Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Manfaat dan Efek Samping Kayu Manis

Ketahui Manfaat dan Efek Samping Kayu Manis

Ketahui Manfaat dan Efek Samping Kayu Manis

Ketahui Manfaat dan Efek Samping Kayu Manis

Ketahui Manfaat dan Efek Samping Kayu Manis

Ketahui Manfaat dan Efek Samping Kayu Manis – Kayu manis telah merupakan salah satu rempah yang sangat unik karena memanfaatkan bagian kulit dari batang pohon kayu manis tersebut. Kayu manis adalah rempah-rempah yang berasal dari cabang – cabang pohon liar yang termasuk ke dalam genus Cinnamomum.

Berbagai macam kuliner di Indonesia banyak menggunakan kayu manis sebagai bumbu masakannya misalnya semur daging. Di Indonesia sendiri, berbagai macam tanaman rempah misalnya seperti kayu manis ini biasa digunakan bersamaan dengan bahan-bahan lain seperti kunyit dan juga jahe untuk dijadikan jamu. Hal tersebut dikarenakan kandungan alami yang kaya di dalamnya misalnya kandungan minyak atsiri, eugenol, kandungan kalsium oksalat, sinamaldehide, kandungan tanin, damar dan juga zat penyamak.

Pohon kayu manis banyak terdapat di wilayah Indonesia tepatnya di pulau Sumatera. Selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan dapat juga bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rempah-rempah ini mempunyai beberapa sifat yang sangat menguntungkan. Berikut ini beberapa diantaranya adalah:

1. Dapat mengurangi kadar kolesterol LDL
LDL dikenal sebagai kolesterol yang berbahaya. Mengurangi kolesterol LDL bisa membantu mengurangi resiko terhadap penyakit kardiovaskular.

2. Mempunyai senyawa anti infeksi alami
Kayu manis efektif terhadap H. pylori yakni suatu bakteri penyebab borok atau bisul serta patogen lainnya.

3. Dapat mengurangi rasa sakit terkait dengan arthritis
Hasil studi mennjukan bahwa kayu manis digunakan untuk mengurangi sitokin yang terkait dengan nyeri rematik.

4. Dapat mencegah kanker
Hasil studi menunjukan bahwa bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker serta untuk pencegahan kanker.

5. Dapat meningkatkan kesuburan
Dalam kayu manis mengandung zat kimia alami disebut dengan cinnamaldehyde, yang dapat meningkatkan hormon progesteron serta menurunkan produksi testosteron pada wanita, dengan demikian membantu menyeimbangkan hormon untuk mempengaruhi kesuburan.

6. Dapat mengurangi gangguan neurologis
Hasil studi menunjukan bahwa kayu manis menawarkan perawatan terhadap berbagai penyakit seperti neurodegenerative, termasuk penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, multiple sclerosis, penyakit tumor otak, serta meningitis.

7. Dapat mencegah penyakit jantung
Sebab dengan berkurangnya LDL, sehingga otomatis akan menyehatkan jantung.

8. Dapat menyehatkan pembuluh darah
Kolesterol LDL di dalam tubuh dapat membuat pembuluh darah akan tersumbat, kayu manis bisa mengurangi hal tersebut.

9. Dapat mengurangi peradangan kronis

10. Dapat mencegah Parkinson


11. Dapat mengobati alzheimer


12. Dapat mengobati tumor otak


13. Dapat mengobati meningitis

Berikut penjelasan efek samping kayu manis, yaitu:
Kayu Manis biasanya tidak dapat menimbulkan efek samping, akan tetapi dengan penggunaan kayu manis dapat mengiritasi mulut serta bibir dan juga menyebabkan luka. Untuk beberapa orang, hal itu bisa menyebabkan reaksi alergi. Apabila diaplikasikan pada kulit, hal tersebut dapat menyebabkan kemerahan dan juga iritasi.

Risiko jika konsumsi kayu manis yang berlebihan kemungkinan dapat beracun, terutama pada orang yang mengalami gangguan hati. Adapun bahan dalam beberapa produk kayu manis seperti coumarin, bisa menyebabkan masalah hati. Selain itu juga, karena kayu manis bisa menurunkan gula darah, dengan demikian bagi penderita diabetes mungkin harus menyesuaikan pengobatan mereka apabila mereka menggunakan suplemen kayu manis.

Mengingat kurangnya bukti untuk keamanan konsumsi kayu manis sebagai pengobatan, hal ini tidak dianjurkan dikonsumsi untuk anak-anak ataupun bagi wanita yang sedang hamil atau sedang menyusui. Apabila sedang mengkonsumsi obat apapun lakukan secara teratur, berbicara dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen kayu manis. Sebab kayu manis dapat berinteraksi dengan antibiotik, obat diabetes, dengan pengencer darah, dengan obat-obatan jantung, dan juga lain-lainya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates