kulit. Akan tetapi ketika aktivitas mandi dilakukan dengan cara tidak benar serta pada waktu yang tidak dianjurkan dengan demikian akan menyebabkan beragam dampak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satu kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan yaitu apabila mandi setelah berolahraga. Pada umumnya setelah melakukan olahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat melalui pori-pori pada jaringan kulit manusia. Pada saat keringat masih menempel di permukaan kulit sangat tidak dianjurkan untuk mandi sebab akan berdampak tidak baik untuk kesehatan tubuh. Berikut dampak mandi setelah berolahraga:

1. Dapat Menurunkan Fungsi Kelenjar Keringat
Pada saat tubuh mengeluarkan banyak cairan keringat dengan demikian pori – pori akan berada pada kondisi terbuka. Proses ini bisa membuat kelenjar keringat dapat mengembalikan suhu tubuh kedalam kondisi normal dengan metode penghangatan. Akan tetapi ketika Anda mandi saat masih berkeringat sehingga kelenjar keringat tidak bisa bekerja dengan normal maka fungsinya akan mengalami penurunan.

2. Mengalami Penyempitan Pembuluh Darah
Mandi yang dilakukan setelah berolahraga bisa berpotensi mendatangkan beragam gangguan kesehatan tubuh. Penyempitan pembuluh darah tersebut adalah pakar dari kemunculan beragam penyakit ataupun gangguan kesehatan.  Pada saat Anda berolahraga maka pori-pori dapat membuka untuk mengeluarkan keringat. Apabila Anda langsung mandi maka dapat menyebabkan menggigil yang merupakan dampak dari pembuluh darah yang menyempit.

3. Meningkatkan Resiko Serangan Jantung
Apabila mandi secara langsung setelah olahraga dapat menyebabkan serangan jantung. Hal tersebut terjadi karena pada saat olahraga tingkat kerja jantung dapat meningkat untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Oksigen dalam darah sangat diperlukan untuk mensuplai supaya organ dapat bekerja melakukan fungsinya. Hal tersebut membuat suhu tubuh meningkat serta jika Anda langsung mandi engan demikian jantung akan mengalami shock yang dapat memicu serangan jantung.

4. Meningkatkan Resiko Penyakit Flu
Mandi pada saat tubuh masih berkeringat dapat menyebabkan tubuh mengalami demam dan juga flu. Hal ini terjadi pada saat tubuh mengeluarkan suhu yang lebih tinggi sebab olahraga akan membuat kebutuhan asam laktat akan menjadi lebih besar. Proses ini akan membutuhkan glukosa yang lebih tinggi supaya menjadi sumber tenaga tubuh. Pori-pori yang terbuka lebar dapat kembali menyerap bakteri serta virus saat mandi dengan demikian tubuh Anda mudah terkena flu dan juga demam. Apabila Anda terkena flu dengan kondisi ini sehingga bisa mencoba cara menghilangkan flu secara alami. Penyebabnya tubuh Anda akan merasa segar sesaat setelah mandi tanpa ada jeda setelah olahraga akan tetapi sebenarnya daya tubuh Anda akan melemah. Pada saat imunitas tubuh melemah dengan demikian tubuh juga mudah terkena berbagai jenis penyakit dan juga infeksi dari virus atau bakteri.

5. Menyebabkan Resiko Sakit Kepala
Perubahan suhu yang terlalu drastis dapat menyebabkan timbul sakit kepala. Hal ini terjadi pada saat tubuh masih membutuhkan waktu dalam menurunkan suhu serta Anda langsung mandi dengan demikian perubahan menjadi respon yang mengejutkan bagi tubuh. Rasa sakit kepala biasanya disertai juga dengan tubuh yang menggigil.

6. Meningkatkan Resiko Terkena Rematik dan juga Nyeri Sendi
Nyeri sendi serta rematik menjadi resiko yang paling sering dialami oleh orang yang mandi setelah melakukan olahraga. Hal ini terjadi sebab tubuh yang seharusnya mengelurkan keringat sampai suhu tubuh normal akan tetapi terhambat oleh air mandi. Dampaknya maka akan terasa sampai ke bagian tulang dan juga sendi tubuh. Untuk penderita osteoporosis sehingga dampaknya bisa menjadi lebih buruk.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates