Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Dampak Tidur Dengan Lampu Mati

Dampak Tidur Dengan Lampu Mati

Dampak Tidur Dengan Lampu Mati

Dampak Tidur Dengan Lampu Mati

Dampak Tidur Dengan Lampu Mati

Dampak Tidur Dengan Lampu Mati – Bahaya tidur dengan kondisi lampu mati secara ilmiah dinyatakan tidak ada sebab lampu mati pada saat tidur justru sehat bagi kesehatan, Salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Banyak orang yang hanya mengetahui bahwa tidur dengan kondisi mati lampu merupakan kebiasaan sehat, Ternyata ditinjau secara psikologis mempunyai resiko bagi orang orang yang mempunyai kondisi khusus, seperti lansia, Sakit parah, penderita yang mengalami pobia, Lemah jantung dan dapat memicu rasa malas. Berikut bahaya tidur dengan kondisi lampu mati, diantaranya:

1. Dampak terhadap psikologis
Semakin renta seseorang sehingga akan ada perubahan hormon yang mengakibatkan orang yang telah lanjut usia untuk cenderung terbangun pada tengah malam serta memiliki aktifitas tidur yang lebih sedikit dari pada usia produktif. Bahaya tidur dengan kondisi lampu mati bagi lansia ada dua jenis yaitu:
a. Akibat perubahan hormon tubuh yang bisa mempengaruhi psikologi yang berupa munculnya depresi ringan sampai menjadi berat seperti kecemasan berlebihan, linglung serta bingung saat terbangun dari tidurnya. Sehingga dibutuhkan terapi psikologi untuk mengatasi depresi ringan dan berat.
b. Akibat gangguan penglihatan dimana pada umumnya orang yang Lansia lebih menyukai suasana yang redup bukan gelap sebab suasana gelap bisa memperburuk penglihatan mereka.

2. Bahaya untuk penderita pobia
Waspadalah untuk orang yang memiliki penyakit pobia atau ketakutan secara berlebihan, terutama pobia terhadap ruangan yang gelap. Pobia adalah penyakit yang bisa merusak rasa percaya diri dan dapat menurunkan kualitas otak.

3. Bahaya untuk penderita sakit parah
Bagi orang yang mengalami sakit parah dengan kondisi harus berbaring, akan cenderung membutuhkan pertolongan dari orang lain, seperti mengambil air minum ataupun ingin buang air ketoilet, dengan ruangan yang gelap dapat meningkatkan rasa kecemasan mereka serta menghambat proses pemulihan.
Sehingga banyak pasien yang berusaha untuk melakukan sendiri hal kecil seperti untuk mengambil air minum pada saat dalam ruangan yang terang, akan tetapi bahaya tidur dengan lampu mati menyebabkan mereka dapat mengalami kesulitan untuk melakukan apapun bahkan akan rentan terjadi benturan.

4. Bahaya untuk penderita lemah jantung
Mematikan lampu pada saat tidur sebenarnya baik untuk kesehatan jantung sebab suasana ruangan redup bisa mengatur ritme jantung menjadi lebih stabil. Akan tetapi bagi penderita gejala jantung lemah, ternyata bahaya tidur dengan lampu mati bisa menyebabkan detak jantung akan menjadi tidak beraturan.

5. Dapat memicu rasa malas
Tidur di ruangan lampu mati bisa meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik serta menciptakan suasana ruangan yang lebih nyaman dan juga kondusif. Kondisi inilah yang mengakibatkan seseorang akan mudah terlelap dan segar pada saat bangun di keesokan hari. Akan tetapi bahaya tidur dengan lampu mati bisa mengakibatkan rasa malas untuk bangun tidur lebih awal sebab saraf saraf otak menjadi terbiasa untuk santai selama 7 hingga 8 jam tiap harinya dan juga otak lebih aktif untuk memerintahkan seseorang agar tetap rileks tidur.

6. Terjadi Ketakutan pada anak anak
Pada anak – anak secara mental dan juga sifat alaminya akan cenderung takut pada kegelapan ketika mereka ingin tidur di malam hari. Bagi mereka gelap merupakan sesuatu yang menakutkan sebab tidak bisa melihat apapun disekelingnya secara jelas. Bahaya tidur dengan lampu mati terhadap anak-anak yaitu akan membuat mereka jadi suka menangis, uring-uringan, akan kesulitan tidur dan juga rentan terserang influenza sebab ketika mereka mengalami kondisi yang takut terus-menerus, dengan demikian daya tahan tubuh mereka akan mudah mengalami penurunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates