Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Minum Air Hujan untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui Bahaya Minum Air Hujan untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui Bahaya Minum Air Hujan untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui Bahaya Minum Air Hujan untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui Bahaya Minum Air Hujan untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui Bahaya Minum Air Hujan untuk Kesehatan Tubuh – Bahaya minum air hujan akan menimbulkan dampak buruk setelah didalam tubuh terjadi suatu reaksi dari kandungan zat yang ada di dalam air hujan. Minum air hujan secara disengaja atau tidak memiliki akibat buruk yang bisa mengganggu kesehatan tubuh yang biasanya muncul sesuai dengan kondisi kekebalan tubuh seseorang secara individual. Semakin besar imunitas seseorang dengan demikian bahaya minum air hujan masih bisa dikendalikan oleh tubuh.

Air hujan mempunyai sifat yang menyegarkan tubuh pada saat kita berintereaksi langsung dengan air hujan. Akan tetapi perlu dicermati bahwa kandungan zat di dalam air hujan sangat berhubungan dengan keadaan atmosfer dan udara yang menyertainya pada saat gumpalan awan hitam sedang terbentuk. Hal ini dapat berbahaya untuk kesehatan mengingat bahwa atmosfer bisa menyerap berbagai zat kimia yang mengandung logam serta berbagai polusi udara dari permukaan bumi.

Berikut efek yang tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia jika mengkonsumsi air hujan, diantaranya:

1. Menyebabkan Gangguan sistem pernafasan
Air hujan yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang besar bisa mengganggu stabilitas sistem pernafasan yang berupa sesak nafas, dada akan terasa nyeri serta tubuh mudah kelelahan.

2. Menyebabkan sakit perut dan diare
Bahaya minum air hujan yang sering menimpa anak-anak yaitu pada saat tanpa sengaja mereka meminumnya ketika sedang bermain hujan-hujanan. Air hujan yang di dalamnya mengandung partikel polutan dan juga logam hasil dari reaksi alam dari atmosfer terhadap keadaan polusi yang ada dipermukaan bumi yang dapat terkontiminasi dengan berbagai macam bakteri serta logam yang dapat menyebabkan sakit perut dan juga diare.

3. Dapat mempengaruhi kesehatan kulit
Air hujan yang sudah ditunggangi zat karbondioksida, timbal dan gas beracun lainnya sebagai hasil pencemaran udara dari asap kendaraan maupun asap pembakaran sampah serta asap rokok maka bisa mempengaruhi kondisi minyak alami yang berada di bawah kulit. Apabila air hujan terminum dalam jumlah yang cukup banyak dengan demikian menyebabkan alergi yang berupa munculnya ruam-ruam kemerahan, gatal-gatal dan kulit akan semakin kehilangan kelembabannya.

4. Menyebabkan sakit kepala
Air hujan mengandung asam sulfat serta nitrat yang bisa menyebabkan seseorang terserang masuk angin yang di ikuti dengan sakit kepala. Kandungan zat yang ada dalam air hujan cukup mampu menyumbat pembuluh darah yang berperan untuk mengalirkan pasokan darah berisi oksigen menuju jaringan kepala. Dampaknya pembuluh darah akan mengalami kemunduran dalam kinerjanya, keadaan inilah yang memicu munculnya dampak minum air hujan berupa serangan sakit kepala secara berulang atau timbul tenggelam.

5. Menimbulkan kelainan organ pencernaan
Bahaya minum air hujan dapat berupa terganggunya organ pencernaan termasuk bagian lambung dan juga usus. Air hujan yang mengandung gas-gas yang bersifat asam bisa memicu iritasi dan kerusakan dinding lambung dan juga usus.

6. Menyebabkan munculnya Leptospirosis
Bahaya minum air hujan yang paling berat yaitu dimana pada saat air hujan yang tertampung pada ember, kolam, kaleng kosong, maupun rumput taman yang jika tersentuh kaki atau tangan manusia dengan demikian virus Leptospirosis bisa menyebabkan manusia mengalami kejang kejang, Sakit kepala, Muntah dan mual dan gejala lainnya. Leptospirosis merupakan air kencing tikus yang terdapat dalam air hujan yang sudah jatuh ke bumi kemudian mengisi area kosong yang ada di bumi, seperti kolam dan ember.

7. Menyebabkan demam tifoid
Penyebaran bakteri salmonella typhi sangat mudah menyebar serta berkembang pada saat musim hujan tiba. Bakteri ini bisa berinteraksi dengan manusia melalui aliran air dari luapan. Seperti pada saat terjadi musibah banjir kemudian anak anak atau orang dewasa bermain main serta mandi yang tanpa sengaja mengkonsumsi air hujan yang meluap, hal itu yang sebenarnya telah terkontaminasi dengan kotoran manusia serta hewan yang mengandung bakteri salmonella. Bahaya minum air hujan tersebut bisa muncul karena manusia yang udah terinfeksi bakteri jenis salmonella dengan gejala awalnya yaitu mengalami demam tinggi.

8. Menyebabkan kelainan pembuluh darah
Kelainan pada pembuluh darah yang dimaksud yaitu pembuluh darah yang menjadi vasokonfriksi yakni penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh keasaman air serta karakter dari butiran air hujan yang mengandung zat logam. Bahaya minum air hujan yang mengandung konsentrasi keasaman yang cukup tinggi selain dapat merusak sistem pencernaan juga ternyata mampu mengacaukan kinerja pembuluh darah sebagai akibat adanya perubahan bentuk dari pembuluh darah itu sendiri yang akan semakin menyempit.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates