Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahuilah Dampak Buruk Olahraga Secara Berlebihan

Ketahuilah Dampak Buruk Olahraga Secara Berlebihan

Ketahuilah Dampak Buruk Olahraga Secara Berlebihan

Ketahuilah Dampak Buruk Olahraga Secara Berlebihan

Ketahuilah Dampak Buruk Olahraga Secara Berlebihan

Ketahuilah Dampak Buruk Olahraga Secara Berlebihan – Berolahraga sangatlah penting dilakukan secara rutin guna menjaga kesehatan tubuh.  Berolahraga tubuh tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan fisik saja, bahkan olahraga bisa memberikan pengaruh yang positif untuk kesehatan psikologis dan juga mental seseorang. Dimana orang yang melakukan olahraga akan terangsang untuk merasakan jiwa yang senang serta bahagia.

Dengan demikian, olahraga merupakan bagian yang sangat penting dari aktifitas sehari – hari. Walaupun kita sudah menyadari terkait pentingnya melakukan aktifitas olahraga, namun juga perlu mengetahui bahwa dengan melakukan olahraga secara berlebihan bukanlah sesuatu yang baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika sampai terlalu sering dilakukan, justru olahraga yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan tubuh serta mental.

Dengan demikian tidaklah benar olahraga secara berlebihan, karena olahraga berlebihan bisa menimbulkan dampak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, berikut dampak akibat melakukan olahraga secara berlebihan, diantaranya:

1. Menyebabkan Cedera buruk
Berolahraga secara berlebihan bisa membuat tubuh menjadi kelelahan yang terlalu berlebihan, dengan demikian akan sangat mudah untuk mengalami cedera. Yang paling berbahaya yaitu sampai pada taraf tubuh keseleo dan patah tulang. Atau sedikitnya akan mengalami nyeri otot, dengan demikian olahraga yang tujuannya akan menguatkan tubuh justru malah akan membuat kondisi tubuh malah menjadi buruk.

2. Meningkatkan resiko gagal jantung
Kelelahan akibat olahraga yang berlebihan dapat membuat jantung menjadi lemah, dengan demikian bisa meningkatkan resiko kerusakan pada jantung, sehingga cukupi nutrisi sehari-hari guna menghindari hal tersebut.

3. Menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun
Pada saat tidur sebenarnya secara otomatis tubuh dapat menjadi pulih kembali, namun jika jika olahraga terlalu lama dapat mengakibatkan waktu beristirahat menjadi berkurang, disamping itu juga tubuh akan menjadi sangat lelah. Dampaknya tubuh sangat rentan untuk terkena penyakit seperti batuk, nyeri kepala, demam dan penyakit yang lainnya.

4. Menyebabkan gangguan menstruasi
Jika melakukan olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan berkurangnya lemak tubuh yang terlalu banyak. Sehingga wanita beresiko mengalami gangguan menstruasi, dan apabila berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama, menyebabkan resiko kemandulan pada wanita.

5. Menyebabkan pelepasan radikal bebas
Jika terlalu lama olahraga juga bisa mengakibatkan terjadinya pelepasan radikal bebas yang terjadi secara berlebihan. Sehingga dapat beresiko untuk meningkatkan resiko mutasi gen dan juga kanker.

6. Mengalami kesulitan untuk tidur
Berolahraga sangatlah berguna agar dapat tidur dengan lebih nyenyak, namun apabila melakukan olahraga secara berlebihan akan menyebabkan insomnia atau sulit tidur.

7. Menyebabkan Depresi
Olahraga secara berlebihan dapat mengakibatkan depresi. Berbeda apabila berolahraga dilakukan secara normal sehingga akan membuat jiwa lebih percaya diri.

8. Dapat  merusak struktur jantung
Hasil studi menyimpulkan olahraga dengan intensitas tinggi mengakibatkan kerusakan pada organ jantung. Olahraga secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya perubahan struktural jantung secara permanen dan juga mengakibatkan aritmia atau detak jantung abnormal atau tidak beraturan.

9. Mengakibatkan kepala akan cepat botak
Sebenarnya olahraga secara teratur dan sesuai porsinya sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan rambut, bahkan tidak jarang keadaan rambut menjadi indikator kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kondisi stress kronis menjadi salah satu penyebab timbulnya telogen effluvium atau TE, yang akan membuat folikel rambut ke fase istirahat sebelum pada waktunya, dengan demikian beresiko tinggi membuat rambut lebih banyak rontok jika dibandingan rambut yang tumbuh.

10. Akan mengalami kehilangan masa otot
Jika berlebihan dalam berolahraga dapat menyebabkan tubuh kehilangan masa ototnya. Dimana apabila semakin sering berolahraga secara berlebihan akan mengakibatkan semakin besar resiko tubuh untuk kekurangan kebutuhan nutrisi.

11. Dapat menganggu aktivitas atau pekerjaan
Tidak dapat diragukan, olahraga secara berlebihan akan membuat tenaga benar-benar terkuras.

12. Menyebabkan Sakit punggung
Olahraga secara berlebihan mengakibatkan otot-otot punggung akan ikut bekerja berlebihan diluar  kemampuannya, dan akan memberikan tekanan yang terlalu berat pada tulang punggung, dengan demikian kondisi seperti ini akan mengakibatkan timbulnya rasa sakit di bagian punggung.

About yanti nurjayanti

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates