Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Tidur Siang Terlalu Lama

Dampak Tidur Siang Terlalu Lama

Dampak Tidur Siang Terlalu Lama

Dampak Tidur Siang Terlalu Lama

Dampak Tidur Siang Terlalu Lama

Dampak Tidur Siang Terlalu Lama – Tidur siang merupakan salah satu cara yang dapat di lakukan untuk beristirahat. Apalagi pada saat mengalami insomnia dan mengalami kesulitan untuk tidur pada malam harinya. Biasanya pada saat anda mengalami gejala sulit tidur pada malam harinya, hal tersbut akan berdampak pada aktivitas anda seharian.
Meskipun ternyata tidur siang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita, terutama pada saat kekurangan tidur pada malam harinya, ternyata tidur siang bisa berdampak buruk, alias berbahaya.Tidur siang yang terlalu lama merupakan salah satu kondisi yang bisa menyebabkan tidur siang menjadi sesuatu yang dapat berbahaya. Yang dimaksud dengan tidur siang terlalu lama yaitu kondisi dimana tidur siang yang berlangsung selama lebih dari 30 menit, bahkan sampai beberapa jam. Berikut ini merupakan alasan bahaya tidur siang terlalu lama diantaranya :

1. Dapat menghambat produksi insulin serta meningkatkan resiko diabetes
Salah satu penelitian menyimpulkan bahwa tidur siang yang terlalu lama, dengan waktu lebih dari 30 hingga 60 menit ternyata dapat memicu tubuh untuk mengalami penghambatan dalam produksi insulin. Insulin adalah zat yang secara alami diproduksi oleh ginjal untuk dapat membantu mencerna gula darah, dengan demikian dapat meringankan kadar gula darah di dalam tubuh. Bayangkan saja jika produksi insulin menjadi terhambat. Hal ini dapat menyebabkan gula darah di dalam tubuh menjadi tidak terkontrol dan juga tidak tercerna dengan baik. Hal tersebut apabila dibiarkan terlalu lama serta berubah menjadi suatu kebiasaan, maka bisa mengakibatkan munculnya penyakit diabetes.

2. Dapat mengganggu jam biologis
Bahaya lainnya yang akan muncul akibat tidur siang terlalu lama yakni lebih dari 30 smpai 60 menit yang dapat menyebabkan gangguan jam biologis. Terganggunya jam biologis ini mirip seperti timbulnya gejala jet lag pada saat kita bepergian menggunakan pesawat. Kondisi ini bisa menyebabkan kita akan merasa kebingungan serta juga kemungkinan mengganggu jam tidur secara normal, begitu juga dengan pola makan menjadi tidak teratur.

3. Mengakibatkan tubuh semakin mengantuk dan juga lemas setelah bangun tidur
Tidur siang memang sangat baik agar meningkatkan konsentrasi serta fokus pada saat merasa lelah. Akan tetapi demikian, bahaya tidur siang yang dilakukan dengan waktu yang terlalu lama akan menyebabkan terjadinya gangguan pada kondisi tubuh kita. Pada saat kita tidur siang terlalu lama kondisi tubuh bukannya akan merasakan segar, akan tetapi akan merasa lemas dan juga akan semakin mengantuk pada saat terlalu lama tidur siang. Hal ini akan mengakibatkan focus dan juga konsentrasi menjadi terganggu.

4. Dapat menyebabkan insomnia
Dampak lainnya dari bahaya tidur siang terlalu lama adalah bisa menyebabkan munculnya gangguan insomnia. Insomnia adalah salah satu gangguan dimana seseorang tidak dapat tidur pada waktu malam, yang salah satunya diakibatkan oleh jam tidur siang yang terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan tubuh merasa segar pada malam hari, dengan demikian kita tidak bisa tidur dan akan mengalami insomnia.

5. Dapat menimbulkan pusing dan sakit kepala
Bahaya tidur siang yang terlalu lama juga bisa mengakibatkan timbulnya kepala yang sering pusing dan jug terasa sakit kepala. Tentunya jika kelamaan tidur bisa membuat suplai oksigen ke otak akan menjadi minim, begitu pun dengan suplai darah ke otak. Hal tersebut akan mengakibatkan kepala akan terasa sangat pusing serta sakit.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates