Thursday , 30 March 2017
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Berenang pada Saat Hujan

Ketahui Bahaya Berenang pada Saat Hujan

Ketahui Bahaya Berenang pada Saat Hujan

Ketahui Bahaya Berenang pada Saat Hujan

Ketahui Bahaya Berenang pada Saat Hujan

Ketahui Bahaya Berenang pada Saat Hujan – Hujan merupakan cairan berbentuk tetesan yang terkondensasi dari uap air serta berada di atmosfer bumi lalu diendapkan. Pada saat uap yang diendapkan terkumpul dengan tingkat tertentu, uap tersebut dapat mempunyai berat yang cukup untuk jatuh sesuai dengan adanya gravitasi bumi. Hujan merupakan komponen utama siklus air serta bertanggung jawab dalam menghasilkan mayoritas air bersih yang berada di dalam bumi.Tidak dapat dipungkiri bahwa hujan bisa menyediakan 99% air yang dapat digunakan manusia untuk berbagai kebutuhan misalnya air minum, untuk mandi dan lain lainnya.
Air hujan yang ada di perkotaan terdiri dari 99% H20 atau air dan juga mengandung sedikit asam sulfat, asam nitrat serta karbon. Dari beberapa kasus, air hujan akan seringkali mengandung alga, hal itu sebabnya seringkali tumbuh lumut ataupun jamur di permukaan material yang terkena air hujan. Selain itu juga, air hujan yang dianggap berbahaya karena mengandung bakteri coliform apabila  terkena kotoran hewan.

Meskipun mempunyai banyak sekali manfaat yang sangat berguna bagi ekosistem. Hujan tetap mempunyai  akibat buruk bagi manusia. Orang yang mempunyai system imun yang lemah ataupun terlalu lama terpapar hujan bisa terkena berbagai dampak buruk. Pada saat sedang berenang, hujan seringkali menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari, banyak orang yang mengacuhkan hujan pada saat berenang dan tetap melanjutkan aktivitas berenangnya. Sebenarnya berenang pada saat hujan dapat menimbulkan hal buruk untuk kesehatan tubuh. Berikut alasan air hujan berdampak pada saat berenang:

1. Air hujan membawa zat kimia berbahaya
Air hujan seringkali membawa zat kimia yang berasal dari gas pabrik ataupun asap mobil yang kemudian diturunkan melalui air hujan. Pada saat anda berenang dan kemudian terjadi hujan, campuran kaporit kolam renang serta zat kimia pencemaran bisa mengancam kesehatan anda dan bisa menyebabkan kanker kulit.

2. Menimbulkan Perbedaan suhu
Berenang dapat menurunkan suhu tubuh dengan drastis, pada umumya suhu tubuh manusia berkisar 35-37°celcius. Pada saat berenang suhu tubuh anda bisa menurun drastis sampai mencapai 30-33° celcius. Dalam keadaan hujan, suhu tubuh anda dapat menurun lagi sampai mencapai 27-29 derajat celcius dimana pada keadaan ini bisa membahayakan tubuh manusia.

3. Menimbulkan Gas beracun
Hujan khususnya gerimis bisa membawa gas beracun yang berupa polusi udara dari atmosfer yang bisa mencemari air kolam renang.

4. Akibat Pergantian musim
Pada saat pergantian musim, utamanya dari kemarau ke musim hujan, kekuatan imun manusia akan menjadi berkurang. Dengan demikian jika anda berenang pada saat hujan, adanya perbedaan suhu tubuh, akibat kurangnya system imun serta zat berbahaya yang dikandung air hujan dapat membahayakan kesehatan anda.

5. Menyebabkan Flu
Flu merupakan dampak paling umum yang akan terjadi apabila anda berenang pada saat hujan. Gejala awalnya yaitu anda akan menggigil, akan merasa pusing, tidak enak badan serta mulai mengeluarkan ingus.
Adapun perlakuan yang tepat apabila anda berenang pada saat turun hujan:

1. Berhentilah berenang
Langkah pertama yang paling tepat dan harus dilakukan adalah berhenti berenang dan segeralah mencari tempat teduh.

2. Keringkan tubuh
Keringkan tubuh anda dan bungkus tubuh anda dengan handuk agar dapat mengembalikan suhu tubuh anda dalam kondisi normal.

3. Segera Mandi
Setelah badan anda merasa cukup hangat segeralah mandi, seringkali anda merasa bahwa terkena hujan mempunyai efek membersihkan yang sama seperti halnya mandi. Akan tetapi anda tetap butuh mandi agar dapat menghilangkan zat kimia yang menempel di tubuh.

4. Segera Istirahat
Apabila anda merasakan gejala flu, segeralah istirahat agar dapat menormalkan suhu tubuh, dapat memperbaiki metabolisme tubuh serta dapat meningkatkan system imun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates